Pemkab Blora Susun Kerjasama Pengembangan Wisata Kawasan Hutan

Pemkab Blora melalui Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) dengan menggelar rapat pembahasan bersama pimpinan KPH Perhutani yang ada di wilayah Kabupaten Blora. Rapat membahas kerjasama pengelolaan dan pengembangan daya tarik wisata kawasan hutan.

Rapat berlangsung di Ruang Rapat Wakil Bupati dihadiri oleh perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) serta Bagian Hukum Setda Blora, Selasa (16/5/2017). Rapat difasilitasi Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Blora.

“Bersama Bagian Tapem dan Bagian Hukum Setda Blora, kami mencoba merumuskan draft kesepakatan bersama tentang pengelolaan dan pengembangan daya tarik wisata yang ada di kawasan hutan dengan Perhutani. Tadi ada lima Administratur KPH Perhutani yang hadir untuk mengikuti rapat,” ujar Drs. Kunto Aji, Kepala Dinporabudpar.

Dijelaskannya, Kabupaten Blora hampir separuh wilayahnya berada di kawasan hutan jati Perum Perhutani dan menyimpan banyak potensi daya tarik wisata. Jika potensi itu dikelola dengan sungguh-sungguh bisa membawa banyak manfaat dari sisi sosial dan ekonomi untuk masyarakat.

Kelima Adm Perhutani yang hadir, menurut Kunto Aji diantaranya Adm Perhutani KPH Blora Rukman Supriatna, Adm Perhutani KPH Cepu Yudha Suswardhanto, Adm Perhutani KPH Randublatung Joko Sunarto, Adm Perhutani Kebonharjo Isnin Soiban, dan Adm Perhutani Mantingan Toni Kuspuja.

“Semuanya sepakat dan pada dasarnya setuju untuk menjalin kerjasama pengelolaan serta pengembangan daya tarik wisata. Tindak lanjutnya, kini kami menyusun rancangan MoU yang akan dijadikan payung hukum untuk kelangsungan kerjasama antara Pemkab dengan Perum Perhutani,” jelas Kunto Aji.

Masih menurut Kunto Aji, nanti MoU akan ditandatangani oleh Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jateng selaku pihak pertama bersama Bupati Djoko Nugroho sebagai pihak kedua. Sedangkan untuk naskah perjanjian kerjasama bisa diarahkan ke masing-masing Adm KPH Perhutani.

“Ada beberapa obyek daya tarik wisata yang akan dikerjasamakan. Di wilayah timur ada pengembangan Kedungpupur dan Wisata Sumur Minyak Tua yanga ada di Desa Ledok Kecamatan Sambong. Di wilayah barat ada Goa Terawang dan sekitarnya, lantas di utara ada Bukit Pencu serta kawasan Waduk Greneng. Sedangkan di selatan diarahkan ke Wisata Hutan Kota Randublatung. Masing-masing akan dikerjasamakan dengan KPH Perhutani setempat,” terangnya.

Nantinya dalam pengelolaan dan pengembangan daya tarik wisata itu, atas arahan Bupati bisa melibatkan BUMDes desa setempat dan LMDH yang telah dibentuk Perhutani. Sehingga masyrakat sekitar bisa ikut turut serta mengelola obyek wisaya di wilayahnya.

Di tempat yang sama, Sudarmono Kepala Bagian Tapem Setda Blora menyatakan bahwa pihaknya bersama dengan Bagian Hukum Setda Blora sedang menyusun naskah MoU agar sesuai dengan kehendak dua belah pihak.

“Tadi sudah kita presentasikan rancangan per pasalnya untuk disusun dan direvisi bersama. Ini yang nantinya akan dijadikan dasar hukum pengelolaan pariwisata bersama Perhutani,” ungkap Sudarmono.

Isnin Soiban, Adm Perhutani KPH Kebonharjo mewakili Adm lainnya menyetujui upaya Pemkab Blora yang ingin mengembangkan pariwisata di wilayah hutan. Menurutnya penataan kawasan hutan untuk pariwisata memang tidak menyalahi aturan perundang-undangan, asal tidak merusak fungsi utama dari hutan itu sendiri. (Dinkominfo Kab.Blora | Tim)

DPK Bangkitkan Semangat Literasi Melalui Pencanangan BBGRM

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora terus berupaya membangkitkan literasi khususnya peserta didik. Salah satunya membuka layanan pada pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BB-GRM) ke XIV dan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 di lapangan desa Kemiri Kecamatan Jepon, Selasa (23/5).

Selengkapnya...

Kabupaten Blora Targetkan Dapat Nilai 'B' Pelaksanaan  SAKIP dan LAKIP

Pemkab Blora melaksanakan kunjungan belajar atau studi tiru tentang pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Selengkapnya...

Area Free Hotspot Super Mario

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora memfasilitasi area hotspot di seputar kawasan Super Mario Kelurahan Kunden Kecamatan Blora.

Selengkapnya...

Pembinaan Persit Kodim Blora 

Pasi Pers Kodim 0721/Blora Kapten Inf Subeno memberikan arahan kepada seluruh anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora dalam acara pertemuan rutin di Aula Makodim setempat, Jl. Pemuda No.44 Blora, Selasa (16/5). 

Selengkapnya...

Pemkab Blora Susun Kerjasama Pengembangan Wisata Kawasan Hutan

Pemkab Blora melalui Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) dengan menggelar rapat pembahasan bersama pimpinan KPH Perhutani yang ada di wilayah Kabupaten Blora. Rapat membahas kerjasama pengelolaan dan pengembangan daya tarik wisata kawasan hutan.

Selengkapnya...

Ruang Data Center Selesai Direhab, OPD Diimbau Simpan Data Server Agar Aman

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, MSi mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kabupaten setempat agar menyimpan data server di  pusat data center yang berada di ruang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).    

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gelar Festival Seni Barongan Gaprak

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bersama Komunitas Seni Budaya Blora (KSB) menyelenggarakan gelar seni pertunjukan rakyat (Gesper) Festival Barongan Gaprak di panggung hiburan Blok T Blora, Sabtu (20/5). Kegiatan itu dihelat bertepatan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017.

Selengkapnya...

LAYANAN INFORMASI PUBLIK

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan