KONDISI WILAYAH KABUPATEN BLORA
Kabupaten Blora dengan luas wilayah administrasi 1820,59 km2 (182058,797 ha) memiliki ketinggian 96,00-280 m diatas permukaan laut, Wilayah Kecamatan terluas terdapat di Kecamatan Randublatung dengan luas 211,13 km2 sedangkan tiga kecamatan terluas selanjutnya yaitu Kecamatan Jati, Jiken dan Todanan yang masing-masing mempunyai luas 183,62 km2, 168,17 km2 dan 128,74 km2. untuk ketinggian tanah kecamatan Japah relatif lebih tinggi dibanding kecamatan yang lain yaitu mencapai 280 meter dpi. Kabupaten Blora dengan luas wilayah 1820,59 Km2, terbesar penggunaan arealnya adalah sebagai hutan yang meliputi hutan negara dan hutan rakyat, yakni 49,66 %, tanah sawah 25,38 % dan sisanya digunakan sebagai pekarangan, tegalan, waduk, perkebunan rakyat dan lain-lain yakni 24,96 % dari seluruh penggunaan lahan. Luas penggunaan tanah sawah terbesar adalah Kecamatan Kunduran (5559,2174 Ha) dan Kecamatan Kedungtuban (4676,7590 Ha) yang selama ini memang dikenal sebagai lumbung padinya Kabupaten Blora. Sedangkan kecamatan dengan areal hutan luas adalah Kecamatan Randublatung, Jiken dan Jati, masing-masing melebihi 13 ribu Ha.
 

TANAMAN PANGAN DAN HOLTIKULTURA
Padi sawah merupakan komoditas unggulan tanaman pangan di Kabupaten Blora. Produktifitas padi di Kecamatan Kradenan tertinggi di antara Kecamatan lain, sebesar 51,93 kuintal/hektar. Ini menjadikan Kecamatan tersebut sebagai salah satu penyangga beras di Kabupaten Blora. Untuk tanaman palawija, produksi jagung dan kedelai justru mengalami kenaikan sebesar 69,62 persen dan 14 persen. Hal ini diakibatkan adanya luas panen jagung yang cukup mencolok yakni dari 44.998 hektar menjadi 62.666 hektar. Produksi buah andalan Kabupaten Blora seperti jeruk, mengalami kenaikan yang cukup tinggi yakni 44,81 persen, sedangkan untuk beberapa jenis sayuran mengalami kenaikan walaupun tidak terlalu besar.

 Juara Road Race Piala Bupati Blora 2017 

Berdasarkan informasi dari panitia penyelenggara,  berikut para juara Gadhuro Road Race Open Championship 2017 Seri 1 Piala Bupati Blora, yang diselenggarakan Minggu (19/2).

 

 

 

 

 

 

Selengkapnya...

Dandim Blora Tinjau Lokasi Karya Bhakti Mandiri II di Desa Nglengkir

Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos didampingi Pasiter Kapten Inf Surana erta Danramil Jepon Lettu Inf Puryanto melaksanakan Kunjungan Kerja di lokasi kegiatan Karya bhakti mandiri II di Desa Nglengkir Kecamatan Bogorejo, Sabtu (18/2).

Selengkapnya...

LPPL Radio Gagak Rimang Blora Siaran Langsung Pagelaran Seni Karawitan Siswa SD   

Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagak Rimang Blora memberi kesempatan dan menyiarkan langsung pagelaran seni karawitan siswa Sekolah Dasar (SD). Upaya itu dilakukan untuk menumbuhkan jiwa karakter ana-anak dalam pengembangan bakat dan pelestarian seni tradisional di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Dalduk-KB Blora Gelar Seminar Kesehatan Reproduksi 

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk-KB) Kabupaten Blora menyelenggarakan seminar Kesehatan Reproduksi Wanita. Seminar diikuti organisasi wanita dan remaja, berlangsung di Hotel ARRA, Jln Raya Cepu - Randublatung Km 2 Desa Mulyorejo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Kamis (16/02/2017).

Selengkapnya...

Kodim Blora Gelar Penyuluhan Hukum

Guna mewujudkan dan meningkatkan disiplin, profesional serta bermoral bagi personel TNI maupun PNS, Kodim 0721/Blora menggelar penyuluhan hukum di aula Makodim 0721/Blora, Kamis (16/2/2017).

Selengkapnya...

Sekda Blora Mengunjungi Media Center Dinkominfo

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Drs. H. Bondan Sukarno, MM mengunjungi Media Center di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Jumat (3/2). Sekda meminta agar konten data pemerintahan di website pemkab diperbarui.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kuliner Lontong Tahu Jero Pasar Blora Bikin Kangen

Kuliner lontong tahu di dalam pasar induk Blora diminati warga masyarakat. Makanan khas Blora itu tak pernah sepi pengunjung, terlebih ketika hari libur. Meski harus antri menunggu giliran, namun menjadi sisi pembeda dalam wisata kuliner lokal di Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Tokoh Samin Sikep Minta Salam Seger Waras Digunakan Sebagai Ciri Khas Budaya

Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo mengikuti Rembug Budaya di Kantor Dinporabudpar, Rabu (15/2). Mereka menyampaikan salam Seger Waras digunakan dan diucapkan oleh semua warga Blora pada setiap pertemuan sebagai salam persaudaraan ciri khas budaya Blora. Tujuannya untuk membumikan budaya Samin di Blora.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M