Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Hal itu disampaikan pada acara rembug budaya bersama perwakilan seniman, pegiat budaya, pendidik, organisasi masyarakat, penghayat kepercayaan dan Sedulur Samin Sikep. Rembug Budaya diselenggarakan di ruang lantai dua kantor setempat, Rabu (15/2).

“Kami menilai sudah saatnya kita membangun dan menjual seni budaya Blora, salah satunya dengan mengoptimalkan peran kelembagaan seni budaya di Blora. Peran DKD diharapkan sangat membantu,” kata Kunto Aji.

Oleh karena itu, kata Kunto Aji, melalui rembug budaya, pihaknya meminta dukungan, masukan dan kerjasama untuk memajukan kebudayaan di Kabupaten Blora.

“Melalui rembug budaya ini, merupakan ungkapan daya yang luar biasa memajukan kebudayaan di Kabupaten Blora,” ungkapnya.  

Lebih lanjut dikatakan, bahwa Kabupaten Blora memiliki potensi budaya yang memerlukan peran maksimal dalam kegiatan yang potensial dari semua pelaku dan pegiat seni budaya Blora.  Oleh karenanya tingkat verifikasi lembaga kesenian akan menjadi perhatian serius.

“Jangan asal punya legalitas. Tetapi tingkat verifikasi dan kesehatan lembaga seni budaya lebih menjadi perhatian. Prestasi yang bagus harus kita support,” tegasnya.   

Terkait reorganisasi kepengurusan DKD Blora yang disampaikannya, mendapat tanggapan dan dukungan dari peserta rembug budaya.

“Pada prinsipnya mendukung reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah Blora. Pengurus tidak harus PNS, melainkan dipilih siapa yang peduli seni budaya dan mampu serta mau berorganisasi,” kata Sukarno, Ketua Pepadi Blora.

Pernyataan senada disampaikan oleh Adi Wibowo, pegiat seni Barongan Blora. Menurutnya, pembentukan lembaga kesenian di Blora jangan rentan kepentingan, melainkan harus benar-benar solid untuk memajukan, menjual seni budaya Blora di tingkat nasional dan internasional.

“Dewan Kesenian Daerah jangan menjadi sebuah lembaga yang bermuatan kepentingan dari seseorang. Apalagi kepentingan politik. Saya sepakat dengan reorganisasi yang bakal dilaksanakan,” kata Adi Wibowo.

Di tempat yang sama, Trimo salah seorang guru yang hadir pada rembug budaya, mengatakan kelembagaan seni budaya harus bisa memberi peluang kepada anak usia dini.

“Kami usulkan agar bakat dan memapuan anak, khususnya usia dini menjadi bagian program yang lebih serius untuk mewujudkan kelestarian seni dan regenerasi pelaku seni budaya,” kata Trimo.   

Sedangkan Waras, pegiat budaya Blora, dalam rembug itu mengusulkan bagaimana upaya mempromosikan sebuah ciri khas budaya Blora.

“Seperti batik ciri khas Blora ada batik barongan dan batik bermotif daun jati, kemudian ciri khas barongan Blora yang bagaimana ? Ini sangat penting diperhatikan,” kata Waras.

Ia juga mengungkapkan tentang  potensi permainan tradisional, seperti kekehan yang perlu direvitalisasi sebagai salah satu potensi khas Blora.

Menanggapi beberapa usulan tersebut, Kepala Dinporabudpar Kuno Aji didampingi Kepala Bidang Kebudayaan Sukartono dan Kasi Budaya Gembong Setyo Pujiono mengatakan akan mengkaji lebih lanjut terkait prosedur pembentukan kepengurusan Dewan Kesenian Daerah Blora.

Hadir pada rembug budaya, Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Sugiyono diwakil Kepala Seksi Media Dalam dan Luar Ruangan Dijan Wahjudi dan Kasi Kemitraan dan Keterbukaan Informasi Publik Sofia Cahyaningrum. (Dinkominfo Kab. Blora). 

Blora Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Kabupaten Blora meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA). Penghargaan diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana S Yembise, di sela-sela peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 yang dipusatkan di Pekanbaru, Riau, Sabtu-Minggu (22-23/7).

Selengkapnya...

Antisipasi dan Cegah Dini Radikalisme

Sebanyak 150 orang terdiri para UPTD, Kepala TK, Himpaudi Se Kecamatan Kota Blora, mengikuti penyuluhan dan sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), nara sumber Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos diwakili Pasiter Kapten Inf Surana, tempat di ruang pertemuan Sekda Kabupaten Blora, Senin (24/07/2017).

Selengkapnya...

Dinkes Blora Gelar Rakor Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kesehatan menggelar rapat koordinasi (rakor) pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Blora. Rakor dipimpin Sekretaris Dinkes Blora Slamet Sucahyo,SH mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dr. Henny Indriyanti M.Kes, di aula kantor setempat, Kamis (20/7).

Selengkapnya...

DATA CALON KEPALA DESA DALAM PILKADES SERENTAK DI KABUPATEN BLORA TAHUN 2017

1.  Desa Buluroto, Kecamatan Banjarejo :

      Jumlah Calon    :  2.

      Nomor Urut  1  :   SRI MULYANI HANDAYANI.                   (Tanda Gambar : Foto)

      Nomor Urut  2   :   MARGONO.                                       (Tanda Gambar : Foto).

Selengkapnya...

Dinkes dan Kodim Blora Selenggarakan Khitanan Massal Gratis

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora bekerjasama dengan KODIM Blora dan  Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora menyelenggarakan kegiatan khitanan massal gratis yang dilaksanakan di aula aula Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora, Sabtu (15/7).

Selengkapnya...

Peresmian Kantor Samsat Randublatung

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H bersama Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. Bondan Sukarno, MM meresmikan Kantor Pelayanan Samsat di Kantor Samsat baru Kecamatan Randublatung, Rabu (19/7). Peresmian dinilai sangat penting agar perpanjangan pajak kendaraan tidak harus ke Kabupaten Blora atau ke Kecamatan Cepu.

Selengkapnya...

Manfaatkan Limbah Kayu Jati Untuk Kerajinan

Limbah kayu jati dimanfaatkan membuat kerajinan miniatur kapal oleh Heri (41), salah seorang perajin asal Kelurahan Kauman RT 05 / RW 02 Kecamatan Blora. Dari usaha kerajinan yang digelutinya memunculkan produk miniatur kapal pinisi Heri Craft.

Selengkapnya...

Pameran Produk UMKM Ajang Promo Pariwisata Pakundjembara  

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji mengemukakan produk UMKM  yang dipamerkan dalam event bersama Kabupaten Blora, Kudus, Demak, Jepara, Pati dan rembang (Pakudjembara) diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat. Baik wisata alam, kuliner, oleh-oleh dan souvenirnya.

Selengkapnya...

LOMBA BARONGAN ANAK SEMARAKKAN EVENT PAKUDJEMBARA

Antusiasme warga tampak dalam pagelaran lomba Festival Barong Anak Kabupaten Blora 2017 di komplek Alun-Alun Blora yang dimulai pagi tadi, Sabtu (15/7). Sebanyak 10 peserta memeriahkan festival tersebut, yaitu SDN 2 Tamanrejo, SDN 4 Menden, SDN 2 Tempel, SDN 2 Jiken, SDN Kedung Jenar, SDN 2 Ngawen, SDN 1 Tutup, SDN 1 Banjarejo, SDN Tempelan dan SDN 1 Sambong.

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan