Pemkab Blora Fokus Pengembangan Potensi Wisata

Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman M.Si menyatakan Pemerintah Kabupaten Blora fokus pada pengembangan potensi wisata. Seluruh potensi wisata akan dipetakan dan dijadikan kalender iven agar bisa diketahui oleh khalayak umum.

Demikian hal itu disampaikan Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman pada kegiatan kegiatan temu anggota DPD Asosiasi Wisata Agro Indonesia (AWAI) wilayah Jawa Tengah tahun 2017 di aula Hotel Mustika Blora, Rabu (8/2/2017).

“Seluruh potensi wisata akan dipetakan dan dijadikan kalender iven agar bisa diketahui oleh khalayak umum,” kata Wabup Arief Rohman.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Drs. Kunto Aji memaparkan untuk promosi potensi daerah potensi wisata yang ada di Blora, tidak hanya potensi wisata agro saja melaikan wisata alam, kuliner, budaya, religi.

“Mumpung semuanya berkumpul di Blora, kami titip agar bisa ikut mempromosikan potensi wisata Blora. Tahun ini kita akan menyusun paket wisata mulai dari Todanan ada Bukit Cengklik, Goa Terawang, ke timur di Japah ada pemandangan alam sungai purba, hingga Tunjungan ada agro wisata Kebun Buah Klapanan, Kebun Durian dan Waduk Greneng,” ujar Kunto Aji.

Di bidang seni budaya, menurut Kunto Aji, Barongan Blora selalu menjadi daya tarik utama yang menyedot warga masyarakat menyaksikan pertunjukan. 

“Barongan Blora yang rancak tidak diragukan lagi, terlebih sudah 3 tahun Blora rutin menggelar Festival Barong Nusantara sejak 2014. Selalu berhasil menyedot ribuan penonton dari berbagai daerah. Oktober mendatang kami dipercaya Pemprov Jateng untuk menampilkan kesenian Barongan di depan para duta besar negara sahabat di Jakarta,” ujar Kunto Aji. 

Selain itu ada potensi wisata Loko Tour Cepu, Kedungpupur dan Gubug Payung yang ada di Kecamatan Sambong. 

“Jika semuanya bisa dikemas dengan baik, saya yakin tingkat kunjungan wisata ke Blora akan meningkat. Kami akan gandeng Perhutani untuk kerjasama mengingat Loko Tour, Kedungpupur dan Gubug Payung merupakan aset wisata di wilayah Perhutani KPH Cepu,” kata Kunto Aji. 

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Trenggono mendukung dan menyatakan setuju untuk bersama-sama mempromosikan potensi Kabupaten Blora. Demikian pula Ketua DPD AWAI Jawa Tengah Sarwo Utomo.

Trenggono menjelaskan, PR besar pariwisata Jateng adalah mengembangkan 6 kawasan paket wisata, yakni Borobudur, Solo-Sangiran, Semarang-Karimunjawa, Pekalongan-Tegal, Dieng-Baturaden dan Blora-Rembang.

Saat ini, kata Trenggono, ke enam paket wisata di Jateng ini posisinya belum seimbang sehingga perlu dorongan bersama agar semuanya mempunyai daya tarik yang sama.

“Blora-Rembang ini potensinya besar, terlebih Blora sudah terkenal satenya. Kini batik Blora juga mulai dikenal luas, begitu juga barongannya. Ini bukan hanya PR dinas saja tapi PR kita semua,” jelas Trenggono. (Dinkominfo Kab. Blora | ft : ib). 

Dinkes Blora Gelar Rakor Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kesehatan menggelar rapat koordinasi (rakor) pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Blora. Rakor dipimpin Sekretaris Dinkes Blora Slamet Sucahyo,SH mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dr. Henny Indriyanti M.Kes, di aula kantor setempat, Kamis (20/7).

Selengkapnya...

DATA CALON KEPALA DESA DALAM PILKADES SERENTAK DI KABUPATEN BLORA TAHUN 2017

1.  Desa Buluroto, Kecamatan Banjarejo :

      Jumlah Calon    :  2.

      Nomor Urut  1  :   SRI MULYANI HANDAYANI.                   (Tanda Gambar : Foto)

      Nomor Urut  2   :   MARGONO.                                       (Tanda Gambar : Foto).

Selengkapnya...

Dinkes dan Kodim Blora Selenggarakan Khitanan Massal Gratis

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora bekerjasama dengan KODIM Blora dan  Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora menyelenggarakan kegiatan khitanan massal gratis yang dilaksanakan di aula aula Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora, Sabtu (15/7).

Selengkapnya...

Dinkominfo Sosialisasi Ketentuan Bidang Cukai Tembakau Melalui Media Wayang Kulit

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora menyelenggarakan sosialisasi ketentuan bidang cukai tembakau (DBHCT) melalui pagelaran wayang kulit di desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan, Jumat (14/7). Dalam sosialisasi tersebut menampilkan dua orang dalang dari wilayah setempat, yakni Ki Sutarno,S.Pd dan Ki Sukandar (Kades Mendenrejo). Lakon yang ditampilkan Kresno Gugah.

Selengkapnya...

Kapolres dan Dandim Blora Jalin Silaturahmi Untuk Sinergitas

Setelah dilantik secara resmi menjadi Kapolres Blora menggantikan pejabat lama AKBP Surisman, S.I.K, M.H. Kapolres AKBP Saptono, S.I.K, M.H mengagendakan sejumlah kunjungan, baik di internal Polres maupun dengan instansi lain di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Peresmian Kantor Samsat Randublatung

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H bersama Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. Bondan Sukarno, MM meresmikan Kantor Pelayanan Samsat di Kantor Samsat baru Kecamatan Randublatung, Rabu (19/7). Peresmian dinilai sangat penting agar perpanjangan pajak kendaraan tidak harus ke Kabupaten Blora atau ke Kecamatan Cepu.

Selengkapnya...

Manfaatkan Limbah Kayu Jati Untuk Kerajinan

Limbah kayu jati dimanfaatkan membuat kerajinan miniatur kapal oleh Heri (41), salah seorang perajin asal Kelurahan Kauman RT 05 / RW 02 Kecamatan Blora. Dari usaha kerajinan yang digelutinya memunculkan produk miniatur kapal pinisi Heri Craft.

Selengkapnya...

Pameran Produk UMKM Ajang Promo Pariwisata Pakundjembara  

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji mengemukakan produk UMKM  yang dipamerkan dalam event bersama Kabupaten Blora, Kudus, Demak, Jepara, Pati dan rembang (Pakudjembara) diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat. Baik wisata alam, kuliner, oleh-oleh dan souvenirnya.

Selengkapnya...

LOMBA BARONGAN ANAK SEMARAKKAN EVENT PAKUDJEMBARA

Antusiasme warga tampak dalam pagelaran lomba Festival Barong Anak Kabupaten Blora 2017 di komplek Alun-Alun Blora yang dimulai pagi tadi, Sabtu (15/7). Sebanyak 10 peserta memeriahkan festival tersebut, yaitu SDN 2 Tamanrejo, SDN 4 Menden, SDN 2 Tempel, SDN 2 Jiken, SDN Kedung Jenar, SDN 2 Ngawen, SDN 1 Tutup, SDN 1 Banjarejo, SDN Tempelan dan SDN 1 Sambong.

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

LAYANAN INFORMASI PUBLIK

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan