Bupati Djoko Nugroho Dorong Pembentukan BUMDes

Bupati Blora Djoko Nugroho mengingatkan kepada kepala desa (Kades) agar fungsi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus dijalankan secara maksimal.

Sebab hingga saat ini dari puluhan BUMDes yang berdiri baru ada beberapa saja yang berjalan aktif. 

“Fungsi BUMDes ini sangat penting, akan banyak yang merasakan kemanfaatnnya bila BUMDes ini berjalan,” katanya saat membuka acara Pelatihan Peningkatan Pengembangan BUMDes di Bali, Rabu (30/11).

Dia mencontohkan, seperti hasil pertanian di desa, perluh adanya Desa untuk membangun management. Hal itu perluh dilakukan, agar harga jual saat panen raya tidak anjlok. Sebab sampai saat ini para petani sering kali di permainkan harga oleh tengkulak.

“Itu salah satu sektor di pertanian, kedepan kita kerjasama dengan Bulog,agar beras raskin harus di isi oleh beras lokal,” katanya.

Ia juga mencontohkan kembali, permasalahan ekonomi di Desa, warga desa lebih cendrung meminjam uang kepada renternir atau koperasi dengan suku bunga yang tinggi. Oleh sebab itu, dengan adanya BUMDes ini  diharapkan kedepan ada lembaga keuangan di tingkat desa yang mampu membantu masalah perekonomian warganya. 

Kepala Badan Pemberdayaan Masyrakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB), Winarno, mengatakan pihaknya menargetkan setidaknya di tahun 2017 mendatang minimal 50% BUMDes harus sudah bergerak.

“Paling tidak 50% setiap kecamatan harus sudah berjalan di tahun depan,” katanya.

Acara tersebut juga di isi oleh Prof. Dr. Erani Yustikadi Dirjen PPMD Kemendes PDT, Drs Aferi Syamsidar, M.Si Direktur PAD Kemendagri, Ir. Ismiantri, M.Si. Untuk di ketahui dari puluhan desa di Kabupaten Blora telah menerbitkan peraturan desa untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Hanya 6 desa yang benar-benar merealisasikan usahanya melalui badan usaha ini. Ketua Apdesi Kabupaten Blora (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia), Agung Heri mengakui tentang hal ini.

"Telah ada puluhan desa yang menerbitkan Perdesnya untuk mendirikan BUMDes, namun hanya 6 yang riil, untuk itu saya berharap selepas acara ini masing – masing kepala desa terbuka pemikirannya dan termotifasi untuk menggerakan BUMDes" katanya. (DPPKKI Kab Blora | Feb)

 

Sebanyak 79.432 Ekor Sapi di Kabupaten Blora Jadi Sasaran Upsus Siwab

Kabupaten Blora mendapatkan kuota sebanyak 79.432 ekor sapi wajib bunting pada Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Program tersebut merupakan program nasional yang telah dicanangkan Presiden Jokowi belum lama ini.

Selengkapnya...

Kerangka Manusia Prasejarah Goa Kidang Akan Dibuat Replika

Ketua Tim Pola Okupasi Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta Dra. Indah Asikin Nurani. M.Hum mengatakan kerangka manusia prasejarah di Goa Kidang, Desa Tinapan, Kecamatan Todanan akan dibuat replika setelah berhasil diangkat dan dipreparasi.

Selengkapnya...

Tim Dalprog Kodam IV Diponegoro Berkunjung ke Kodim Blora

Tim Pengawasan dan Pengendalian Program (Dalprog) Kodam IV/Diponegoro yang dipimpin Asrendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Tyas Koesharjadi dan rombongan melakukan kunjungan kerja di wilayah Kodim 0721/Blora.

Selengkapnya...

150 Siswa SMK di Blora Mengikuti Latihan Bela Negara

Sebanyak 150 siswa perwakilan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Kabupaten Blora mengikuti pedidikan dan pelatihan bela negara yang diselenggarakan oleh Kantor Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerja sama dengan Kodim 0721 Blora.

Selengkapnya...

Polres dan Kesbangpol Blora Sosialisasi P4GN

Para pengedar narkoba dan obat-obatan terlarang tidak pandang bulu menjadikan berbagai elemen masyarakat sebagai sasaran peredaran narkotika. Tidak terkecuali para blandong atau penebang kayu di kawasan hutan. Mereka merayu para blandong agar mengonsumsi narkoba guna meningkatkan stamina.

Selengkapnya...

Dinkominfo Blora Mengikuti Raker Operasional Materiil Sandi

Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Republik Indonesia menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Operasional Materiil Sandi di Hotel Royal Kuningan Jakarta. Raker diikuti 150 peserta yang terdiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten/Kota perwakilan Provinsi se Indonesia.

Selengkapnya...

Harga Hewan Kambing di Pasar Pon Blora Menurun

Harga hewan kambing di Pasar Pon Blora mengalami penurunan sejak tiga bulan lalu. Hal itu menyebabkan transaksi jual beli hewan kambing sepi dan para penjual hewan (blantik) tidak lagi memikirkan keuntungan yang tinggi.

Selengkapnya...

Desa Tanggel Berpotensi Dikembangkan Menjadi Pusat Buah Jeruk 

Direktur Buah dan Florikultura Ditjen Holtikultura Kementerian Pertanian Dr. Ir. Sarwo Edhy MM dan Kepala Subdit Tanaman Jeruk, Perdu dan Pohon Ir. Widodo Heru M.Sc bersama tim meninjau potensi buah jeruk siam di Desa Tanggel Kecamatan Randublatung.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rakor Pengelolaan Cagar Budaya

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Cagar Budaya.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M