SEMARAKKAN HARI JADI DAN FESTIVAL BARONGAN 3,

PEMKAB. GELAR BLORA UMKM EXPO

Menyemarakkan Hari Jadi Kab. Blora ke-267 dan Festival Barongan 3, Pemerintah Kab. Blora menggelar berbagai macam acara, salah satunya Blora UMKM Expo.

Acara yang dibuka Bupati Blora Djoko Nugroho ini berlangsung selama 3 hari, Jumat-Minggu (25/27/11) di Pusat Oleh-oleh Khas Blora.

Peserta pameran adalah para pelaku usaha dari Kab. Blora ditambah pelaku usaha dari Kab. Demak, Kudus dan Rembang.

Dalam sambutannya, Bupati Blora Djoko Nugroho, mengatakan, tingkat kemiskinan d Kab. Blora rangking 20 dari 35 Kabupaten dan Kota se Provinsi Jawa Tengah. Dahulu penyumbang terbesar PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) di Kab. Blora adalah sektor pertanian.

Namun sekarang penyumbang PDRB terbesar justru disektor jasa dan perdagangan. “Meskipun penyumbang PDRB terbesar dari sektor jasa dan perdagangan bukan berarti sektor pertanian mengalami penurunan, sektor pertanian semuanya tetap surplus,” jelasnya.

Menurutnya, kendala UMKM ada beberapa yaitu utamanya masalah permodalan. Untuk memecahkan persoalan tersebut pemerintah telah memberikan kredit usaha dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Simitra25 dengan tanpa jaminan, syaratnya hanya punya usaha produktif.

Kemudian yang perlu diperhatikan adalah kualitas mutu dan pemasaran. Untuk itu para pelaku usaha perlu memperluas jaringan. Diperlukan pertemanan dan relasi, salah satunya lewat pameran seperti ini, tandasnya.

“Punya kenalan banyak dan punya akses saling mengisi, ayo para pedagang maju semuanya, kita bisa,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Usaha Mikro Kecil Menengah Kab. Blora, Maskur, menuturkan, Blora UMKM Expo juga melibatkan banyak pihak, yaitu Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora, Dekranasda Kab. Blora, serta melibatkan UMKM dari Kab. Kudus, Demak dan Pati.

Adapun tujuan Blora UMKM Expo adalah untuk mempromosikan produk UMKM yang ada di Blora, sehingga dikenal luas oleh masyarakat Blora khususnya dan masyarakat luar Blora pada umumnya.

Produk-produk yang dipamerkan, meliputi industri kayu olahan limbah jati, batik, makanan olahan, pertanian dan perkebunan, serta pengrajin lainnya.

“Stand sebanyak 65 unit untuk UMKM sebanyak 59 unit, Dekranasda 1 unit dengan 2 stand, stand Kabupaten Demak, Rembang, Kudus. Ditambah Stand Solo yang menyediakan peralatan untuk UMKM, seperti mesin pembuatan emping melinjo dan jagung,” tuturnya.

Selama pameran berlangsung, digelar Festival Tayub, Jumat (25/11) malam, Festival Barongan, Sabtu (26/11) dan dihari terakhir, Minggu (27/11) dimeriahkan Parade Band dan Fashion Show. (DPPKKI Kab. Blora)

Kampanye Simpatik Bayar Pajak Melalui Moment CFD

Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jawa Tengah 1 melalui Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Kabupaten Blora menyelenggarakan kampanye simpatik kepada masyarakat umum di Alun-Alun Blora, Minggu (26/3).

Selengkapnya...

PERAWAT SAHABAT RAKYAT, SETIA MERAWAT SETIAP SAAT

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional (PPNI) Kabupaten Blora menggelar kegiatan donor darah dan periksa kesehatan gratis pada puncak acara peringatan Hari Perawat Nasional ke-43 tahun 2017 di wilayah kabupaten Blora.

Selengkapnya...

TES KESEMAPTAAN JASMANI POLRES BLORA

Ratusan personil polisi dari kesatuan Polres Blora antusias saat mengikuti Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) di lapangan Stadion Kridosono, Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Pelatihan Bela Negara Sukses Diselenggarakan

Pelatihan dan Pendidikan Bela Negara yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerja sama dengan KODIM 0721 Blora, sukses dilaksanakan. Kegiatan yang diikuti 150 siswa perwakilan SMK se Blora itu ditutup oleh pukul 16.00 WIB, Kamis (23/3) di lapangan Bhayangkara.

Selengkapnya...

Sebanyak 79.432 Ekor Sapi di Kabupaten Blora Jadi Sasaran Upsus Siwab

Kabupaten Blora mendapatkan kuota sebanyak 79.432 ekor sapi wajib bunting pada Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Program tersebut merupakan program nasional yang telah dicanangkan Presiden Jokowi belum lama ini.

Selengkapnya...

Tim Jepang dan ITB Siapkan Penerapan Teknologi CCS di Kabupaten Blora

Rencana penerapan teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi efek rumah kaca dan mencegah pemanasan global dengan cara tangkap, angkut, dan simpan karbon atau Carbon Capture and Storage (CCS) menunjukan sinyal positif. Setelah disoalisasikan sejak Agustuas 2016 lalu, kini rencana penarapan teknologi CCS tersebut mulai memasuki tahapan survey lokasi. 

Selengkapnya...

Harga Hewan Kambing di Pasar Pon Blora Menurun

Harga hewan kambing di Pasar Pon Blora mengalami penurunan sejak tiga bulan lalu. Hal itu menyebabkan transaksi jual beli hewan kambing sepi dan para penjual hewan (blantik) tidak lagi memikirkan keuntungan yang tinggi.

Selengkapnya...

Desa Tanggel Berpotensi Dikembangkan Menjadi Pusat Buah Jeruk 

Direktur Buah dan Florikultura Ditjen Holtikultura Kementerian Pertanian Dr. Ir. Sarwo Edhy MM dan Kepala Subdit Tanaman Jeruk, Perdu dan Pohon Ir. Widodo Heru M.Sc bersama tim meninjau potensi buah jeruk siam di Desa Tanggel Kecamatan Randublatung.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rakor Pengelolaan Cagar Budaya

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Cagar Budaya.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M