Ritual Jamasan Pusaka Warnai HUT Kabupaten Blora 267

Benda-benda pusaka Kabupaten Blora dicuci atau dijamas menjelang peringatan Hari Jadi ke 267, tanggal 11 Desember 2016. Ritual itu dilakukan setiap tahun di komplek pendopo rumah dinas Bupati Blora. 

“Jamasan pusaka sudah menjadi tradisi setiap tahun sebagai bentuk penghormatan benda-benda pusaka peninggalan leluhur agar tetap terawat dan terjaga keasliannya,” kata Kepala DPPKKI Kabupaten Blora Slamet Pamuji melalui Kepala Seksi Sejarah Purbakala Setya Pujiono, di Blora Rabu (6/12). 

Keris Kyai Bismo disimbolismekan memiliki aura positif yang bisa melindungi keselamatan seluruh warga Blora. Hal itu tentu saja tidak terlepas dari permohonan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Penjamasan dilaksanakan di Sekretariat PKK Kabupaten Blora. Penjamasan keris pusaka Kyai Bisma dan benda pusaka lainnya dilakukan oleh petugas khusus penjamas dari pandemen pusaka tosan aji Toya Padasan, Selasa (06/12/2016).   

Sebelum penjamasan dilaksanakan terlebih dulu diawali dengan doa bersama memohon keselamatan kepada Tuhan. Doa disaksikan oleh petugas dari kementerian Agama Kabupaten Blora dan dipimpin tokoh dari HimpunanPenganut Kepercayaan (HPK). Selain itu ada nasi tumpeng dan beberapa sesajian lainnya. 

Pada prosesi jamasan diperlukan warangan yakni sejenis bahan kimia yang terdapat di toko bahan kimia. 

“Warangan berguna membersihkan permukaan besi tosan aji (pusaka), sekaligus untuk lebih mempertajam pamor benda pusaka itu sendiri,” jelas See Hien, penjamas pusaka. 

Sesudah dipoles dengan warangan, guratan estetis batu meteor atau pamor dan inti baja pada benda pusaka (khususnya mata tombak dan keris) akan menjadi tampak jelas dan terlihat kontras. Hingga mudah dibaca dan dipahami apa arti pamor benda pusaka tersebut. 

“Saya sudah enam tahun ini mendapat tugas menjamas pusaka di Kabupaten Blora. Jadi ini jamasan pusaka bukan barang dagangan sehingga perlu syarat khusus,” jelas penjamas puska asal Solo itu.   

Beberapa piranti jamasan pusaka yang diperlukan yaitu Kembang (bunga) setaman terdiri dari 5 macam bunga antara lain bunga mawar merah, melati, kanthil, mawar putih, kenanga. Kemudian pewangi (minyak wangi) dengan bahan dasar bunga melati atau kayu cendana, jeruk nipis, atau belimbing wuluh, nampan atau baki, menyan (kemenyan) atau dupa (ratus), kelapa, kain mori sekitar 1-2 meter dan tikar serta sikat gigi yang baru. 

Setelah dijamas, berdasarkan agenda kegiatan pada Kamis Pahing, 8 Desember 2016, pukul 00.00 WIB, dilaksanakan Kirab pusaka (Temu Gelang) oleh Bupati, Wakil Bupati, DPRD, Muspida, Sekda, Staf Ahli, Kabag, Kepala SKPD, Camat se Blora dan Lurah di wilayah Kecamatan Blora.

Kirab pusaka dimulai dari pendopo rumah dinas Bupati Blora. Semua peserta kirab akan mengenakan busana jawa, memakai beskap dan jarik batik serta blangkon. Selain itu juga diikuti kelompok HPK dan warga Samin Sikep Klopoduwur.  (DPPKKI Kab. Blora).

 

Dinkominfo Blora Sosialisasi Pembangunan Melalui Media Film Layar Lebar

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora merencanakan sosialisasi pembangunan dan layanan publik melalui media film layar lebar di wilayah desa dan kecamatan.

Selengkapnya...

Gelar Operasi Gabungan Tertib Lalu Lintas 

Kodim 0721 Blora bersama Polri, Subdenpom, Yonif 410/Alg, Sat Pol PP dan Bidang Pehubungan Dinas Perumahan, Permukiman dan Perhubungan (DP3) menggelar operasi gabungan penegakan dan ketertiban lalu lintas. Kegiatan itu dilakukan agar aparat dan masyarakat di wilayah Blora disiplin dan tertib berlalu lintas. 

Selengkapnya...

Patung Kuda Gagakrimang Cepu Akan Diganti Patung Arjuna Wiwaha  

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) telah mengalokasikan anggaran tidak kurang dari Rp 2,8 miliar untuk mempercantik kota yang berada di pintu gerbang masuk Provinsi Jateng itu. 

Selengkapnya...

Kodim Blora Periksa Kelengkapan Kendaraan Anggota TNI  

Pasi Intel Kodim 0721/Blora Kapten Inf Sukemi didampingi Pasi Log Kapten Cpl Sumanto melaksanakan pemeriksaan kelengkapan administrasi dan kelayakan kendaraan (seped motor) dinas dan non dinas milik anggota Kodim 0721/Blora, tempat di halaman Makodim setempat, Kamis (23/02/2017).

Selengkapnya...

Atlet Dayung dan Judo Blora Lolos Seleksi Popnas

Enam atlet Blora dari dua cabang olahraga lolos memperkuat kontingen Jateng di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017. Dari enam atlet tersebut, empat diantaranya dari cabang dayung dan dua atlet lainnya dari cabang judo. 

Selengkapnya...

Produksi Minyak Sumur Caluk Kedinding Ditargetkan 100 Barrel

Field Manager Pertamina EP Asset 4 Cepu, Agus Amperianto mengemukakan, progres pengoperasian Sumur Caluk 01 saat ini memasuki pemboran semen di kedalaman 80 hingga 100 meter.

Selengkapnya...

Pembuat Tusuk Satai Blora 

Salah seorang warga Rt 03 / RW 07 Dusun Punggur, Desa Gempolrejo, Kecamatan Tunjungan, Sunanik (48),  menekuni usaha sambilan membuat tusuk satai. Dengan bahan bambu, setiap hari mampu membuat 200 tusuk satai.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

LAYANAN INFORMASI PUBLIK

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M