Pemkab Blora Gelar Sarasehan Antar Umat Beragama 

Pemkab Blora melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menyelenggarakan Sarasehan Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB). Sarasehan dibuka oleh Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si dengan diikuti 100 peserta dari perwakilan tokoh lintas agama, TNI, Polri dan Akademisi. Kegiatan itu berlangsung di Ruang Pertemuan Setda Kabupaten Blora, sarasehan Senin (15/5/2017). 

Kepala Kantor Kesbangpol Blora, Mei Nariyono menyatakan bahwa pihaknya dalam menyelenggarakan sarasehan kali ini menghadirkan narasumber sebanyak 4 orang. Yakni Dr. H Rozihan SH, M.Ag seorang akademisi dosen Unissula Semarang sekaligus Wakil Ketua FKUB Jawa Tengah, Drs. H.Nuril Anshori M.Hum Kepala Kemenag Blora, AKP H Sumaidi S.Ag Kasat Binmas Polres Blora dan H Ishad Shofawi Kepala FKUB Kabupaten Blora. 

“Sarasehan ini kami laksanakan sebagai upaya preventif untuk mencegah potensi perpecahan dan kerusuhan ditengah santernya pemberitaan yang sangat cepat tersebar di dunia maya, khususnya yang memuat isu SARA,” kata Mei Nariyono.

Ia berharap dengan dilaksanakannya Sarasehan FKUB ini bisa menciptakan suasana kedamaian, saling menghormati, toleransi, dan menjunjung tinggi aturan hukum yang berlaku demi tegaknya persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI. 

Wakil Bupati Arief Rohman dalam sambutannya mengajak kepada seluruh umat beragama yang ada di Kabupaten Blora untuk senantiasa menciptakan kerukunan dan kebersamaan. 

“Selama ini Blora sudah cukup kondusif, namun bukan berarti tidak ada potensi perpecahan. Kedepan kerukunan dan keharmonisan ini harus terus dipupuk, salah satunya dengan melaksanakan sarasehan seperti ini,” ujarnya. 

Menurutnya, penyelenggaraan sarasehan yang bertepatan dengan bulan Mei ini sekaligus mengingatkan semuanya bahwa pada bulan Mei tahun 1908 dahulu bangsa Indonesia mencetuskan kebangkitan nasional. Dimana jika dirunut sejarah berdirinya bangsa Indonesia pada hakekatnya didirikan di atas kerukunan antar umat beragama. 

“Ingatlah, pada hakekatnya semua agama mempunyai platform yang sama kepada Tuhan Yang Maha Esa, hanya caranya yang berbeda-beda. Maka sudah sepantasnya kita dipanggil dengan sebutan yang sama yaitu Umat Beragama yang majemuk. Perbedaan bukan pemicu perpecahan, perbedaan itu rahmah,” lanjut Arief Rohman. 

Penyebaran radikalisme dan paham ISIS yang anter terdengar akhir-akhir ini juga menjadi sorotan Arief Rohman. Ia mengajak agar seluruh FKUB untuk sering bertemu, melakukan dialog dan sharing tentang potensi kerawanan yang bisa menimbulkan konflik horisontal sebagai upaya pencegahan serta mediasi dini. 

Di akhir sambutannya, ia berharap FKUB bisa berkontribusi mendukung kemajuan pembangunan dan terselenggaranya kehidupan masyarakat yang rukun damai sejahtera, dengan mengembangkan seluruh potensi dan perannya secara baik. (Dinkominfo Kab Blora | Tim) 

Kodim Blora Gelar Sosialisasi TMMD Sengkuyung II Tahun 2017 

Kodim 0721 Blora menggelar sosialisasi kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2017 di Balai Desa Bedingin, Kecamatan Todanan, Rabu (21/6). Sosialisasi ini dilakukan  sebagai awal kegiatan pelaksanaaan yang direncanakan dibuka tanggal 4 Juli  2017.

Selengkapnya...

Jalan Penghubung Antar Kecamatan Akan Di Cor Beton

Bupati Blora Djoko Nugroho dalam kunjungannya ke Kecamatan Kradenan baru-baru ini mengatakan bahwa Pemkab tahun ini akan mulai melakukan perbaikan dengan sistem cor beton di ruas jalan penghubung Desa Pilang Kecamatan Randublatung menuju Mendenrejo Kecamatan Kradenan.

Selengkapnya...

Pemkab Fasilitasi Mudik Gratis Jakarta - Blora

Pemerintah Kabupaten Blora menyelenggrakan program Mudik Gratis kepada warga masyarakat dari Jakarta menuju kampung halaman di Blora. Sebanyak 108 pemudik dari Jakarta dan sekitarnya difasilitasi dua bus besar oleh Pemkab Blora secara gratis untuk pulang ke kampung halaman.

Selengkapnya...

Kodim Blora dan DPKP Gelar Rapat Koordinasi LTT Pajale

Dalam rangka pencapaian swasembada pangan di wilayah Kabupaten Blora, Kodim 0721/Blora bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi membahas luas tambah tanam (LTT) Padi, Jagung, dan Kedelai (Pajale). 

Selengkapnya...

Polsek Cepu Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Polsek Cepu memanfaatkan momentum bulan Ramadhan 1438 H untuk meningkatkan silaturahmi dan berbagi kepada anak yatim piatu. Acara dihardiri Danramil 05/Cepu Kodim 0721/Blora Kapten Inf Ribut Agiyoko, SH. 

Selengkapnya...

PEMKAB BLORA FASILITASI LAYANAN INTERNET TAK BERBAYAR

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) mengembangkan layanan dan fasilitas internet gratis atau tidak berbayar kepada warga masyarakat. Demikian hal itu disampaikan oleh Kepala Dinkominfo Kab. Blora, Drs. Sugiyono, M,Si.

Selengkapnya...

Pelaku UMKM Blora Ikuti Score Plus Training

Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Blora selama sebulan lebih menerima bimbingan “Score Plus Training” dari Sampoerna dan BEDO Score Bali. Mereka dilatih tentang desain, pemasaran, pameran, pengembangan produk, ekspor dan pengembangan perusahaan. 

Selengkapnya...

Pemeriksaan Mamin di Swalayan   

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) bersama Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan Polisi melakukan razia makanan dan minuman di swalayan yang ada di wilayah Kota Blora. Hal itu dilakukan untuk mencegah beredarnya makanan dan minuman kadaluarsa dan menyalahi standart kesehatan. 

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan