RAKORKESDA : ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI DINILAI MASIH TINGGI

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Blora melaksanakan Rapat Koordinasi Kesehatan Daerah (Rakorkesda) tahun 2017. Rakor dilaksanakan di Ruang Batavia Same Hotel Kecamatan Cepu, Selasa (11/4).

Narasumber Rakorkesda yakni Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr. Yulianto Prabowo M.Kes, Kepala DKK Blora dr. Henny Indriyanti, Kepala Bappeda Kabupaten Blora Ir. Sutikno Slamet, Direktur RSUD dr.R.Soetijono Blora dr. Nugroho Adiwarso, Kepala BPJS Kesehatan wilayah Pati dr. Rahmat Widodo, dan Kepala BLUD Puskesmas Kunduran dr. Muhammad Jamil Muhlisin, MM. 

Rakor bertema “Dengan Melaksanakan Gerakan Masyarakat Sehat Melalui Pendekatan Keluarga Kita Wujudkan Kebupaten Blora Sehat” dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si.

Saat membuka rakor, Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si membacakan sambutan Bupati Djoko Nugroho. Diantaranya mengulas tentang masih tingginya angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Blora. 

Bupati berharap seluruh stakeholder kesehatan bisa memberikan perhatian penuh kepada ibu hamil dan menyusui agar kecukupan gizi serta kondisi tubuhnya tetap fit. 

“Saya mewakili Pak Bupati yang sedang ada dinas luar ke Semarang ingin menyampaikan pesan beliau. Salah satunya menyoroti tentang masih tingginya angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Blora. Selama tahun 2016 kemarin ada 22 kasus di Blora, dan menempati peringkat 8 terbanyak se Jawa Tengah,” ujar Arief Rohman. 

Rakor diikuti seluruh stakeholder kesehatan se Kabupaten mulai dokter, perawat, bidan akademisi, kepala Puskesmas, direktur RS hingga praktisi kesehatan. Beberapa OPD dan camat se Kabupaten Blora juga hadir. 

Bupati meminta seluruh stakeholder bisa bersama-sama mengatasi hal ini, misalnya dengan program intip kehamilan. Dimana Puskesmas, Pusyandu, dan Ibu-ibu PKK di pedesaan harus punya data siapa saja warganya yang hamil, sehingga bisa dilakukan pendampingan agar kesehatan dan pemenuhan gizinya terjaga.

“Ibunya sehat, saat melahirkan sehat, dan bayinya kuat,” lanjutnya. 

Apalagi, menurut Bupati, di tahun 2017 mulai Januari hingga akhir Maret kemarin sudah ada 7 kasus kematian ibu dan anak yang menempatkan Blora di peringkat ketiga terbanyak se Jawa Tengah tahun ini. 

Tak hanya pendataan ibu hamil dan menyusui saja, Pemkab berharap pelayanan persalinan ibu hamil juga ditingkatkan. 

“Layani pasien dengan setulus hati. Niati sebagai ibadah, itu adalah ladang pahala panjenengan semua menuju surga,” ujar Arief Rohman. 

Ia mengaku untuk meningkatkan kualitas kesehatan di Kabupaten Blora perlu adanya perencanaan yang sistematis dan terpadu dari berbagai pihak. 

“Karena pada dasarnya kesehatan bukan menjadi tanggungjawab Dinas Kesehatan saja, melainkan tanggung jawab kita semua. Pemkab siap melakukan peningkatan kualitas SDM bidang kesehatan dan penambahan alat kesehatan di puskesmad serta rumah sakit,” tegasnya. 

Puskesmas Kunduran di Kecamatan Kunduran yang telah berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dijadikan contoh pelayanan kesehatan baik. Dimana di puskesmas tersebut sudah bisa berjalan mandiri dan pelayanannya semakin komprehensif. Puskesmas di daerah lainnya ikut didorong agar bisa segera membentuk BLUD. 

Kepala Dinas Kesehatan Jateng dr. Yulianto Prabowo M.Kes membenarkan bahwa angka kematian ibu dan anak masih tinggi. Ia menyatakan kesiapannya untuk membantu Blora dalam hal menekan angka kematian ibu dan anak. (Dinkominfo Kab. Blora | Tim | Ft : Ragil)

 

Selama Ramadhan, Pegawai OPD Blora Bekerja 32,5 Jam Dalam Satu Minggu 

Selama bulan Ramadhan Tahun 1438 Hijriyah / 2017 Masehi jam kerja pegawai di  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Blora berjumlah 32,5 jam dalam satu minggu untuk lima atau enam hari kerja.

Selengkapnya...

Kodim Blora Gelar Turnamen Sepak Bola Ramadhan Cup III

Sejumlah 48 tim sepak bola yang ada di wilayah Teritorial Kodim 0721/Blora mengikuti Turnamen sepak bola Ramadhan Cup III merebutkan Piala Dandim 0721/Blora tahun 2017. Turnamen berlangsung di Lapangan Sepak Bola PPSDM Migas Karang Boyo Cepu, Sabtu (27/05/2017).

Selengkapnya...

Polres Blora dan Satpol PP Gelar Operasi Cipta Kondisi Jelang Ramadhan

Polres Blora dan Satpol PP Blora menggelar operasi gabungan menjelang  Ramadhan tahun 2017. Operasi Cipta Kondisi dilaksanakan antara lain di sejumlah lokasi seperti kost-kostan, perhotelan dan tempat hiburan malam.

Selengkapnya...

Warga Dimbau Hemat Penggunaan Air Bersih

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora mulai bersiaga guna meminimalisir dampak kekeringan akibat datangnya musim kemarau tahun ini. Kepala Pelaksana BPBD Blora Sri Rahayu mengimbau agar warga masyarakat Kabupaten Blora mulai menghemat penggunaan air bersih dan mewaspadai potensi kebakaran di lahan kering. 

Selengkapnya...

Koramil Kradenan dan Warga Desa Mojorembun Kerja Bhakti Urug Jalan 

Anggota Babinsa Koramil 10/Kradenan bersama Babinkamtibmas, perangkat Desa dan masyarakat Dukuh Sendangtliko RT 03/ RW 01, Desa Mojorembun meaksanakan  gotong royong urug jalan. Pengurugan dilakukan karena kondisi jalan rawan bagi pengendara akibat berlubang sepanjang 300 meter. 

Selengkapnya...

Ruang Data Center Selesai Direhab, OPD Diimbau Simpan Data Server Agar Aman

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, MSi mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kabupaten setempat agar menyimpan data server di  pusat data center yang berada di ruang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).    

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gelar Festival Seni Barongan Gaprak

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bersama Komunitas Seni Budaya Blora (KSB) menyelenggarakan gelar seni pertunjukan rakyat (Gesper) Festival Barongan Gaprak di panggung hiburan Blok T Blora, Sabtu (20/5). Kegiatan itu dihelat bertepatan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan