BUPATI dan DPRD SEPAKATI 4 RANPERDA

DPRD Kab. Blora menyelenggarakan Rapat Paripurna dengan agenda acara pembahasan bersama antara Bupati Blora dengan DPRD Kab. Blora tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kab. Blora dan Penyampaian Ranperda tentang APBD Tahun Anggaran 2017 disertai Nota Keuangannya. Rapat digelar di ruang rapat utama Kantor DPRD. Kab. Blora, Senin (28/11).

Dalam rapat tersebut, Bupati Blora bersama DPRD Kab. Blora menyepakati 4 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Ranperda tersebut yaitu Ranperda tentang Ketertiban Umum, Ranperda tentang Pencabutan Perda Nomor 7 Tahun 2002 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Pamong Desa, Ranperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Korban Kekerasan Berbasis Gender dan Anak, Ranperda tentang Tanggungjawab Sosial Perusahaan.

Dalam rangka pembentukan Ranperda, DPRD Kab. Blora membentuk 2 Panitia Khusus (Pansus) dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing. Pansus satu bertugas membahas 3 Ranperda yaitu, Ranperda tentang Ketertiban Umum, Ranperda tentang Pencabutan Perda Nomor 7 Tahun 2002 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Pamong Desa, Ranperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Korban Kekerasan Berbasis Gender dan Anak.

Pansus dua bertugas membahas 2 Ranperda, yaitu Ranperda tentang Tanggungjawab Sosial Perusahaan, Ranperda tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kab. Blora Pada Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2017-2021.

“Dalam melaksanakan tugasnya hingga saat ini ada 4 Ranperda yang proses pembahasannya telah memasuki pembicaraan pada tingkat dua untuk diambil keputusan-keputusan, masih ada sisa 1 Ranperda yang memerlukan pembahasan lebih lanjut,” kata Ketua DPRD Kab. Blora Bambang Susilo.

Sedangkan Ranperda tentang Penyertaaan Modal Pemerintah Kab. Blora pada Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2017-2021 masih perlu pembahasan lanjutan, karena banyak terdapat kekurangan baik secara substantif maupun materi Ranperda itu sendiri, jelasnya.

Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutannya, mengatakan, Ranperda tentang Ketertiban Umum menyangkut tugas Satpol PP. Suah saatnya Blora tertib sudah saatnya Blora sehat.

“Yang paling parah Cepu, kedepan tempat-tempat tertentu akan ditertibkan. Taman seribu lampu dan pasar adalah tempat yang paling kumuh. Mungkin saudara-saudara kita akan mendengar kegaduhan antara aparat kita dengan masyarakat. Namun seyogyanya niat kita adalah baik,” katanya.

Sedangkan substansi tentang Nota Keuangan Ranperda APBD Kab. Blora Tahun 2017. Dalam Rencana Pendapatan Daerah dalam Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) sebesar Rp. 1.902.921.446.000,-, dengan rincian Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp. 190.393.348.000,-, Dana Perimbangan sebesar Rp. 1.375.420.824.000,-, Lain-lain Pendapatan Daerah yang sah Rp. 337.107.274.000,-.

Dalam penyusunan Belanja Daerah memperhatikan prinsip efisiensi dengan tetap mengutamakan kepentingan masyaraka. Belanja Daerah pada RAPBD Tahun 2017 sebesar Rp. 1.937.921.446.000,-, dengan rincian Belanja Tidak Langsung sebesar Rp. 1.216.247.892.000,-, Belanja Langsung sebesar Rp. 721.673.553.500,-,

Adapun Pembiayaan Daerah pada RAPBD Tahun 2017 yang dianggarakan, untuk Rencana Peneriamaan Pembiayaan dianggarkan sebesar 35 milyar rupiah yang besarannya sama dengan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran Pada Tahun Sebelumnya (Silpa). Rancangan Pengeluaran Pembiayaan yang dianggarkan sebesar 35 milyar rupiah.

“Dari perhitungan tersebut struktur anggaran RAPBD Tahun 2017 mengalami defisit sebesar 35 milyar rupiah. Defisit ini dapat ditutup dengan Pembiayaan Netto sebesar dengan jumlah yang sama, sehingga secara riil pada RAPBD Tahun 2017 memiliki Silpa sebesar nol rupiah,” jelasnya.

Dari perhitungan tersebut berarti RAPBD KAB. Blora Tahun 2017 tidak mengalami defisit riil sehingga tidak perlu menutup defisit tersebut dari sumber pembiayaan lain, pungkasnya. (DPPKKI Kab. Blora)

Persit Koramil Kedungtuban Tanam Padi

Persatuan Istri Tentara (Persit) Ranting 9 Koramil Kedungtuban Kodim 0721 Blora menanam bibit padi varietas Ciherang di lahan percontohan bersama Kelompok Tani Makaryo 2, Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban. 

Selengkapnya...

Jelang HUT Satpol PP Diintensifkan Kesamaptaan Jasmani dan PBB  

Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Blora diintensifkan latihan kesamaptaan jasmani dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Alun-Alun Blora, Selasa (21/2). Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Sat Pol PP ke-67 tahun 2017.

Selengkapnya...

BKD Blora Selenggarakan Pemantapan Proses Penilaian Prestasi PNS

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blora menyelenggarakan Pemantapan Poses Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora Tahun 2017.

Selengkapnya...

Infrastruktur Publik Kecamatan Cepu Diperbaiki

Camat Cepu Joko Sulistiyono mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora memberi perhatian khusus di wilayah kerjanya. Pemkab mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20,25 miliar untuk menata dan mempercantik Cepu tahun 2017.

Selengkapnya...

Pengurus KONI Blora Bagi Pendampingan Cabor

Ketua Komite Olahraga Nasioal Indonesia (KONI) Kabupaten Blora Hery Sutiyono menyatakan telah membagi pengurus untuk melakukan pendampingan di seluruh cabang olahraga. Satu orang pengurus KONI bertugas melakukan pendampingan di dua cabang olahraga (cabor). Tugas pendampingan ini merupakan program baru yang dilaksanakan KONI Blora.

Selengkapnya...

Sekda Blora Mengunjungi Media Center Dinkominfo

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Drs. H. Bondan Sukarno, MM mengunjungi Media Center di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Jumat (3/2). Sekda meminta agar konten data pemerintahan di website pemkab diperbarui.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kuliner Lontong Tahu Jero Pasar Blora Bikin Kangen

Kuliner lontong tahu di dalam pasar induk Blora diminati warga masyarakat. Makanan khas Blora itu tak pernah sepi pengunjung, terlebih ketika hari libur. Meski harus antri menunggu giliran, namun menjadi sisi pembeda dalam wisata kuliner lokal di Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Tokoh Samin Sikep Minta Salam Seger Waras Digunakan Sebagai Ciri Khas Budaya

Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo mengikuti Rembug Budaya di Kantor Dinporabudpar, Rabu (15/2). Mereka menyampaikan salam Seger Waras digunakan dan diucapkan oleh semua warga Blora pada setiap pertemuan sebagai salam persaudaraan ciri khas budaya Blora. Tujuannya untuk membumikan budaya Samin di Blora.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M