SEMARAKKAN HARI JADI DAN FESTIVAL BARONGAN 3,

PEMKAB. GELAR BLORA UMKM EXPO

Menyemarakkan Hari Jadi Kab. Blora ke-267 dan Festival Barongan 3, Pemerintah Kab. Blora menggelar berbagai macam acara, salah satunya Blora UMKM Expo.

Acara yang dibuka Bupati Blora Djoko Nugroho ini berlangsung selama 3 hari, Jumat-Minggu (25/27/11) di Pusat Oleh-oleh Khas Blora.

Peserta pameran adalah para pelaku usaha dari Kab. Blora ditambah pelaku usaha dari Kab. Demak, Kudus dan Rembang.

Dalam sambutannya, Bupati Blora Djoko Nugroho, mengatakan, tingkat kemiskinan d Kab. Blora rangking 20 dari 35 Kabupaten dan Kota se Provinsi Jawa Tengah. Dahulu penyumbang terbesar PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) di Kab. Blora adalah sektor pertanian.

Namun sekarang penyumbang PDRB terbesar justru disektor jasa dan perdagangan. “Meskipun penyumbang PDRB terbesar dari sektor jasa dan perdagangan bukan berarti sektor pertanian mengalami penurunan, sektor pertanian semuanya tetap surplus,” jelasnya.

Menurutnya, kendala UMKM ada beberapa yaitu utamanya masalah permodalan. Untuk memecahkan persoalan tersebut pemerintah telah memberikan kredit usaha dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Simitra25 dengan tanpa jaminan, syaratnya hanya punya usaha produktif.

Kemudian yang perlu diperhatikan adalah kualitas mutu dan pemasaran. Untuk itu para pelaku usaha perlu memperluas jaringan. Diperlukan pertemanan dan relasi, salah satunya lewat pameran seperti ini, tandasnya.

“Punya kenalan banyak dan punya akses saling mengisi, ayo para pedagang maju semuanya, kita bisa,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Usaha Mikro Kecil Menengah Kab. Blora, Maskur, menuturkan, Blora UMKM Expo juga melibatkan banyak pihak, yaitu Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora, Dekranasda Kab. Blora, serta melibatkan UMKM dari Kab. Kudus, Demak dan Pati.

Adapun tujuan Blora UMKM Expo adalah untuk mempromosikan produk UMKM yang ada di Blora, sehingga dikenal luas oleh masyarakat Blora khususnya dan masyarakat luar Blora pada umumnya.

Produk-produk yang dipamerkan, meliputi industri kayu olahan limbah jati, batik, makanan olahan, pertanian dan perkebunan, serta pengrajin lainnya.

“Stand sebanyak 65 unit untuk UMKM sebanyak 59 unit, Dekranasda 1 unit dengan 2 stand, stand Kabupaten Demak, Rembang, Kudus. Ditambah Stand Solo yang menyediakan peralatan untuk UMKM, seperti mesin pembuatan emping melinjo dan jagung,” tuturnya.

Selama pameran berlangsung, digelar Festival Tayub, Jumat (25/11) malam, Festival Barongan, Sabtu (26/11) dan dihari terakhir, Minggu (27/11) dimeriahkan Parade Band dan Fashion Show. (DPPKKI Kab. Blora)

Mentan RI Panen Raya Padi dan Bantu Alsintan di Desa Pulo

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Blora Achmad Nur Hidayat menyatakan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Blora, Selasa (24/1). Kedatangannya ke Blora untuk mengikuti kegiatan panen raya bersama petani padi di Desa Pulo Kecamatan Kedungtuban.

Selengkapnya...

Pemkab Blora Sambut Kunjungan Menteri Pertanian di Desa Pulo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora menyambut dan menerima kunjungan kerja Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Selasa (24/01).

Selengkapnya...

Populasi Sapi di Kabupaten Blora Meningkat Lima Persen

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora menyatakan dalam setahun (2015-2016) populasi sapi  di wilayah setempat meningkat hingga lima persen. Demikian hal itu disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Blora Wahyu Agustini melalui Kepala Bidang Peternakan, Budiman, didampingi Kasi Produksi Peternakan, Tulus Setyono, di Blora, Senin (23/01/2017).

Selengkapnya...

PPDI Blora Perjuangkan Masa Kerja Hingga Usia 60 Tahun

Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Blora memperjuangkan masa kerja hingga usia 60 tahun, bukan selama 20 tahun. Didampingi pengurus PPDI Provinsi Jawa Tengah, PPDI Kab Blora menemui Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Senin (23/1).

Selengkapnya...

 UNBK Siap Dilaksanakan di Kabupaten Blora

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora menyatakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siap dilaksanakan pihak sekolah di wilayah setempat. Demikian hal itu disampaikan Kepala Disdik Achmad Wardoyo didampingi Sekdin Disdik Sugiyanto pada sosialisasi UNBK yang berlangsung di ruang pertemuan kantor setempat, Kamis (19/01).

Selengkapnya...

Dinkominfo Blora Maksimalkan Dokumentasi Kunjungan Mentan RI di Desa Pulo

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora mengoptimalkan peralatan dokumentasi guna menyebarluaskan informasi visual kunjungan Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP bersama Pangdam IV Diponegoro Mayor Jendral TNI Jaswandi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di desa Pulo Kecamatan Kedungtuban, Selasa (24/1).

Selengkapnya...

Ketua Persit Blora Ajak Tanam Cabai

Ketua Persatuan Istri (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora Yulia Susilo beserta anggota melaksanakan penanaman bibit cabai pada media polybag di halaman kantor Makodim, Rabu (18/01).

Selengkapnya...

Blora Potensi Kembangkan Budidaya White Melon

Ketua Koperasi Cahaya Wiratagama Mandiri Kecamatan Ngawen Pujianto mengungkapkan telah berhasil membudidayakan White Melon di enam wilayah Kecamatan di Kabupaten Blora. Buah berwarna putih  dan berukuran besar itu beken disebut Timun Jepang.

Selengkapnya...

PENELUSURAN CAGAR BUDAYA PECINAN BLORA DAN SEKITARNYA

SEKILAS TENTANG PECINAN DI INDONESIA

Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki Kawasan Pecinan yang memiliki fungsi sebagai kawasan sentra perdagangan dan permukiman bagi etnis Cina. Tipikal kota-kota Jawa pada masa kolonial ditinjau dari tata ruang dan bangunannya terdiri atas alun-alun, masjid, kantor pemerintahan, penjara, dan kampung Cina.

Selengkapnya...

Festival Sedulur Sikep Samin di Sambongrejo

Festival Sedulur Sikep digelar Komunitas Samin di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Sejumlah kegiatan diadakan dalam festival yang baru kali pertama diselenggarakan tersebut.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M