LOMBA MEWARNAI MENGAWALI FESTIVAL BARONGAN 3

Lomba mewarnai Barongan tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di pendopo rumah dinas Bupati hari ini, Selasa (22/11), mengawali rangkaian Festival Barongan 3.

Kegiatan lomba mewarnai ini merupakan leading sector dari Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora Bidang Kebudayaan yang bekerjasama dengan Paguyuban Perupa Blora dan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Kab. Blora.

Ketua Paguyuban Perupa Blora, Prayitno, menuturkan, Peserta lomba adalah anak usia dini yang terdiri dari kelompok bermain, TK A dan TK B. “Adapun lomba bersifat tertutup, artinya jumlah peserta dibatasi berdasarkan tipologi seni lukis anak yang terdiri dari, peserta kelompok bermain 75 anak, kelompok TK A 250 peserta, kelompok TK B 250 peserta,” jelasnya.

Lomba dibagi dalam beberapa kelompok, terdiri dari Kelompok Bermain murni mewarnai dengan tingkat kesulitan rendah dengan media standar mewarnai seperti crayon, pensil berwarna, dll. Kelompok TK A murni mewarnai dengan tingkat kesulitan lebih detail, dan kelompok TK B mewarnai dengan tingkat kesulitan pengembangan obyek lukis. Waktu dalam mengerjakan tugas lomba atau berkarya maksimal 120 menit atau 2 jam.

Juara kejuaraan merupakan juara berdasar tipologi peserta lomba yang masing-masing diambil 3 karya terbaik terdiri dari juara 1, 2 dan 3 tipologi visual setiap kelompok dan juara 1, 2, dan 3 tipologi non visual setiap kelompok. “Masing-masing juara yang berjumlah 18 penghargaan memperoleh Piagam, Piala dan Uang Pembinaan,” jelasnya.

Wakil Bunda PAUD Kab. Blora, Ainu Sholihah dalam sambutannya berharap lomba ini bisa meningkatkan kreatifitas anak-anak PAUD. Pemenang lomba nantinya akan diikutkan dalam ajang-ajang lomba seni rupa dilevel yang lebih tinggi.

“Kalau menjadi juara akan mewakili Kab. Blora ditingkat karesidenan Pati,” ujarnya.

Ajang lomba mewarnai, lanjutnya agar terus dikembangkan untuk mengasah kemampuan sekaligus mencari anak-anak yang berbakat dibidang seni rupa.

Bertema All About Blora’s Culture, Festival Barongan 3 digelar selama 6 hari berturut-turut, 22-27 November. Diawali lomba mewarnai tingkat PAUD di pendopo rumah dinas Bupati pukul 09.00 WIB (22/11).

Hari berikutnya, Rabu (23/11), digelar Seminar Budaya di gedung Sasana Bhakti yang menurut rencana digelar pukul 09.00 WIB. Kemudian Pagelaran Wayang Krucil yang juga digelar di gedung Sasana Bhakti pukul 19.00 WIB, Kamis (24/11).

Festival Tayub “Nom-Noman”  di Blok T pukul 19.00 WIB, Jumat (25/11) bintang tamu Tim Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Pagelaran Barongan, Sabtu (26/11) dimulai pukul 19.00 WIB di Blok T, dengan bintang tamu Didik Nini Thowok, Barongan Kab. Kendal, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan Risang Guntur Seto (RGS).

Parade Barongan start alun-alun dengan finish Jl. A. Yani depan SMK Katolik bintang digelar, Sabtu (26/11), pukul 09.00 WIB, dengan bintang tamu Barongan Kab. Jepara, Kab. Boyolali, Barongan Braiii, Ampyak-ampyak Barongan se Kab. Blora.

Parade Seni Budaya di gedung Sasana Bhakti Kab. Blora digelar hari Kamis hingga Sabtu (24-26/11) pukul 09.00 WIB. Pameran kerajinan dan UMKM WIB Blok T, hari Jumat sampai Minggu (25-27/11). Lomba fashion show kebaya di Blok T, Minggu (27/11) pukul 09.00 WIB. (DPPKKI Kab. Blora)

TES KESEMAPTAAN JASMANI POLRES BLORA

Ratusan personil polisi dari kesatuan Polres Blora antusias saat mengikuti Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) di lapangan Stadion Kridosono, Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Pelatihan Bela Negara Sukses Diselenggarakan

Pelatihan dan Pendidikan Bela Negara yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerja sama dengan KODIM 0721 Blora, sukses dilaksanakan. Kegiatan yang diikuti 150 siswa perwakilan SMK se Blora itu ditutup oleh pukul 16.00 WIB, Kamis (23/3) di lapangan Bhayangkara.

Selengkapnya...

Sebanyak 79.432 Ekor Sapi di Kabupaten Blora Jadi Sasaran Upsus Siwab

Kabupaten Blora mendapatkan kuota sebanyak 79.432 ekor sapi wajib bunting pada Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Program tersebut merupakan program nasional yang telah dicanangkan Presiden Jokowi belum lama ini.

Selengkapnya...

Kerangka Manusia Prasejarah Goa Kidang Akan Dibuat Replika

Ketua Tim Pola Okupasi Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta Dra. Indah Asikin Nurani. M.Hum mengatakan kerangka manusia prasejarah di Goa Kidang, Desa Tinapan, Kecamatan Todanan akan dibuat replika setelah berhasil diangkat dan dipreparasi.

Selengkapnya...

Tim Dalprog Kodam IV Diponegoro Berkunjung ke Kodim Blora

Tim Pengawasan dan Pengendalian Program (Dalprog) Kodam IV/Diponegoro yang dipimpin Asrendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Tyas Koesharjadi dan rombongan melakukan kunjungan kerja di wilayah Kodim 0721/Blora.

Selengkapnya...

Dinkominfo Blora Mengikuti Raker Operasional Materiil Sandi

Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Republik Indonesia menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Operasional Materiil Sandi di Hotel Royal Kuningan Jakarta. Raker diikuti 150 peserta yang terdiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten/Kota perwakilan Provinsi se Indonesia.

Selengkapnya...

Harga Hewan Kambing di Pasar Pon Blora Menurun

Harga hewan kambing di Pasar Pon Blora mengalami penurunan sejak tiga bulan lalu. Hal itu menyebabkan transaksi jual beli hewan kambing sepi dan para penjual hewan (blantik) tidak lagi memikirkan keuntungan yang tinggi.

Selengkapnya...

Desa Tanggel Berpotensi Dikembangkan Menjadi Pusat Buah Jeruk 

Direktur Buah dan Florikultura Ditjen Holtikultura Kementerian Pertanian Dr. Ir. Sarwo Edhy MM dan Kepala Subdit Tanaman Jeruk, Perdu dan Pohon Ir. Widodo Heru M.Sc bersama tim meninjau potensi buah jeruk siam di Desa Tanggel Kecamatan Randublatung.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rakor Pengelolaan Cagar Budaya

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Cagar Budaya.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M