LOMBA MEWARNAI MENGAWALI FESTIVAL BARONGAN 3

Lomba mewarnai Barongan tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di pendopo rumah dinas Bupati hari ini, Selasa (22/11), mengawali rangkaian Festival Barongan 3.

Kegiatan lomba mewarnai ini merupakan leading sector dari Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora Bidang Kebudayaan yang bekerjasama dengan Paguyuban Perupa Blora dan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Kab. Blora.

Ketua Paguyuban Perupa Blora, Prayitno, menuturkan, Peserta lomba adalah anak usia dini yang terdiri dari kelompok bermain, TK A dan TK B. “Adapun lomba bersifat tertutup, artinya jumlah peserta dibatasi berdasarkan tipologi seni lukis anak yang terdiri dari, peserta kelompok bermain 75 anak, kelompok TK A 250 peserta, kelompok TK B 250 peserta,” jelasnya.

Lomba dibagi dalam beberapa kelompok, terdiri dari Kelompok Bermain murni mewarnai dengan tingkat kesulitan rendah dengan media standar mewarnai seperti crayon, pensil berwarna, dll. Kelompok TK A murni mewarnai dengan tingkat kesulitan lebih detail, dan kelompok TK B mewarnai dengan tingkat kesulitan pengembangan obyek lukis. Waktu dalam mengerjakan tugas lomba atau berkarya maksimal 120 menit atau 2 jam.

Juara kejuaraan merupakan juara berdasar tipologi peserta lomba yang masing-masing diambil 3 karya terbaik terdiri dari juara 1, 2 dan 3 tipologi visual setiap kelompok dan juara 1, 2, dan 3 tipologi non visual setiap kelompok. “Masing-masing juara yang berjumlah 18 penghargaan memperoleh Piagam, Piala dan Uang Pembinaan,” jelasnya.

Wakil Bunda PAUD Kab. Blora, Ainu Sholihah dalam sambutannya berharap lomba ini bisa meningkatkan kreatifitas anak-anak PAUD. Pemenang lomba nantinya akan diikutkan dalam ajang-ajang lomba seni rupa dilevel yang lebih tinggi.

“Kalau menjadi juara akan mewakili Kab. Blora ditingkat karesidenan Pati,” ujarnya.

Ajang lomba mewarnai, lanjutnya agar terus dikembangkan untuk mengasah kemampuan sekaligus mencari anak-anak yang berbakat dibidang seni rupa.

Bertema All About Blora’s Culture, Festival Barongan 3 digelar selama 6 hari berturut-turut, 22-27 November. Diawali lomba mewarnai tingkat PAUD di pendopo rumah dinas Bupati pukul 09.00 WIB (22/11).

Hari berikutnya, Rabu (23/11), digelar Seminar Budaya di gedung Sasana Bhakti yang menurut rencana digelar pukul 09.00 WIB. Kemudian Pagelaran Wayang Krucil yang juga digelar di gedung Sasana Bhakti pukul 19.00 WIB, Kamis (24/11).

Festival Tayub “Nom-Noman”  di Blok T pukul 19.00 WIB, Jumat (25/11) bintang tamu Tim Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Pagelaran Barongan, Sabtu (26/11) dimulai pukul 19.00 WIB di Blok T, dengan bintang tamu Didik Nini Thowok, Barongan Kab. Kendal, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan Risang Guntur Seto (RGS).

Parade Barongan start alun-alun dengan finish Jl. A. Yani depan SMK Katolik bintang digelar, Sabtu (26/11), pukul 09.00 WIB, dengan bintang tamu Barongan Kab. Jepara, Kab. Boyolali, Barongan Braiii, Ampyak-ampyak Barongan se Kab. Blora.

Parade Seni Budaya di gedung Sasana Bhakti Kab. Blora digelar hari Kamis hingga Sabtu (24-26/11) pukul 09.00 WIB. Pameran kerajinan dan UMKM WIB Blok T, hari Jumat sampai Minggu (25-27/11). Lomba fashion show kebaya di Blok T, Minggu (27/11) pukul 09.00 WIB. (DPPKKI Kab. Blora)

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Polres Blora

Kepolisian Resor Blora, Polda Jateng, menggelar acara pengajian peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 2017 di Masjid Al Istiqomah Mapolres Blora, Kamis (27/04/2017). Acara dipimpin langsung oleh Kapolres Blora AKBP Surisman, S.I.K, M.H.

Selengkapnya...

Koramil 08/Kedungtuban Karya Bhakti Urug Jalan

Sejumlah anggota Koramil 08/Kedungtuban Kodim 0721/Blora bersama Babinkamtibmas dan warga masyarakat, melakukan karya bhakti membantu pengurugan jalan makadam dengan grosok di Dukuh Dahu, Desa Nglandean, Kecamatan Kedungtuban, Rabu (26/04).

Selengkapnya...

Peringati Hari Kartini, SLB Jepon Gelar Upacara dan Lomba Fashion  

Sekolah Luar Biasa (SLB) Kecamatan Jepon melaksanakan upacara peringatan Hari Kartini ke 138 di halaman sekolah setempat. Pada upacara itu para siswa berkebutuhan khusus diminta mengenakan kebaya dan berpakaian adat daerah berdasarkan katagori ketunaan peserta didik.

Selengkapnya...

Empat Polwan Polres Blora Ikuti Batik Blora Fashion Show

Empat Polisi Wanita (Polres) Blora turut andil memeriahkan lomba  Blora Batik Fashion Show dalam rangka memperingati hari Kartini ke 138 yang di selenggarakan di pendopo Kecamatan Cepu, Sabtu (22/4).

Selengkapnya...

Pagelaran Seni Budaya Meriahkan Peringatan Hari Kartini ke 138

Yayasan Kartini Blora menggelar pentas seni dan budaya di GOR Mustika Blora, Sabu (22/4). Agenda itu dihelat dalam rangka memperingati Hari Kartini ke 138 dan ulang tahun yayasan tersebut.

Selengkapnya...

60 Petugas TIK Kabupaten Blora Dilatih Membuat Website

Dinas Komunikaksi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menyelenggarakan pelatihan pembuatan website, e-mail dan pendaftaran sistem elektronik di lingkungan pemerintah kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Hari Lahir Sastrawan Pramoedya Ananta Toer Perlu Dibuat Event  

Aktor dan presenter televisi Helmy Yahya mengunjungi Kabupaten Blora. Salah satu agenda kunjungannya yakni ke rumah masa kecil sastrawan terkenal asal Blora, Pramoedya Ananta Toer di Jalan Sumbawa No. 40, Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora. Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si mendampingi kunjungan Helmy.

Selengkapnya...

Menjadi Koster Gereja Sebuah Pilihan Untuk Pelayanan

Melaksanakan aktivitas yang diamanahkan selalu dilakukan dengan ikhlas dan senang hati. Seperti menyapu halaman, membersihkan ruang tempat ibadah, membuang sampah dan menata taman di seputar gereja menjadikannya lebih berbakti pada pelayanan. Itulah Arif Hastanto Tejo Baskoro (48), seorang koster Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) Blora.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M