Kodim Blora Giatkan Tanam Cabai di Polybag

Dalam rangka memotivasi masyarakat untuk mandiri pangan, sejumlah 15 Koramil jajaran Kodim 0721/Blora secara serentak melaksanakan pengolahan tanah dalam polybag dengan pola organik untuk jenis tanaman cabai dan tanaman lainnya. 

Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos, mengemukakan kegiatan tersebut sebagai tidak lanjut perintah Panglima TNI dan Kasad sesuai Hasil Rakor Evaluasi Bidang Ketahanan Pangan di Jakarta pada tgl 5 dan 6 Januari 2017. 

“Seluruh Prajurit TNI AD diwajibkan menanam cabai merah/hijau atau jenis apapun dalam polybag,“ tasdannya, di Blora, Senin (9/1). 

Dandim mengimbau kepada anggota agar kegiatan pengolahan tanah dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan pengolahan, dimana tanah yang digunakan untuk media tanam adalah tanah terletak di bawah pohon bambu. Sementara untuk bahan campuran tanah diantaranya adalah sekam padi dan kotoran ayam. Perbandingan tanah, sekam dan pupuk kandang adalah 1 : 1 : 1. 

Sistem pengolahannya adalah mencampurkan seluruh bahan-bahan yang disediakan tadi menjadi satu kesatuan yang utuh, kemudian baru dimasukkan ke dalam 75 polybag yang sudah disiapkan sebelumnya dan siap untuk dijadikan media tanam. 

Pasiter Kodim Blora Kapten Inf Surana didampingi Danramil Kedungtuban Kapten Inf Darmanto menambahkan, untuk menanam cabai di dalam pot atau polybag relatif lebih mudah untuk dilakukan. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. 

Menurutnya, salah satu cabe yang paling cocok untuk ditanam di pekarangan rumah adalah jenis cabe rawit dan cabe keriting.

”Jenis cabe ini sangat cocok untuk ditanam di iklim tropis dan rasanya pedas juga disukai oleh banyak orang,” jelasnya. (Diskominfo Kab. Blora | Ft : Pendim Blora).

------------------------------------ 

Kodim Blora Karya Bhakti Urug Grosok Jalan Desa Nglengkir

Sejumlah anggota Koramil 02/Jepon Kodim 0721/Blora bersama masyarakat desa Setempat, gotong royong melaksanakan karya bhakti pengurugan jalan dengan batu grosok pada jalan makadam sepanjang 1.250 meter X Lebar 3 meter di Desa Nglengkir Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora, Jumat (6/1).

“Lokasi pengurukan batu grosok jalan tersebut sangat dinanti-nanti oleh warga setempat, karena jalan itu menghubungkan kedua desa, yakni Desa Nglengkir dan Desa Jeruk Kecamatan Bogorejo. Kami berharap pekerjaan cepet selesai agar masyarakat bisa merasakan hasilnya,” kata Danramil Jepon Lettu Inf Puryanto.

Dikatakannya, 15 personil anggota Koramil 02/Jepon diterjunkan ke lapangan bersama warga untuk gotong royong saling bahu membahu malakukan  pengurugan batu grosok jalan makadam yang mengghubungkan dua Desa itu. 

Melalui kegiatan karya bhakti mandiri Kodim 0721/Blora, setidaknya bisa membantu pemerintah Kabupaten Blora dalam mensejahterakan masyarakat di bidang pemerataan pembangunan. 

“Di berbagai kegiatan diwilayah binaan personel kami selalu terlibat, dan itu merupakan salah satu bagian tugas pokok kami, OMSP (Operasi Militer Selain Perang),” jelas Danramil 02/Jepon, Lettu Inf Puryanto. 

Kepala desa (Kades) Nglengkir Suparman mengucapkan terimakasih, bahwa kegiatan karya bhakti mandiri II Kodim 0721/Blora tahun anggaran 2016 bisa dilaksanakan di wilayah desanya. 

Kades Berharap kegiatan itu bisa lancar, agar pembangunan bisa cepat selesai tepat waktu, hasilnya bisa segera dirasakan oleh warga sekitarnya. (Diskominfo Kab. Blora | Ft : Pendim Blora). 

 UNBK Siap Dilaksanakan di Kabupaten Blora

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora menyatakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siap dilaksanakan pihak sekolah di wilayah setempat. Demikian hal itu disampaikan Kepala Disdik Achmad Wardoyo didampingi Sekdin Disdik Sugiyanto pada sosialisasi UNBK yang berlangsung di ruang pertemuan kantor setempat, Kamis (19/01).

Selengkapnya...

Tim Saber Pungli Kabupaten Blora Terbentuk

Bupati Blora Djoko Nugroho menyatakan setelah terbentuk Tim Satuan Tugas Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) di Kabupaten Blora tidak ada lagi dugaan praktik pungli yang dilakukan oleh oknum-oknum di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Susun Kalender Event

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Kunto Aji mengemukakan geliat pariwisata di wilayah setempat makin diminati wisatawan. Oleh karenanya akan lebih intensif dilakukan penataan dan disusun dalam kelender event.

Selengkapnya...

Dandim Blora Bersama Warga Desa Klopoduwur Tanam Bibit Kelapa 

Dalam rangka mensukseskan program penghijauan yang dicanangkan dari pemerintah pusat,  Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos didampingi Pasiter Kapten Inf Surana bersama-sama Personel Koramil 03/Banjarejo, Polsek Banjarejo, Kepala UPTD Banjarejo,  pelajar dan masyarakat setempat melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon Kelapa Hibrida di lokasi sekitar SDN Klopoduwur Blora, Selasa (17/01/2017). 

Selengkapnya...

Seorang Guru TK Menekuni Aktifitas Tambahan Menjadi Juru Parkir

Waktu senggang setelah mengajar di kelas dimaanfaatkan menjadi juru parkir. Itu dilakukan oleh Munajat, salah seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK) Desa Bacem Kecamatan Jepon.

Selengkapnya...

Perawatan Alat Vedio Conference Dipercayakan Operator Kecamatan 

Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) Kabupaten Blora mempercayakan perawatan dan pemeliharaan peralatan vedio conference (vedcon) kepada 14 kecamatan. Piranti yang terdiri mikrofon, mixer audio, speaker dan webcam itu dipastikan siap digunakan jika sewaktu-waktu ada acara.

Selengkapnya...

Ketua Persit Blora Ajak Tanam Cabai

Ketua Persatuan Istri (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora Yulia Susilo beserta anggota melaksanakan penanaman bibit cabai pada media polybag di halaman kantor Makodim, Rabu (18/01).

Selengkapnya...

Blora Potensi Kembangkan Budidaya White Melon

Ketua Koperasi Cahaya Wiratagama Mandiri Kecamatan Ngawen Pujianto mengungkapkan telah berhasil membudidayakan White Melon di enam wilayah Kecamatan di Kabupaten Blora. Buah berwarna putih  dan berukuran besar itu beken disebut Timun Jepang.

Selengkapnya...

PENELUSURAN CAGAR BUDAYA PECINAN BLORA DAN SEKITARNYA

SEKILAS TENTANG PECINAN DI INDONESIA

Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki Kawasan Pecinan yang memiliki fungsi sebagai kawasan sentra perdagangan dan permukiman bagi etnis Cina. Tipikal kota-kota Jawa pada masa kolonial ditinjau dari tata ruang dan bangunannya terdiri atas alun-alun, masjid, kantor pemerintahan, penjara, dan kampung Cina.

Selengkapnya...

Festival Sedulur Sikep Samin di Sambongrejo

Festival Sedulur Sikep digelar Komunitas Samin di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Sejumlah kegiatan diadakan dalam festival yang baru kali pertama diselenggarakan tersebut.

Selengkapnya...

LAYANAN INFORMASI PUBLIK

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M