SEMARAKKAN HARI JADI DAN FESTIVAL BARONGAN 3,

PEMKAB. GELAR BLORA UMKM EXPO

Menyemarakkan Hari Jadi Kab. Blora ke-267 dan Festival Barongan 3, Pemerintah Kab. Blora menggelar berbagai macam acara, salah satunya Blora UMKM Expo.

Acara yang dibuka Bupati Blora Djoko Nugroho ini berlangsung selama 3 hari, Jumat-Minggu (25/27/11) di Pusat Oleh-oleh Khas Blora.

Peserta pameran adalah para pelaku usaha dari Kab. Blora ditambah pelaku usaha dari Kab. Demak, Kudus dan Rembang.

Dalam sambutannya, Bupati Blora Djoko Nugroho, mengatakan, tingkat kemiskinan d Kab. Blora rangking 20 dari 35 Kabupaten dan Kota se Provinsi Jawa Tengah. Dahulu penyumbang terbesar PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) di Kab. Blora adalah sektor pertanian.

Namun sekarang penyumbang PDRB terbesar justru disektor jasa dan perdagangan. “Meskipun penyumbang PDRB terbesar dari sektor jasa dan perdagangan bukan berarti sektor pertanian mengalami penurunan, sektor pertanian semuanya tetap surplus,” jelasnya.

Menurutnya, kendala UMKM ada beberapa yaitu utamanya masalah permodalan. Untuk memecahkan persoalan tersebut pemerintah telah memberikan kredit usaha dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Simitra25 dengan tanpa jaminan, syaratnya hanya punya usaha produktif.

Kemudian yang perlu diperhatikan adalah kualitas mutu dan pemasaran. Untuk itu para pelaku usaha perlu memperluas jaringan. Diperlukan pertemanan dan relasi, salah satunya lewat pameran seperti ini, tandasnya.

“Punya kenalan banyak dan punya akses saling mengisi, ayo para pedagang maju semuanya, kita bisa,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Usaha Mikro Kecil Menengah Kab. Blora, Maskur, menuturkan, Blora UMKM Expo juga melibatkan banyak pihak, yaitu Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora, Dekranasda Kab. Blora, serta melibatkan UMKM dari Kab. Kudus, Demak dan Pati.

Adapun tujuan Blora UMKM Expo adalah untuk mempromosikan produk UMKM yang ada di Blora, sehingga dikenal luas oleh masyarakat Blora khususnya dan masyarakat luar Blora pada umumnya.

Produk-produk yang dipamerkan, meliputi industri kayu olahan limbah jati, batik, makanan olahan, pertanian dan perkebunan, serta pengrajin lainnya.

“Stand sebanyak 65 unit untuk UMKM sebanyak 59 unit, Dekranasda 1 unit dengan 2 stand, stand Kabupaten Demak, Rembang, Kudus. Ditambah Stand Solo yang menyediakan peralatan untuk UMKM, seperti mesin pembuatan emping melinjo dan jagung,” tuturnya.

Selama pameran berlangsung, digelar Festival Tayub, Jumat (25/11) malam, Festival Barongan, Sabtu (26/11) dan dihari terakhir, Minggu (27/11) dimeriahkan Parade Band dan Fashion Show. (DPPKKI Kab. Blora)

LPPL Radio Gagak Rimang Blora Siaran Langsung Pagelaran Seni Karawitan Siswa SD   

Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagak Rimang Blora memberi kesempatan dan menyiarkan langsung pagelaran seni karawitan siswa Sekolah Dasar (SD). Upaya itu dilakukan untuk menumbuhkan jiwa karakter ana-anak dalam pengembangan bakat dan pelestarian seni tradisional di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Dalduk-KB Blora Gelar Seminar Kesehatan Reproduksi 

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk-KB) Kabupaten Blora menyelenggarakan seminar Kesehatan Reproduksi Wanita. Seminar diikuti organisasi wanita dan remaja, berlangsung di Hotel ARRA, Jln Raya Cepu - Randublatung Km 2 Desa Mulyorejo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Kamis (16/02/2017).

Selengkapnya...

Kodim Blora Gelar Penyuluhan Hukum

Guna mewujudkan dan meningkatkan disiplin, profesional serta bermoral bagi personel TNI maupun PNS, Kodim 0721/Blora menggelar penyuluhan hukum di aula Makodim 0721/Blora, Kamis (16/2/2017).

Selengkapnya...

Dinkominfo Blora Siap Promo Potensi Seni Budaya

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora siap mempromosikan, mempublikasikan dan mensosialisasikan program dan iven kegiatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora terkait potensi seni budaya di wilayah setempat melalui jejaring sosial media dan langsung ke publik.

Selengkapnya... Selengkapnya...

Sekda Blora Mengunjungi Media Center Dinkominfo

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Drs. H. Bondan Sukarno, MM mengunjungi Media Center di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Jumat (3/2). Sekda meminta agar konten data pemerintahan di website pemkab diperbarui.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kuliner Lontong Tahu Jero Pasar Blora Bikin Kangen

Kuliner lontong tahu di dalam pasar induk Blora diminati warga masyarakat. Makanan khas Blora itu tak pernah sepi pengunjung, terlebih ketika hari libur. Meski harus antri menunggu giliran, namun menjadi sisi pembeda dalam wisata kuliner lokal di Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Tokoh Samin Sikep Minta Salam Seger Waras Digunakan Sebagai Ciri Khas Budaya

Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo mengikuti Rembug Budaya di Kantor Dinporabudpar, Rabu (15/2). Mereka menyampaikan salam Seger Waras digunakan dan diucapkan oleh semua warga Blora pada setiap pertemuan sebagai salam persaudaraan ciri khas budaya Blora. Tujuannya untuk membumikan budaya Samin di Blora.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M