KONSULTASI PUBLIK PEMBANGUNAN MASJID AGUNG BAITUNNUR BLORA

Rencana Pemkab Blora untuk melaksanakan pembangunan dan penataan kawasan Masjid Agung Baitunnur semakin dimatangkan. Setelah tahun lalu menggelar lomba desain masjid untuk umum, kini 3 karya desain terbaik hasil lomba itu mulai dikonsultasikan kepada publik di hadapan tokoh agama, alim ulama, anggota DPRD dan perwakilan ormas Islam.

Berlangsung di ruang rapat Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Selasa (11/7). Konsultasi publik tentang rencana pembangunan masjid tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Ir. Sutikno Slamet dan dihadiri oleh Bupati H. Djoko Nugroho dan Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si.

“Konsultasi publik ini kami laksanakan agar bisa mendapatkan masukan, kritik dan saran untuk penyempurnaan desain masjid yang akan dibangun dengan tetap mempertahankan bentuk bangunan masjid utama,” ujarnya.

Konsultasi diawali dengan pemaparan 3 desain terbaik karya Moh. Wafiyul Marom, Samsudin, dan Muhammad Afandi asal Desa Babak Tulung, Kabupaten Rembang yang meraih juara pertama, lalu desain milik Jovi Permata Anggriawan asal Jl. Cendana No. 11 B Kaliwangan, Mlangsen, Blora sebagai juara kedua dan juara ketiga desain Adi Jafar asal perumahan Sekar gading blok C4a Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Semarang.

Wafiyul mengusung modernisasi serambi masjid dengan dua lantai, namun tetap mempertahankan bentuk atap sirap. Bangunan masjid utama tetap dipertahankan dilengkapi dengan menara baru setinggi 35 meter. Sedangkan di belakang masjid terdapat tempat parkir, ruang tamu, ruang remaja masjid, perpustakaan hingga taman bermain anak. Ia juga merancang monumen asmaul husna yang dihiasi aneka lampu sebagai salah satu landmark Masjid Agung Baitunnur Blora selain menara.

Sedangkan desain Jovi dibuat Masjid Agung Baitunnur Blora dengan dua bangunan serambi utama yakni serambi kanan dan kiri. Dua menara tinggi di depan majid juga menjadi keunggulannya.

Adi Jafar mengusung desain dengan konsep ramah lingkungan yang dilengkapi dengan taman diagonal. Bangunan masjid utama juga tampak gagah, karena serambi masjid dibuat terbuka. Kelemahannya, jika hujan maka serambi masjid tidak bisa digunakan untuk sholat berjamaah.

Dari pemaparan itu, nampaknya Bupati masih gamang dalam menetapkan mana yang akan dilaksanakan. Ia berharap ketiga desain itu bisa diambil sisi positifnya untuk dikolaborasikan menjadi satu. Ia ingin tanah dua TK yang ada di belakang masjid bisa ikut digunakan untuk perluasan masjid.

“Dua sekolah TK yang ada di belakang masjid akan dipindahkan, lahannya harus bisa dimaksimalkan untuk perluasan masjid,” ucap Bupati.

Masukan demi masukan berdatangan dari Kepala Takmir Masjid Agung Baitunnur Blora H.Abdul Ghoni, Asisten Pembangunan dan Kesra Slamet Pamudji SH. M.Hum, Kepala Dinas Perumahan Pemukiman Perhubungan Ir. Samsul Arief, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Ir. Samgautama Karnajaya MT, serta perwakilan Kemenag.

Menurutnya, tujuan utama pembangunan masjid adalah meningkatkan nilai kebermanfaatannya dari sisi peningkatan daya tampung jamaah. Mengingat setiap pelaksanaan sholat jumat dan acara besar lainnya, jamaah selalu meluber hingga ke Alun-alun dan sekitarnya.

Ia memerintahkan Bappeda dan OPD terkait untuk membuat desain kolaborasi dengan tetap mempertahankan bentuk masjid utama beserta RAB nya untuk bahan pertemuan selanjutnya. (Dinkominfo Kab. Blora)

 

Blora Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Kabupaten Blora meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA). Penghargaan diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana S Yembise, di sela-sela peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 yang dipusatkan di Pekanbaru, Riau, Sabtu-Minggu (22-23/7).

Selengkapnya...

Antisipasi dan Cegah Dini Radikalisme

Sebanyak 150 orang terdiri para UPTD, Kepala TK, Himpaudi Se Kecamatan Kota Blora, mengikuti penyuluhan dan sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), nara sumber Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos diwakili Pasiter Kapten Inf Surana, tempat di ruang pertemuan Sekda Kabupaten Blora, Senin (24/07/2017).

Selengkapnya...

Dinkes Blora Gelar Rakor Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kesehatan menggelar rapat koordinasi (rakor) pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Blora. Rakor dipimpin Sekretaris Dinkes Blora Slamet Sucahyo,SH mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dr. Henny Indriyanti M.Kes, di aula kantor setempat, Kamis (20/7).

Selengkapnya...

DATA CALON KEPALA DESA DALAM PILKADES SERENTAK DI KABUPATEN BLORA TAHUN 2017

1.  Desa Buluroto, Kecamatan Banjarejo :

      Jumlah Calon    :  2.

      Nomor Urut  1  :   SRI MULYANI HANDAYANI.                   (Tanda Gambar : Foto)

      Nomor Urut  2   :   MARGONO.                                       (Tanda Gambar : Foto).

Selengkapnya...

Dinkes dan Kodim Blora Selenggarakan Khitanan Massal Gratis

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora bekerjasama dengan KODIM Blora dan  Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora menyelenggarakan kegiatan khitanan massal gratis yang dilaksanakan di aula aula Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora, Sabtu (15/7).

Selengkapnya...

Peresmian Kantor Samsat Randublatung

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H bersama Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. Bondan Sukarno, MM meresmikan Kantor Pelayanan Samsat di Kantor Samsat baru Kecamatan Randublatung, Rabu (19/7). Peresmian dinilai sangat penting agar perpanjangan pajak kendaraan tidak harus ke Kabupaten Blora atau ke Kecamatan Cepu.

Selengkapnya...

Manfaatkan Limbah Kayu Jati Untuk Kerajinan

Limbah kayu jati dimanfaatkan membuat kerajinan miniatur kapal oleh Heri (41), salah seorang perajin asal Kelurahan Kauman RT 05 / RW 02 Kecamatan Blora. Dari usaha kerajinan yang digelutinya memunculkan produk miniatur kapal pinisi Heri Craft.

Selengkapnya...

Pameran Produk UMKM Ajang Promo Pariwisata Pakundjembara  

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji mengemukakan produk UMKM  yang dipamerkan dalam event bersama Kabupaten Blora, Kudus, Demak, Jepara, Pati dan rembang (Pakudjembara) diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat. Baik wisata alam, kuliner, oleh-oleh dan souvenirnya.

Selengkapnya...

LOMBA BARONGAN ANAK SEMARAKKAN EVENT PAKUDJEMBARA

Antusiasme warga tampak dalam pagelaran lomba Festival Barong Anak Kabupaten Blora 2017 di komplek Alun-Alun Blora yang dimulai pagi tadi, Sabtu (15/7). Sebanyak 10 peserta memeriahkan festival tersebut, yaitu SDN 2 Tamanrejo, SDN 4 Menden, SDN 2 Tempel, SDN 2 Jiken, SDN Kedung Jenar, SDN 2 Ngawen, SDN 1 Tutup, SDN 1 Banjarejo, SDN Tempelan dan SDN 1 Sambong.

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan