ARTI LAMBANG BLORA


CUPU MANIK (HASTA GINA)
Yang berbentuk segi lima melambangkan dasar falsafah Negara, yaitu Pancasila.

GUNUNG KEMBAR
Kesetiaan rakyat Daerah Kabupaten Blora terhadap Pemerintahan Republik Indonesia. Kecintaan rakyat Daerah Kabupaten Blora terhadap Daerahnya.

POHON ENAM BATANG berwarna Hijau berpadu dengan MENARA MINYAK berwarna Putih
Melambangkan kekayaan utama daerah Kabupaten Blora

SUNGAI (Lusi dan Bengawan Solo) yang dilukiskan dengan dua jalur bergelombang dan berwarna Biru.
Melambangkan penyaluran usaha-usaha pemerintah demi peningkatan kesejahteraan rakyat. Menggambarkan bahwa kemakmuran daerah Kabupaten Blora antara lain tergantung kepada pemanfaatan air dari kedua sungai tersebut.

TRISULA
Bertangkai Merah dan berwarna Putih mempunyai arti jiwa kepahlawanan rakyat Daerah Kabupaten Blora, berani bekerja, berani berkorban, dan berani menghadapi kesulitan ketiganya berlandaskan itikad baik.

LINGKARAN berwarna Kuning Emas
Melambangkan sebagai kesatuan dan kedaulatan tekad rakyat Daerah Kabupaten Blora

KALA MAKARA
Sebagai Lambang Kebudayaan dan kesenian daerah rakyat daerah Kabupaten Blora

BINTANG SUDUT LIMA berwarna Kuning Emas
Sebagai lambang segala yang paling tinggi (Tuhan Yang Maha Esa) dan yang harus diagungkan demi keselamatan rakyat lahir dan bathin

PADI dan KAPAS
Motif Dwi Tunggal sebagai lambang kemakmuran

Sesanti Daerah yang berbunyi "CACANA JAYA KERTA BUMI "
Yang diartikan : tempat (arena, medan) kejayaan, kemakmuran dan kedamaian yang langgeng, atau dengan kata lain : "Bumi Kabupaten Blora ini mengandung kekayaan alamiah yang besar, yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat, dengan syarat harus berani bekerja keras (makarya)"

Mentan RI Panen Raya Padi dan Bantu Alsintan di Desa Pulo

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Blora Achmad Nur Hidayat menyatakan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Blora, Selasa (24/1). Kedatangannya ke Blora untuk mengikuti kegiatan panen raya bersama petani padi di Desa Pulo Kecamatan Kedungtuban.

Selengkapnya...

Pemkab Blora Sambut Kunjungan Menteri Pertanian di Desa Pulo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora menyambut dan menerima kunjungan kerja Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Selasa (24/01).

Selengkapnya...

Populasi Sapi di Kabupaten Blora Meningkat Lima Persen

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora menyatakan dalam setahun (2015-2016) populasi sapi  di wilayah setempat meningkat hingga lima persen. Demikian hal itu disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Blora Wahyu Agustini melalui Kepala Bidang Peternakan, Budiman, didampingi Kasi Produksi Peternakan, Tulus Setyono, di Blora, Senin (23/01/2017).

Selengkapnya...

PPDI Blora Perjuangkan Masa Kerja Hingga Usia 60 Tahun

Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Blora memperjuangkan masa kerja hingga usia 60 tahun, bukan selama 20 tahun. Didampingi pengurus PPDI Provinsi Jawa Tengah, PPDI Kab Blora menemui Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Senin (23/1).

Selengkapnya...

 UNBK Siap Dilaksanakan di Kabupaten Blora

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora menyatakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siap dilaksanakan pihak sekolah di wilayah setempat. Demikian hal itu disampaikan Kepala Disdik Achmad Wardoyo didampingi Sekdin Disdik Sugiyanto pada sosialisasi UNBK yang berlangsung di ruang pertemuan kantor setempat, Kamis (19/01).

Selengkapnya...

Dinkominfo Blora Maksimalkan Dokumentasi Kunjungan Mentan RI di Desa Pulo

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora mengoptimalkan peralatan dokumentasi guna menyebarluaskan informasi visual kunjungan Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP bersama Pangdam IV Diponegoro Mayor Jendral TNI Jaswandi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di desa Pulo Kecamatan Kedungtuban, Selasa (24/1).

Selengkapnya...

Ketua Persit Blora Ajak Tanam Cabai

Ketua Persatuan Istri (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora Yulia Susilo beserta anggota melaksanakan penanaman bibit cabai pada media polybag di halaman kantor Makodim, Rabu (18/01).

Selengkapnya...

Blora Potensi Kembangkan Budidaya White Melon

Ketua Koperasi Cahaya Wiratagama Mandiri Kecamatan Ngawen Pujianto mengungkapkan telah berhasil membudidayakan White Melon di enam wilayah Kecamatan di Kabupaten Blora. Buah berwarna putih  dan berukuran besar itu beken disebut Timun Jepang.

Selengkapnya...

PENELUSURAN CAGAR BUDAYA PECINAN BLORA DAN SEKITARNYA

SEKILAS TENTANG PECINAN DI INDONESIA

Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki Kawasan Pecinan yang memiliki fungsi sebagai kawasan sentra perdagangan dan permukiman bagi etnis Cina. Tipikal kota-kota Jawa pada masa kolonial ditinjau dari tata ruang dan bangunannya terdiri atas alun-alun, masjid, kantor pemerintahan, penjara, dan kampung Cina.

Selengkapnya...

Festival Sedulur Sikep Samin di Sambongrejo

Festival Sedulur Sikep digelar Komunitas Samin di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Sejumlah kegiatan diadakan dalam festival yang baru kali pertama diselenggarakan tersebut.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M