PEMKAB BLORA JALIN KERJA SAMA DENGAN UGM YOGYAKARTA

Pemerintah Kabupaten Blora menjalin kerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kerja sama itu bertujuan untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Blora. 

Penandatanganan MoU dilakukan antara Bupati Djoko Nugroho dengan Rektor UGM Yogyakarta yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni Dr. Paripurna, S.H., M.Hum, LL.M. 

Disaksikan jajaran OPD Kabupaten Blora serta pimpinan rektorat, dekan terkait dari UGM di Kampus Utama UGM, Jumat (17/3). 

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya menyambut baik adanya penandatanganan kesepakatan bersama tentang tri dharma perguruan tinggi ini. Ia ingin kerjasama ini dapat difokuskan di bidang pertanian dan peternakan, mengingat Blora merupakan salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Jawa Tengah dan penghasil sapi peranakan ongole terbesar di Indonesia. 

“Alhamdulillah kami bisa menjalin kerjasama dengan UGM. Ini langkah yang bagus untuk memajukan pembangunan di Kabupaten khususnya di bidang peternakan dan pertanian, serta berkembang di bidang lainnya. Sengaja kami bawa seluruh kepala dinas terkait agar mereka bisa menindaklanjuti kerjasama ini,” tegas Bupati. 

Bupati yang akrab dipanggil Pak Kokok ini juga meminta kerjasama tentang penyelenggaraan KKN. Ia ingin mahasiswa UGM juga bisa melaksanakan KKN di wilayah Blora guna membantu percepatan pembangunan di desa-desa hutan. 

“Wilayah kami hampir 50 persen berupa hutan milik perhutani, dimana di dalam kawasan hutan tersebut terdapat 82 desa dengan jumlah penduduk sebanyak 200 ribu jiwa lebih. Saya ingin mahasiswa UGM nanti bisa KKN disana agar bisa mengabdikan diri membangun desa hutan. Coba nanti Bappeda bisa merumuskannya,” lanjut Bupati. 

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M dalam sambutannya mengatakan bahwa UGM terbuka untuk bekerja sama dengan daerah mana saja, termasuk Blora. Paripurna menyebutkan sektor peternakan serta pertanian cukup terbuka untuk dikembangkan oleh Blora bersama UGM. 

“UGM terbuka dan setiap saat siap bekerja sama dengan Blora, terutama pengembangan sektor peternakan dan pertanian. Apalagi beberapa kali UGM pernah mengunjungi Blora untuk melakukan penelitian dan pengembangan pertanian di kawasan hutan,” papar Paripurna. 

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA, DEA, yang kebetulan asli Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora, menambahkan bahwa pengembangan integrated farming sangat cocok dilakukan di Blora. Ia optimis sinergi kedua belah dengan melibatkan para dosen dan peneliti UGM akan semakin mengoptimalkan pengembangan sektor peternakan dan pertanian di Blora. 

“Kita juga ada program Bengkel Ternak untuk perbaikan dan pengembangan potensi peternakan. Saya yakin sinergi yang bagus bisa terjalin,” imbuh Ali. 

Di akhir acara, Dr. Paripurna, S.H, M.Hum., LL.M memastikan bahwa UGM akan memberikan perhatian besar terhadap Blora. 

“Pak Bupati tak perlu khawatir, kita akan berikan perhatian yang besar untuk Blora. Di dalam ruangan Bu Rektor saja terpampang besar foto Presiden, Gubernur dan Rektor saat panen jagung di area hutan Blora beberapa tahun lalu. Ini secara tidak langsung menjadi bukti bahwa Blora tak dilupakan,” ujarnya. 

Turut hadir dalam acara tersebut untuk mendampingi Bupati, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setyo Edi SH, M.Hum, Asisten 2 Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Slamet Pamudji SH, M.Hum, Asisten 3 Bidang Administrasi Drs. Chris Hapsoro AW, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ir. Wahyu Agustini SE, M.Si, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Reni Miharti M.Agr Bus, Kepala Dinas Pendidikan Drs. Achmad Wardoyo M.Pd, Kepala Dinas Kesehatan dr. Henny Indriyanti M.Kes, Kepala Dinkominfo Drs. Sugiyono M.Si dan beberapa Kabag. (Dinkominfo Kab. Blora | Tim).  

Selama Ramadhan, Pegawai OPD Blora Bekerja 32,5 Jam Dalam Satu Minggu 

Selama bulan Ramadhan Tahun 1438 Hijriyah / 2017 Masehi jam kerja pegawai di  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Blora berjumlah 32,5 jam dalam satu minggu untuk lima atau enam hari kerja.

Selengkapnya...

Kodim Blora Gelar Turnamen Sepak Bola Ramadhan Cup III

Sejumlah 48 tim sepak bola yang ada di wilayah Teritorial Kodim 0721/Blora mengikuti Turnamen sepak bola Ramadhan Cup III merebutkan Piala Dandim 0721/Blora tahun 2017. Turnamen berlangsung di Lapangan Sepak Bola PPSDM Migas Karang Boyo Cepu, Sabtu (27/05/2017).

Selengkapnya...

Polres Blora dan Satpol PP Gelar Operasi Cipta Kondisi Jelang Ramadhan

Polres Blora dan Satpol PP Blora menggelar operasi gabungan menjelang  Ramadhan tahun 2017. Operasi Cipta Kondisi dilaksanakan antara lain di sejumlah lokasi seperti kost-kostan, perhotelan dan tempat hiburan malam.

Selengkapnya...

Warga Dimbau Hemat Penggunaan Air Bersih

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora mulai bersiaga guna meminimalisir dampak kekeringan akibat datangnya musim kemarau tahun ini. Kepala Pelaksana BPBD Blora Sri Rahayu mengimbau agar warga masyarakat Kabupaten Blora mulai menghemat penggunaan air bersih dan mewaspadai potensi kebakaran di lahan kering. 

Selengkapnya...

Koramil Kradenan dan Warga Desa Mojorembun Kerja Bhakti Urug Jalan 

Anggota Babinsa Koramil 10/Kradenan bersama Babinkamtibmas, perangkat Desa dan masyarakat Dukuh Sendangtliko RT 03/ RW 01, Desa Mojorembun meaksanakan  gotong royong urug jalan. Pengurugan dilakukan karena kondisi jalan rawan bagi pengendara akibat berlubang sepanjang 300 meter. 

Selengkapnya...

Ruang Data Center Selesai Direhab, OPD Diimbau Simpan Data Server Agar Aman

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, MSi mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kabupaten setempat agar menyimpan data server di  pusat data center yang berada di ruang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).    

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gelar Festival Seni Barongan Gaprak

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bersama Komunitas Seni Budaya Blora (KSB) menyelenggarakan gelar seni pertunjukan rakyat (Gesper) Festival Barongan Gaprak di panggung hiburan Blok T Blora, Sabtu (20/5). Kegiatan itu dihelat bertepatan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan