Kecamatan Randublatung Intensif Kendalikan Hama Wereng

Beberapa wilayah pertanian Kecamatan Kedungtuban dan Kecamatan Kradenan terserang hama wereng. Hal itu membuat petani terancam mengalami kerugian. Serangan hama disinyalir bisa merambah ke daerah sekitar. 

Untuk mengantisipasi agar tidak merambah di wilayah Kecamatan Randublatung, Koramil 09/Randublatung yang dipimpin langsung Danramil Kapten Inf Jumanto bersama Camat Randublatung Hendi Purnomo serta KUPTD Pertanian Randublatung Suranto, melaksanakan kegiatan pengendalian hama wereng dengan penyemprotan insektisida di lahan milik Suhodo Ketua P3A Darma Tirta Desa Kutukan. Gerakan pengendalian itu juga diikuti Kades Kutukan Juwadi,Babinsa dan Poktan P3A Darma Tirta Desa Kutukan. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos diwakili Pasiter Kapten Inf Surana.

Ia mengatakan, jajaran TNI akan berupaya semaksimal mungkin membantu dan mendukung petani dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional. 

“Jika petani menemui berbagai kendala di lapangan terkait tanaman padinya, dapat segera melaporkan kepada Babinsa atau PPL setempat untuk segera ditindaklanjuti langkah pengendalian untuk mengatasi kendala tersebut,” ujarnya di Randublatung, Rabu (11/1). 

Camat Randublatung Hendi Purnomo menyatakan  penyemprotan sawah yang dilakukan saat ini merupakan bagian dari usaha  Koramil 09/Randublatung bersama instansi terkait untuk mensukseskan program ketahanan pangan, karena dengan penyemprotan akan membasmi hama-hama  tanaman padi khususnya wereng yang saat ini meresahkan petani.

“Diharapkan produksi pertanian akan meningkat dan tujuan swasembada pangan di wilayah Kecamatan Randublatung dapat tercapai,” kata Hendi Purnomo, Camat Randublatung. 

Ketua Kelompok Tani Kutukan Suhodo, mengapresiasi peran TNI yang ikut mengawal dan turun ke sawah membantu pengendalian hama wereng. Pihaknya berharap penyemprotan massal bersama PPL dan TNI mampu mencegah serangan berat hama wereng.

“Kami berharap hasil panen nanti akan maksimal, sehingga program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah dapat terwujud,” kata Suhodo.  

Kerjasama yang baik antara petani, PPL dan Babinsa, lanjut Suhodo, diharapkan mampu mamacu semangat petani membudidayakan tanaman padi secara baik. 

“Tentu saja petani berterima kasih atas kepedulian dan semangat prajutit TNI yang ikut membantu memproteksi pertanaman padi dari segala macam serangan hama dan penyakit. Terimakasih juga kepada Bapak Dandim Letkol Inf Susilo atas bantuan alat pertanian, bantuan ini sangat bermanfaat dan berguna bagi para petani,” ujarnya. (Diskominfo Kab. Blora). 

Infrastruktur Publik Kecamatan Cepu Diperbaiki

Camat Cepu Joko Sulistiyono mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora memberi perhatian khusus di wilayah kerjanya. Pemkab mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20,25 miliar untuk menata dan mempercantik Cepu tahun 2017.

Selengkapnya...

Pengurus KONI Blora Bagi Pendampingan Cabor

Ketua Komite Olahraga Nasioal Indonesia (KONI) Kabupaten Blora Hery Sutiyono menyatakan telah membagi pengurus untuk melakukan pendampingan di seluruh cabang olahraga. Satu orang pengurus KONI bertugas melakukan pendampingan di dua cabang olahraga (cabor). Tugas pendampingan ini merupakan program baru yang dilaksanakan KONI Blora.

Selengkapnya...

 Juara Road Race Piala Bupati Blora 2017 

Berdasarkan informasi dari panitia penyelenggara,  berikut para juara Gadhuro Road Race Open Championship 2017 Seri 1 Piala Bupati Blora, yang diselenggarakan Minggu (19/2).

 

 

 

 

 

 

Selengkapnya...

Dandim Blora Tinjau Lokasi Karya Bhakti Mandiri II di Desa Nglengkir

Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos didampingi Pasiter Kapten Inf Surana erta Danramil Jepon Lettu Inf Puryanto melaksanakan Kunjungan Kerja di lokasi kegiatan Karya bhakti mandiri II di Desa Nglengkir Kecamatan Bogorejo, Sabtu (18/2).

Selengkapnya...

LPPL Radio Gagak Rimang Blora Siaran Langsung Pagelaran Seni Karawitan Siswa SD   

Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagak Rimang Blora memberi kesempatan dan menyiarkan langsung pagelaran seni karawitan siswa Sekolah Dasar (SD). Upaya itu dilakukan untuk menumbuhkan jiwa karakter ana-anak dalam pengembangan bakat dan pelestarian seni tradisional di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Sekda Blora Mengunjungi Media Center Dinkominfo

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Drs. H. Bondan Sukarno, MM mengunjungi Media Center di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Jumat (3/2). Sekda meminta agar konten data pemerintahan di website pemkab diperbarui.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kuliner Lontong Tahu Jero Pasar Blora Bikin Kangen

Kuliner lontong tahu di dalam pasar induk Blora diminati warga masyarakat. Makanan khas Blora itu tak pernah sepi pengunjung, terlebih ketika hari libur. Meski harus antri menunggu giliran, namun menjadi sisi pembeda dalam wisata kuliner lokal di Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Tokoh Samin Sikep Minta Salam Seger Waras Digunakan Sebagai Ciri Khas Budaya

Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo mengikuti Rembug Budaya di Kantor Dinporabudpar, Rabu (15/2). Mereka menyampaikan salam Seger Waras digunakan dan diucapkan oleh semua warga Blora pada setiap pertemuan sebagai salam persaudaraan ciri khas budaya Blora. Tujuannya untuk membumikan budaya Samin di Blora.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M