Kirab Budaya Hari Jadi Blora Ke-267 Sukses Dilaksanakan

Kirab Budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Blora ke-267 berlangsung meriah dan sukses dilaksanakan. Ribuan warga masyarakat antusias menyaksikan agenda yang di helat tahunan itu. Kirab menggambarkan perjalanan pemerintahan Kabupaten Blora dari masa ke masa dengan menonjolkan budaya lokal setempat.

Start kirab dari pendopo rumah dinas Bupati Blora, sedangkan finish di Blok T Blora. Dimulai pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai. Kirab diiringi instrumen gamelan kreatif beruansa religi dari kelompok anak, asuhan Sanggar Cahyo Sumirat.

Selain itu, ada dua gunungan yang dipikul petugas berisi jajanan dan hasil bumi (palawija) Blora.    

Bupati Blora bersama istri berada paling depan dengan mengenakan pakaian adat kerajaan dengan diapit ajudan/pembawa payung dan enam orang prajurit Bhayangkara.

Selama perjalanan, warga masyarakat khususnya remaja, saling berebut jabat tangan dengan Bupati.

Paraga kirab terdiri subo manggolo, tindih prajurit, pembawa bendera merah putih dan lambang daerah.

Kemudian urutan kirab oleh Ketua DPRD, Wakil Bupati, Dandim 0721 Blora, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Danyon 410, Dan Sub Denpom, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Rutan. Masing-masing didampingi istri dan ajudan.

Mengiringi langkah paraga budaya, yakni manggolo retno, domas, manggolo yudho, prajurit patangpuluhan, prajurit tetabuhan, prajurit pembawa gunungan lanang dan wadon, kemudian Komunitas Pemangku Adat (Sedulur Sikep) dan Permadani.

Berikutnya tata urutan pangombyong kirab yaitu sepasang duta wisata Blora  tahun 2016, kelompok DPRD dan Setwan. Selanjutnya Kelompok Penegak Hukum (pejabat di jajaran Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Rutan Blora, Kodim 0721 dan Pengadilan Agama Blora).

Kelompok Setda dan Kelompok Camat se Blora, kelompok siswa berprestasi/pemenang lomba, Kelompok Dinas Daerah. Kelompok Lembaga Teknis Daerah, Kelompk instansi vertikal, Kelompk PT / Persero, kelompok BUMN/BUMD, dan Kelompok Perbankan. Selain itu ada kelompok seni budaya (barongan dan tayuban) .

Masing-masing kelompok ditentunkan berdasarkan daerah persiapan dengan didampingi penanggung jawab.  

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora Slamet Pamuji mengatakan, Kirab Budaya yang berlangsung Hari Minggu, 11 Desember 2016 itu mendapat respon dari warga masyarakat.

Itu terbukti, antusiasnya warga menyaksikan.

“Kami mengapresiasi atas atusias warga menyaksikan dan ikut menyemarakkan Kirab Budaya. Kebetulan saja pas hari libur, jadi warga lebih antusis menyaksikan. Kirab berlangsung aman dan tertib,” ujarnya.

Dijelaskannya, pada malam menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora, digelar tirakatan di eks stasiun Kereta Api.

“Disuguhkan kesenian cokekan yang dihadiri Bupati Blora,” jelasnya.     

Pihaknya menyampaikan, masih ada rangkaian kegiatan lainya hingga menjelang pergantian tahun baru 2017. (DPPKKI Kab.Blora).

 

 

Kesbangpol Blora Selenggarakan Ceramah Bela Negara dan Nasionalisme Bagi OKP

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Blora menyelenggarakan kegiatan Ceramah Bela Negara dan Nasionalisme dengan peserta sebanyak 150 orang dari perwakilan Organisasi Kepemudaan (OKP) yang ada di wilayah kabupaten setempat.

Selengkapnya...

Kecamatan Ngawen Gelar Dzikir dan Doa Bersama

Bertempat di halaman Kantor Kecamatan Ngawen menggelar Dzikir dan Doa bersama. Acara dimulai pukul 08.00 WIB dihadiri sejumlah ulama dari Kecamatan Ngawen dan Kabupaten Blora, Minggu (26/3).

Selengkapnya...

Kampanye Simpatik Bayar Pajak Melalui Moment CFD

Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jawa Tengah 1 melalui Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Kabupaten Blora menyelenggarakan kampanye simpatik kepada masyarakat umum di Alun-Alun Blora, Minggu (26/3).

Selengkapnya...

PERAWAT SAHABAT RAKYAT, SETIA MERAWAT SETIAP SAAT

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional (PPNI) Kabupaten Blora menggelar kegiatan donor darah dan periksa kesehatan gratis pada puncak acara peringatan Hari Perawat Nasional ke-43 tahun 2017 di wilayah kabupaten Blora.

Selengkapnya...

TES KESEMAPTAAN JASMANI POLRES BLORA

Ratusan personil polisi dari kesatuan Polres Blora antusias saat mengikuti Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) di lapangan Stadion Kridosono, Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Tim Jepang dan ITB Siapkan Penerapan Teknologi CCS di Kabupaten Blora

Rencana penerapan teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi efek rumah kaca dan mencegah pemanasan global dengan cara tangkap, angkut, dan simpan karbon atau Carbon Capture and Storage (CCS) menunjukan sinyal positif. Setelah disoalisasikan sejak Agustuas 2016 lalu, kini rencana penarapan teknologi CCS tersebut mulai memasuki tahapan survey lokasi. 

Selengkapnya...

Harga Hewan Kambing di Pasar Pon Blora Menurun

Harga hewan kambing di Pasar Pon Blora mengalami penurunan sejak tiga bulan lalu. Hal itu menyebabkan transaksi jual beli hewan kambing sepi dan para penjual hewan (blantik) tidak lagi memikirkan keuntungan yang tinggi.

Selengkapnya...

Desa Tanggel Berpotensi Dikembangkan Menjadi Pusat Buah Jeruk 

Direktur Buah dan Florikultura Ditjen Holtikultura Kementerian Pertanian Dr. Ir. Sarwo Edhy MM dan Kepala Subdit Tanaman Jeruk, Perdu dan Pohon Ir. Widodo Heru M.Sc bersama tim meninjau potensi buah jeruk siam di Desa Tanggel Kecamatan Randublatung.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rakor Pengelolaan Cagar Budaya

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Cagar Budaya.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M