Kirab Budaya Hari Jadi Blora Ke-267 Sukses Dilaksanakan

Kirab Budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Blora ke-267 berlangsung meriah dan sukses dilaksanakan. Ribuan warga masyarakat antusias menyaksikan agenda yang di helat tahunan itu. Kirab menggambarkan perjalanan pemerintahan Kabupaten Blora dari masa ke masa dengan menonjolkan budaya lokal setempat.

Start kirab dari pendopo rumah dinas Bupati Blora, sedangkan finish di Blok T Blora. Dimulai pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai. Kirab diiringi instrumen gamelan kreatif beruansa religi dari kelompok anak, asuhan Sanggar Cahyo Sumirat.

Selain itu, ada dua gunungan yang dipikul petugas berisi jajanan dan hasil bumi (palawija) Blora.    

Bupati Blora bersama istri berada paling depan dengan mengenakan pakaian adat kerajaan dengan diapit ajudan/pembawa payung dan enam orang prajurit Bhayangkara.

Selama perjalanan, warga masyarakat khususnya remaja, saling berebut jabat tangan dengan Bupati.

Paraga kirab terdiri subo manggolo, tindih prajurit, pembawa bendera merah putih dan lambang daerah.

Kemudian urutan kirab oleh Ketua DPRD, Wakil Bupati, Dandim 0721 Blora, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Danyon 410, Dan Sub Denpom, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Rutan. Masing-masing didampingi istri dan ajudan.

Mengiringi langkah paraga budaya, yakni manggolo retno, domas, manggolo yudho, prajurit patangpuluhan, prajurit tetabuhan, prajurit pembawa gunungan lanang dan wadon, kemudian Komunitas Pemangku Adat (Sedulur Sikep) dan Permadani.

Berikutnya tata urutan pangombyong kirab yaitu sepasang duta wisata Blora  tahun 2016, kelompok DPRD dan Setwan. Selanjutnya Kelompok Penegak Hukum (pejabat di jajaran Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Rutan Blora, Kodim 0721 dan Pengadilan Agama Blora).

Kelompok Setda dan Kelompok Camat se Blora, kelompok siswa berprestasi/pemenang lomba, Kelompok Dinas Daerah. Kelompok Lembaga Teknis Daerah, Kelompk instansi vertikal, Kelompk PT / Persero, kelompok BUMN/BUMD, dan Kelompok Perbankan. Selain itu ada kelompok seni budaya (barongan dan tayuban) .

Masing-masing kelompok ditentunkan berdasarkan daerah persiapan dengan didampingi penanggung jawab.  

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora Slamet Pamuji mengatakan, Kirab Budaya yang berlangsung Hari Minggu, 11 Desember 2016 itu mendapat respon dari warga masyarakat.

Itu terbukti, antusiasnya warga menyaksikan.

“Kami mengapresiasi atas atusias warga menyaksikan dan ikut menyemarakkan Kirab Budaya. Kebetulan saja pas hari libur, jadi warga lebih antusis menyaksikan. Kirab berlangsung aman dan tertib,” ujarnya.

Dijelaskannya, pada malam menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora, digelar tirakatan di eks stasiun Kereta Api.

“Disuguhkan kesenian cokekan yang dihadiri Bupati Blora,” jelasnya.     

Pihaknya menyampaikan, masih ada rangkaian kegiatan lainya hingga menjelang pergantian tahun baru 2017. (DPPKKI Kab.Blora).

 

 

Kodim Blora Gelar Sosialisasi TMMD Sengkuyung II Tahun 2017 

Kodim 0721 Blora menggelar sosialisasi kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2017 di Balai Desa Bedingin, Kecamatan Todanan, Rabu (21/6). Sosialisasi ini dilakukan  sebagai awal kegiatan pelaksanaaan yang direncanakan dibuka tanggal 4 Juli  2017.

Selengkapnya...

Jalan Penghubung Antar Kecamatan Akan Di Cor Beton

Bupati Blora Djoko Nugroho dalam kunjungannya ke Kecamatan Kradenan baru-baru ini mengatakan bahwa Pemkab tahun ini akan mulai melakukan perbaikan dengan sistem cor beton di ruas jalan penghubung Desa Pilang Kecamatan Randublatung menuju Mendenrejo Kecamatan Kradenan.

Selengkapnya...

Pemkab Fasilitasi Mudik Gratis Jakarta - Blora

Pemerintah Kabupaten Blora menyelenggrakan program Mudik Gratis kepada warga masyarakat dari Jakarta menuju kampung halaman di Blora. Sebanyak 108 pemudik dari Jakarta dan sekitarnya difasilitasi dua bus besar oleh Pemkab Blora secara gratis untuk pulang ke kampung halaman.

Selengkapnya...

Kodim Blora dan DPKP Gelar Rapat Koordinasi LTT Pajale

Dalam rangka pencapaian swasembada pangan di wilayah Kabupaten Blora, Kodim 0721/Blora bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi membahas luas tambah tanam (LTT) Padi, Jagung, dan Kedelai (Pajale). 

Selengkapnya...

Polsek Cepu Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Polsek Cepu memanfaatkan momentum bulan Ramadhan 1438 H untuk meningkatkan silaturahmi dan berbagi kepada anak yatim piatu. Acara dihardiri Danramil 05/Cepu Kodim 0721/Blora Kapten Inf Ribut Agiyoko, SH. 

Selengkapnya...

PEMKAB BLORA FASILITASI LAYANAN INTERNET TAK BERBAYAR

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) mengembangkan layanan dan fasilitas internet gratis atau tidak berbayar kepada warga masyarakat. Demikian hal itu disampaikan oleh Kepala Dinkominfo Kab. Blora, Drs. Sugiyono, M,Si.

Selengkapnya...

Pelaku UMKM Blora Ikuti Score Plus Training

Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Blora selama sebulan lebih menerima bimbingan “Score Plus Training” dari Sampoerna dan BEDO Score Bali. Mereka dilatih tentang desain, pemasaran, pameran, pengembangan produk, ekspor dan pengembangan perusahaan. 

Selengkapnya...

Pemeriksaan Mamin di Swalayan   

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) bersama Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan Polisi melakukan razia makanan dan minuman di swalayan yang ada di wilayah Kota Blora. Hal itu dilakukan untuk mencegah beredarnya makanan dan minuman kadaluarsa dan menyalahi standart kesehatan. 

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan