Festival Sedulur Sikep Samin di Sambongrejo

Festival Sedulur Sikep digelar Komunitas Samin di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Sejumlah kegiatan diadakan dalam festival yang baru kali pertama diselenggarakan tersebut.

Kegiatan itu diantaranya adalah membatik massal di selembar kain yang panjangnya mencapai 20 meter. Dalam kegiatan membatik tersebut, puluhan ibu-ibu dan remaja putri warga Sedulur Sikep Samin membatik dengan menggunakan alat canting tradisional.

Mereka berjejer saling berhadapan untuk membatik di selembar kain yang sudah dim lukis dengan motif hasil pertanian seperti tomat, blimbing, cabai, padi dan lain sebagainya. Mengenakan pakaian khas Samin, para perempuan itu dengan cekatan menorehkan setetes demi setetes tinta di lembaran kain putih yang terbentang di lorong desa.

Selama ini mereka telah belajar bagaimana cara membantik di kelompok batik di desanya, sehingga mereka pun tidak kesulitan lagi membatik saat digelarnya festival. Alunan musik lesung yang dimainkan sekelompok warga lainnya menjadi penyemangat bagi perempuan Samin untuk menyelesaikan karya batiknya.

”Keterampilan membantik kami kembangkan di desa ini. Tujuannya antara lain untuk mengurangi pengangguran dan menambah penghasilan rumah tangga,” ujar Tokoh Samin Desa Sambongrejo Blora, Pramugi Prawiro Wijoyo, di Sambong, Kamis (15/12).

Festival ini pun mendapat sambutan antusias warga. Tak hanya warga Desa Sambongrejo, warga dari desa lainnya di sekitar Kecamatan Sambong berduyunduyung datang ke lokasi festival di desa yang terletak di pinggiran hutan jati tersebut. Bahkan Bupati Djoko Nugroho secara khusus datang untuk menyaksikan festival tersebut.

”Festival ini sangat menarik. Tahun depan harus diadakan lagi dengan kemasan yang lebih menarik. Pemkab akan memfasilitasinya sehingga menjadi event tahunan yang bisa menarik kedatangan wisatawan,” ucap Bupati Djoko Nugroho.

Selain membatik, festival dimeriahkan pula dengan penampilan sejumlah kesenian. Sejumlah hasil bumi dan produk makanan ringan dari bahan baku hasil pertanian ditampilkan pula di festival yang berlangsung sehari tersebut. (DPPKKI Kab. Blora | ist.)

Area Free Hotspot Super Mario

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora memfasilitasi area hotspot di seputar kawasan Super Mario Kelurahan Kunden Kecamatan Blora.

Selengkapnya...

Pembinaan Persit Kodim Blora 

Pasi Pers Kodim 0721/Blora Kapten Inf Subeno memberikan arahan kepada seluruh anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora dalam acara pertemuan rutin di Aula Makodim setempat, Jl. Pemuda No.44 Blora, Selasa (16/5). 

Selengkapnya...

Pemkab Blora Susun Kerjasama Pengembangan Wisata Kawasan Hutan

Pemkab Blora melalui Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) dengan menggelar rapat pembahasan bersama pimpinan KPH Perhutani yang ada di wilayah Kabupaten Blora. Rapat membahas kerjasama pengelolaan dan pengembangan daya tarik wisata kawasan hutan.

Selengkapnya...

BLORA BELAJAR AKUNTABILITAS PEMERINTAHAN KE BANYUWANGI 

Pemkab Blora melalui Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setda Blora melakukan studi tiru tentang akuntabilitas pemerintahan di Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur. 

Selengkapnya...

Lensa Grasstrack Super Mario

BUAT DOKUMENTASI OLAH RAGA OTOMOTIF

Seorang pegawai Dinkominfo Blora membuat dokumentasi menggunakan kamera video pada lomba olah raga otomotif  Blora Grasstrack Open Championship 2017 Piala Bupati Blora di arena sirkuit Super Mario Kelurahan Kunden Kecamatan Blora, Minggu (14/5).

Selengkapnya...

Ruang Data Center Selesai Direhab, OPD Diimbau Simpan Data Server Agar Aman

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, MSi mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kabupaten setempat agar menyimpan data server di  pusat data center yang berada di ruang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).    

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Gelar Festival Seni Barongan Gaprak

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bersama Komunitas Seni Budaya Blora (KSB) menyelenggarakan gelar seni pertunjukan rakyat (Gesper) Festival Barongan Gaprak di panggung hiburan Blok T Blora, Sabtu (20/5). Kegiatan itu dihelat bertepatan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017.

Selengkapnya...

Dalang Cilik Blora Juara Satu Festival Dalang Nasional 2017

Wishme Salman Abdillah dalang cilik dari Sanggar Seni Cahyo Sumirat Blora meraih penghargaan sebagai dalang cilik terbaik dalam Festival Dalang Cilik Nasional 2017 yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Ia adalah siswa kelas VI SD Islam Baitunnur Blora. 

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan