Kirab Budaya Hari Jadi Blora Ke-267 Sukses Dilaksanakan

Kirab Budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Blora ke-267 berlangsung meriah dan sukses dilaksanakan. Ribuan warga masyarakat antusias menyaksikan agenda yang di helat tahunan itu. Kirab menggambarkan perjalanan pemerintahan Kabupaten Blora dari masa ke masa dengan menonjolkan budaya lokal setempat.

Start kirab dari pendopo rumah dinas Bupati Blora, sedangkan finish di Blok T Blora. Dimulai pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai. Kirab diiringi instrumen gamelan kreatif beruansa religi dari kelompok anak, asuhan Sanggar Cahyo Sumirat.

Selain itu, ada dua gunungan yang dipikul petugas berisi jajanan dan hasil bumi (palawija) Blora.    

Bupati Blora bersama istri berada paling depan dengan mengenakan pakaian adat kerajaan dengan diapit ajudan/pembawa payung dan enam orang prajurit Bhayangkara.

Selama perjalanan, warga masyarakat khususnya remaja, saling berebut jabat tangan dengan Bupati.

Paraga kirab terdiri subo manggolo, tindih prajurit, pembawa bendera merah putih dan lambang daerah.

Kemudian urutan kirab oleh Ketua DPRD, Wakil Bupati, Dandim 0721 Blora, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Danyon 410, Dan Sub Denpom, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Rutan. Masing-masing didampingi istri dan ajudan.

Mengiringi langkah paraga budaya, yakni manggolo retno, domas, manggolo yudho, prajurit patangpuluhan, prajurit tetabuhan, prajurit pembawa gunungan lanang dan wadon, kemudian Komunitas Pemangku Adat (Sedulur Sikep) dan Permadani.

Berikutnya tata urutan pangombyong kirab yaitu sepasang duta wisata Blora  tahun 2016, kelompok DPRD dan Setwan. Selanjutnya Kelompok Penegak Hukum (pejabat di jajaran Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Rutan Blora, Kodim 0721 dan Pengadilan Agama Blora).

Kelompok Setda dan Kelompok Camat se Blora, kelompok siswa berprestasi/pemenang lomba, Kelompok Dinas Daerah. Kelompok Lembaga Teknis Daerah, Kelompk instansi vertikal, Kelompk PT / Persero, kelompok BUMN/BUMD, dan Kelompok Perbankan. Selain itu ada kelompok seni budaya (barongan dan tayuban) .

Masing-masing kelompok ditentunkan berdasarkan daerah persiapan dengan didampingi penanggung jawab.  

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora Slamet Pamuji mengatakan, Kirab Budaya yang berlangsung Hari Minggu, 11 Desember 2016 itu mendapat respon dari warga masyarakat.

Itu terbukti, antusiasnya warga menyaksikan.

“Kami mengapresiasi atas atusias warga menyaksikan dan ikut menyemarakkan Kirab Budaya. Kebetulan saja pas hari libur, jadi warga lebih antusis menyaksikan. Kirab berlangsung aman dan tertib,” ujarnya.

Dijelaskannya, pada malam menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora, digelar tirakatan di eks stasiun Kereta Api.

“Disuguhkan kesenian cokekan yang dihadiri Bupati Blora,” jelasnya.     

Pihaknya menyampaikan, masih ada rangkaian kegiatan lainya hingga menjelang pergantian tahun baru 2017. (DPPKKI Kab.Blora).

 

 

Dandim Blora Bersama Warga Desa Klopoduwur Tanam Bibit Kelapa 

Dalam rangka mensukseskan program penghijauan yang dicanangkan dari pemerintah pusat,  Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos didampingi Pasiter Kapten Inf Surana bersama-sama Personel Koramil 03/Banjarejo, Polsek Banjarejo, Kepala UPTD Banjarejo,  pelajar dan masyarakat setempat melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon Kelapa Hibrida di lokasi sekitar SDN Klopoduwur Blora, Selasa (17/01/2017). 

Selengkapnya...

Seorang Guru TK Menekuni Aktifitas Tambahan Menjadi Juru Parkir

Waktu senggang setelah mengajar di kelas dimaanfaatkan menjadi juru parkir. Itu dilakukan oleh Munajat, salah seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK) Desa Bacem Kecamatan Jepon.

Selengkapnya...

Kerusakan Jalan di Desa Sumber Segera Diperbaiki

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Samgautama Karnajaya mengemukakan perbaikan jalan Desa Sumber Kecamatan Kradenan menuju Desa Temulus Kecamatan Randublatung (melalui Dukuh Mulyorejo) segera dilaksanakan setelah didiskusikan dengan pihak Pertamina. Sebab, ketika rusak, perbaikan poros jalan kecamatan itu sebagian menjadi tanggung jawab Pertamina.

Selengkapnya...

GIAT PRAJURIT TNI

Babinsa Koramil Tunjungan Latih PBB Siswa SMAN 1 Tunjungan  - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Tunjungan Kodim 0721/Blora Pelda  Riyanto bersama dua rekannya melaksanakan kegiatan pelatihan PBB terhadap Siswa siswi SMA Negeri 1 Tunjungan Blora, yang diikuti sebanyak 45 Siswa kelas VIII  dalam rangka Extra Kurikuler, Sabtu (14/01/2017). 

Selengkapnya...

Pembinanan Warga Seputar Tower Telekomunikasi Dioptimalkan

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Blora akan mengoptimalkan pembinaan dan penyuluhan rutin kepada masyarakat yang berada di seputar tower telekomunikasi. Demikian hal itu di sampaikan oleh Kepala Diskominfo Blora Sugiyono melalui Kepala Seksi (Kasi) Telekomunikasi Nyipto Dewi Sriwijayanti.

Selengkapnya...

Perawatan Alat Vedio Conference Dipercayakan Operator Kecamatan 

Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) Kabupaten Blora mempercayakan perawatan dan pemeliharaan peralatan vedio conference (vedcon) kepada 14 kecamatan. Piranti yang terdiri mikrofon, mixer audio, speaker dan webcam itu dipastikan siap digunakan jika sewaktu-waktu ada acara.

Selengkapnya...

Blora Potensi Kembangkan Budidaya White Melon

Ketua Koperasi Cahaya Wiratagama Mandiri Kecamatan Ngawen Pujianto mengungkapkan telah berhasil membudidayakan White Melon di enam wilayah Kecamatan di Kabupaten Blora. Buah berwarna putih  dan berukuran besar itu beken disebut Timun Jepang.

Selengkapnya...

Bibit Cabai Siap Tanam Laris Terjual

Meroketnya harga cabai akhir-akhir ini mendorong warga masyarakat berburu bibit cabai siap tanam. Hal itu dikatakan oleh salah seorang penjual bibit di Pasar Pon Blora.

Selengkapnya...

PENELUSURAN CAGAR BUDAYA PECINAN BLORA DAN SEKITARNYA

SEKILAS TENTANG PECINAN DI INDONESIA

Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki Kawasan Pecinan yang memiliki fungsi sebagai kawasan sentra perdagangan dan permukiman bagi etnis Cina. Tipikal kota-kota Jawa pada masa kolonial ditinjau dari tata ruang dan bangunannya terdiri atas alun-alun, masjid, kantor pemerintahan, penjara, dan kampung Cina.

Selengkapnya...

Festival Sedulur Sikep Samin di Sambongrejo

Festival Sedulur Sikep digelar Komunitas Samin di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Sejumlah kegiatan diadakan dalam festival yang baru kali pertama diselenggarakan tersebut.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M