Blora Juara 3 Festival Jamu Jawa Tengah

Kabupaten Blora meraih juara 3 dalam festival jamu yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Sukoharjo. Blora menampilkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)  jamu herbal “Sekar Mustika” Kelurahan Wulung, Kecamatan Randublatung.

Kepala DPPKKI Kabupaten Blora Slamet Pamuji melalui Kapala Bidang Sarkom dan Desinfo, Ahmad Sukarjo, mengatakan, Festival Jamu kali ke lima pada tahun 2016 digelar di halaman parkir The Park Mall. Diikuti 35 kabupaten/kota, perusahaan jamu, Koperasi Jamu Indonesia (Kojai) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan pelaku usaha lainnya yang menempati 60 stan.

“Blora juara 3 untuk penilaian stan terbaik. Juara 1 Kabupaten Kendal, Juara 2 Kota Magelang,” ujar Sukarjo didamping Kasi Desinfo Samedi Djoko Waspodo, di Blora, Senin (14/11).

Selain KIM jamu tradisional, juga dipromosikan jajanan dan kuliner tradisional kabupaten Blora diantaranya kerupuk keremes dan kembang goyang.

KIM Sekar Mustika bergerak dalam usaha jamu herbal tradisional  memamerkan berbagai macam produknya. Jamu godog atau rebus produksinya memiliki banyak khasiat, sebagai obat penyakit ginjal, darah tinggi, liver, asam urat, pegal linu, sariawan dan penyakit lainnya.

“Berbagai jenis tanaman obat yang menjadi primadona adalah temu lawak, jahe, kunyit, kunci pepet, serta serutan kayu secang,” ujar Sri Sulastri, peracik jamu herbal.

Festival yang memasuki tahun kelima tersebut digelar selama tiga hari, mulai 11-13 November 2016. Acara tersebut dibuka oleh Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural, Hari Untoro Drajat bersama Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, Raseno Arya serta pejabat setempat pada Jumat (11/10/2016) pukul 20.00 WIB.

“Jamu ialah kearifan lokal, ramuan-ramuan yang dimiliki khusus di wilayah Jawa ini. Jamu bisa jadi branding khas Indonesia dalam hal pariwisata, seperti ginseng di Korea, yang bisa dipakai pengobatan maupun kuliner yang khas,” ujar Hari dalam sambutannya, Jumat (11/11/2016).

Ia berharap, ke depan resep jamu dapat menjadi warisan budaya dunia yang masuk ke dalam intangible culture (warisan budaya tak berwujud) ataupun warisan budaya kuliner.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jateng, Trenggono mengharap dengan Festival Jamu  semakin mengenalkan jamu kepada generasi muda. (DPPKKI Kab.Blora).

 

 

Dandim Blora Bersama Warga Desa Klopoduwur Tanam Bibit Kelapa 

Dalam rangka mensukseskan program penghijauan yang dicanangkan dari pemerintah pusat,  Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos didampingi Pasiter Kapten Inf Surana bersama-sama Personel Koramil 03/Banjarejo, Polsek Banjarejo, Kepala UPTD Banjarejo,  pelajar dan masyarakat setempat melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon Kelapa Hibrida di lokasi sekitar SDN Klopoduwur Blora, Selasa (17/01/2017). 

Selengkapnya...

Seorang Guru TK Menekuni Aktifitas Tambahan Menjadi Juru Parkir

Waktu senggang setelah mengajar di kelas dimaanfaatkan menjadi juru parkir. Itu dilakukan oleh Munajat, salah seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK) Desa Bacem Kecamatan Jepon.

Selengkapnya...

Kerusakan Jalan di Desa Sumber Segera Diperbaiki

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Samgautama Karnajaya mengemukakan perbaikan jalan Desa Sumber Kecamatan Kradenan menuju Desa Temulus Kecamatan Randublatung (melalui Dukuh Mulyorejo) segera dilaksanakan setelah didiskusikan dengan pihak Pertamina. Sebab, ketika rusak, perbaikan poros jalan kecamatan itu sebagian menjadi tanggung jawab Pertamina.

Selengkapnya...

GIAT PRAJURIT TNI

Babinsa Koramil Tunjungan Latih PBB Siswa SMAN 1 Tunjungan  - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Tunjungan Kodim 0721/Blora Pelda  Riyanto bersama dua rekannya melaksanakan kegiatan pelatihan PBB terhadap Siswa siswi SMA Negeri 1 Tunjungan Blora, yang diikuti sebanyak 45 Siswa kelas VIII  dalam rangka Extra Kurikuler, Sabtu (14/01/2017). 

Selengkapnya...

Pembinanan Warga Seputar Tower Telekomunikasi Dioptimalkan

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Blora akan mengoptimalkan pembinaan dan penyuluhan rutin kepada masyarakat yang berada di seputar tower telekomunikasi. Demikian hal itu di sampaikan oleh Kepala Diskominfo Blora Sugiyono melalui Kepala Seksi (Kasi) Telekomunikasi Nyipto Dewi Sriwijayanti.

Selengkapnya...

Perawatan Alat Vedio Conference Dipercayakan Operator Kecamatan 

Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) Kabupaten Blora mempercayakan perawatan dan pemeliharaan peralatan vedio conference (vedcon) kepada 14 kecamatan. Piranti yang terdiri mikrofon, mixer audio, speaker dan webcam itu dipastikan siap digunakan jika sewaktu-waktu ada acara.

Selengkapnya...

Blora Potensi Kembangkan Budidaya White Melon

Ketua Koperasi Cahaya Wiratagama Mandiri Kecamatan Ngawen Pujianto mengungkapkan telah berhasil membudidayakan White Melon di enam wilayah Kecamatan di Kabupaten Blora. Buah berwarna putih  dan berukuran besar itu beken disebut Timun Jepang.

Selengkapnya...

Bibit Cabai Siap Tanam Laris Terjual

Meroketnya harga cabai akhir-akhir ini mendorong warga masyarakat berburu bibit cabai siap tanam. Hal itu dikatakan oleh salah seorang penjual bibit di Pasar Pon Blora.

Selengkapnya...

PENELUSURAN CAGAR BUDAYA PECINAN BLORA DAN SEKITARNYA

SEKILAS TENTANG PECINAN DI INDONESIA

Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki Kawasan Pecinan yang memiliki fungsi sebagai kawasan sentra perdagangan dan permukiman bagi etnis Cina. Tipikal kota-kota Jawa pada masa kolonial ditinjau dari tata ruang dan bangunannya terdiri atas alun-alun, masjid, kantor pemerintahan, penjara, dan kampung Cina.

Selengkapnya...

Festival Sedulur Sikep Samin di Sambongrejo

Festival Sedulur Sikep digelar Komunitas Samin di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Sejumlah kegiatan diadakan dalam festival yang baru kali pertama diselenggarakan tersebut.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M