Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta KKN di Blora 

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mulai hari Rabu (12/7/2017) melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Blora. Kedatangan mereka ke Blora diantar oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNY Dr. Suyanta M.Si dan diterima oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir.Sutikno Slamet mewakili Bupati Djoko Nugroho. 

Serah terima mahasiswa KKN dilaksanakan secara sederhana di halaman depan kantor Bappeda Kabupaten Blora dengan dihadiri Camat Ngawen Sunanto dan 6 Kepala Desa yang akan menjadi lokasi KKN selama dua bulan kedepan. 

Dr. Suyanta M.Si dalam sambutan penyerahan mahasiswa mengatakan bahwa KKN merupakan salah satu mata kuliah pembelajaran yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa di kampusnya dengan beban 3 SKS (satuan kredit semester). 

“Tahun ini ada sebanyak 3.671 mahasiswa yang mengikuti KKN tahun ajaran 2016/2017.  Kegiatan berlangsung sejak pelepasan di kampus 11 Juli kemarin hingga 9 September mendatang yang dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama antara 11 Juli hingga 10 Agustus, sedangkan gelombang kedua antara 10 Agustus hingga 9 September,” terang Suyanta. 

Menurutnya, mahasiwa sebanyak itu disebar di berbagai wilayah yang salah satunya Blora. Selain Blora ada Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Klaten, Purworejo, Magelang, Wonogiri, Temanggung, Bengkayang, dan Gorontalo. 

“Untuk tahap pertama ini diikuti 78 mahasiswa, sedangkan tahap kedua nanti mulai 10 Agustus akan dilanjutkan oleh 80 mahasiswa. Lokasinya berada di enam desa yakni Desa Talokwohmojo, Desa Kedungsatriyan, Desa Bradag, Desa Karangjong, Desa Bandungrojo, dan Desa Srigading,” lanjutnya. 

Ia berharap seluruh mahasiswa selama menjalankan kegiatan KKN bisa berbaur dan mengabdikan diri kepada masyarakat desa dengan baik. Jalin silahturahmi dengan Camat, Kepala Desa, Perangkat dan masyarakat agar dalam menjalankan program bisa berjalan dengan lancar. 

Kepala Bappeda Ir. Sutikno Slamet dalam menerima mahasiswa KKN menyampaikan beberapa pesan dari Bupati Blora. Diantaranya menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh mahasiswa dan dosen pembimbing di Kabupaten Blora. Kemudian mengajak seluruh mahasiswa agar bisa membuat program pemberdayaan masyarakat yang inovatif berbasis local wisdom. 

“Selamat datang, selamat menjadi warga Blora. Dengan kehadiran adik-adik kami berharap pembangunan di desa bisa lebih cepat, salah satunya dengan mendorong pembentukan BUMDes. Pasalnya keberadaan BUMDes di Kabupaten Blora belum banyak, sehingga butuh adanya dorongan dan pendampingan. Saya rasa sebulan saja pasti cukup untuk adik-adik melakukan pembinaan/pendampingan dalam pembentukan BUMDes. Caranya dengan menganalisis potensi desa, temukan apa yang bisa diberdayakan dan diusahakan,” jelasnya. 

Senada dengan Kepala Bappeda, Camat Ngawen Sunanto juga berharap adanya mahasiswa KKN di enam desa bisa mendorong pembentukan BUMDes. 

“Belum lama ini kami baru saja melaunching BUMDes di 6 desa. Padahal Kecamatan Ngawen total ada 27 desa dan 2 kelurahan, sehingga masih butuh pendampingan dalam mewujudkan BUMDes agar ekonomi desa bisa mandiri. Kami siap membantu dari segi pelayanan administrasi,” ujarnya. 

Dosen pembimbing dan mahasiswa tampak antusias dengan tantangan yang diberikan Kepala Bappeda dan Camat Ngawen. Selesai serah terima, dilanjutkan foto bersama dan penerjunan mahasiswa KKN ke desa-desa yang telah ditentukan. (Dinkominfo Kab. Blora | Tim)

Dinkes Blora Gelar Rakor Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kesehatan menggelar rapat koordinasi (rakor) pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Blora. Rakor dipimpin Sekretaris Dinkes Blora Slamet Sucahyo,SH mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dr. Henny Indriyanti M.Kes, di aula kantor setempat, Kamis (20/7).

Selengkapnya...

DATA CALON KEPALA DESA DALAM PILKADES SERENTAK DI KABUPATEN BLORA TAHUN 2017

1.  Desa Buluroto, Kecamatan Banjarejo :

      Jumlah Calon    :  2.

      Nomor Urut  1  :   SRI MULYANI HANDAYANI.                   (Tanda Gambar : Foto)

      Nomor Urut  2   :   MARGONO.                                       (Tanda Gambar : Foto).

Selengkapnya...

Dinkes dan Kodim Blora Selenggarakan Khitanan Massal Gratis

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora bekerjasama dengan KODIM Blora dan  Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora menyelenggarakan kegiatan khitanan massal gratis yang dilaksanakan di aula aula Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora, Sabtu (15/7).

Selengkapnya...

Dinkominfo Sosialisasi Ketentuan Bidang Cukai Tembakau Melalui Media Wayang Kulit

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora menyelenggarakan sosialisasi ketentuan bidang cukai tembakau (DBHCT) melalui pagelaran wayang kulit di desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan, Jumat (14/7). Dalam sosialisasi tersebut menampilkan dua orang dalang dari wilayah setempat, yakni Ki Sutarno,S.Pd dan Ki Sukandar (Kades Mendenrejo). Lakon yang ditampilkan Kresno Gugah.

Selengkapnya...

Kapolres dan Dandim Blora Jalin Silaturahmi Untuk Sinergitas

Setelah dilantik secara resmi menjadi Kapolres Blora menggantikan pejabat lama AKBP Surisman, S.I.K, M.H. Kapolres AKBP Saptono, S.I.K, M.H mengagendakan sejumlah kunjungan, baik di internal Polres maupun dengan instansi lain di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Peresmian Kantor Samsat Randublatung

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H bersama Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. Bondan Sukarno, MM meresmikan Kantor Pelayanan Samsat di Kantor Samsat baru Kecamatan Randublatung, Rabu (19/7). Peresmian dinilai sangat penting agar perpanjangan pajak kendaraan tidak harus ke Kabupaten Blora atau ke Kecamatan Cepu.

Selengkapnya...

Manfaatkan Limbah Kayu Jati Untuk Kerajinan

Limbah kayu jati dimanfaatkan membuat kerajinan miniatur kapal oleh Heri (41), salah seorang perajin asal Kelurahan Kauman RT 05 / RW 02 Kecamatan Blora. Dari usaha kerajinan yang digelutinya memunculkan produk miniatur kapal pinisi Heri Craft.

Selengkapnya...

Pameran Produk UMKM Ajang Promo Pariwisata Pakundjembara  

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji mengemukakan produk UMKM  yang dipamerkan dalam event bersama Kabupaten Blora, Kudus, Demak, Jepara, Pati dan rembang (Pakudjembara) diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat. Baik wisata alam, kuliner, oleh-oleh dan souvenirnya.

Selengkapnya...

LOMBA BARONGAN ANAK SEMARAKKAN EVENT PAKUDJEMBARA

Antusiasme warga tampak dalam pagelaran lomba Festival Barong Anak Kabupaten Blora 2017 di komplek Alun-Alun Blora yang dimulai pagi tadi, Sabtu (15/7). Sebanyak 10 peserta memeriahkan festival tersebut, yaitu SDN 2 Tamanrejo, SDN 4 Menden, SDN 2 Tempel, SDN 2 Jiken, SDN Kedung Jenar, SDN 2 Ngawen, SDN 1 Tutup, SDN 1 Banjarejo, SDN Tempelan dan SDN 1 Sambong.

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan