Kirab Pusaka Kabupaten Blora Berlangsung Khidmat

Bupati Blora Djoko Nugroho dan Wakil Bupati Blora Arif Rohman mengikuti Kirab Pusaka Kabupaten pukul 24.00 WIB, Kamis (8/12/2016). Kirab Pusaka itu dilaksanakan rutin setiap tahun dalam menyambut peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora, 11 Desember.

Selama perjalanan, Bupati dan Wakil Bupati beserta paraga dan pangombyong kirab terlihat khidmat melakukan prosesi ritual itu.

Tidak ada pembicaraan selama perjalanan menempuh rute yang telah disepakati.  

Peserta memanjatkan doa Kepada Tuhan agar Kabupaten Blora diberikan keselamatan dan dijauhkan dari bencana untuk mewujudkan Blora yang sejahtera dan bermartabat.

Sebelum di kirab, pusaka Kabupaten, Keris Kyai Bismo, payung songsong agung kadipaten, tombak, serta keris lainnya telah dijamas terlebih dulu.

Kirab Pusaka diawali doa bersama di pendopo rumah dinas Bupati Blora. Kemudian penyerahan pusaka oleh Bupati kepada petugas pembawa.

Mewarnai Kirab Pusaka juga digelar pertunjukan wayang kulit dengan penampilan kolaborasi beberapa dalang anggota Pepadi Blora, di antaranya Dalang Mulyono, Sutarno dan Hartanto. Selain itu ada 15 pesinden yang menyemarakkan.

“Karena ada kirab pusaka, pertunjukan wayang dihentikan sementara, nanti setelah kirab pusaka selesai, dilanjutkan lagi. Memang, dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Blora ke 267, saya ingin menampilkan seni budaya dan karifan lokal Blora,” kata Bupati Djoko Nugroho di sela-sela acara limbukan.  

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora Slamet Pamuji menjelaskan urutan peserta kirab pusaka yakni Paraga Kirab terdiri mobil Forariders Satlantas Polres Blora, Pembawa Obor (Camat Blora Kunto Aji), Cucuk lampah (Asisten I Setda Blora, Riyanto,S.Sos), Pusaka Kyai Bisma (Edi Harsono dari Paguyuban Tisan Aji Toya Padasan), Pusaka/piandel Blora lainnya (Paraga), Obor Tengah dan Obor Belakang (oleh petugas).

Kemudian Pangombyong Kirab Pusaka terdiri Anggota Permadani, Anggota Pepadi, Kadang Himpunan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa (HPK) Blora, Warga Masyarakat Sedulur Sikep dan para pejabat/pimpinan SKPD khusus laki-laki.

Rute Kirab Pusaka, Start dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, ke kanan Jalan RA. Kartini -Jalan Dr. Sutomo - Jalan Gunung Sumbing - Jalan Pemuda – Jalan Arumdalu – Jalan Kolonel Sunandar – Jalan Nusantara – Jalan KH. Ahmad Dahlan – Jalan Abu Umar – Pendopo Kabupaten Blora melewati pintu depan.

Usai di kirab, pusaka kabupaten itu diserahkan kembali oleh petugas kepada Bupati, selanjutnya di simpan. (DPPKKI Kab. Blora). 

Sebanyak 79.432 Ekor Sapi di Kabupaten Blora Jadi Sasaran Upsus Siwab

Kabupaten Blora mendapatkan kuota sebanyak 79.432 ekor sapi wajib bunting pada Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Program tersebut merupakan program nasional yang telah dicanangkan Presiden Jokowi belum lama ini.

Selengkapnya...

Kerangka Manusia Prasejarah Goa Kidang Akan Dibuat Replika

Ketua Tim Pola Okupasi Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta Dra. Indah Asikin Nurani. M.Hum mengatakan kerangka manusia prasejarah di Goa Kidang, Desa Tinapan, Kecamatan Todanan akan dibuat replika setelah berhasil diangkat dan dipreparasi.

Selengkapnya...

Tim Dalprog Kodam IV Diponegoro Berkunjung ke Kodim Blora

Tim Pengawasan dan Pengendalian Program (Dalprog) Kodam IV/Diponegoro yang dipimpin Asrendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Tyas Koesharjadi dan rombongan melakukan kunjungan kerja di wilayah Kodim 0721/Blora.

Selengkapnya...

150 Siswa SMK di Blora Mengikuti Latihan Bela Negara

Sebanyak 150 siswa perwakilan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Kabupaten Blora mengikuti pedidikan dan pelatihan bela negara yang diselenggarakan oleh Kantor Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerja sama dengan Kodim 0721 Blora.

Selengkapnya...

Polres dan Kesbangpol Blora Sosialisasi P4GN

Para pengedar narkoba dan obat-obatan terlarang tidak pandang bulu menjadikan berbagai elemen masyarakat sebagai sasaran peredaran narkotika. Tidak terkecuali para blandong atau penebang kayu di kawasan hutan. Mereka merayu para blandong agar mengonsumsi narkoba guna meningkatkan stamina.

Selengkapnya...

Dinkominfo Blora Mengikuti Raker Operasional Materiil Sandi

Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Republik Indonesia menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Operasional Materiil Sandi di Hotel Royal Kuningan Jakarta. Raker diikuti 150 peserta yang terdiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten/Kota perwakilan Provinsi se Indonesia.

Selengkapnya...

Harga Hewan Kambing di Pasar Pon Blora Menurun

Harga hewan kambing di Pasar Pon Blora mengalami penurunan sejak tiga bulan lalu. Hal itu menyebabkan transaksi jual beli hewan kambing sepi dan para penjual hewan (blantik) tidak lagi memikirkan keuntungan yang tinggi.

Selengkapnya...

Desa Tanggel Berpotensi Dikembangkan Menjadi Pusat Buah Jeruk 

Direktur Buah dan Florikultura Ditjen Holtikultura Kementerian Pertanian Dr. Ir. Sarwo Edhy MM dan Kepala Subdit Tanaman Jeruk, Perdu dan Pohon Ir. Widodo Heru M.Sc bersama tim meninjau potensi buah jeruk siam di Desa Tanggel Kecamatan Randublatung.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rakor Pengelolaan Cagar Budaya

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Cagar Budaya.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M