Kecamatan Randublatung Intensif Kendalikan Hama Wereng

Beberapa wilayah pertanian Kecamatan Kedungtuban dan Kecamatan Kradenan terserang hama wereng. Hal itu membuat petani terancam mengalami kerugian. Serangan hama disinyalir bisa merambah ke daerah sekitar. 

Untuk mengantisipasi agar tidak merambah di wilayah Kecamatan Randublatung, Koramil 09/Randublatung yang dipimpin langsung Danramil Kapten Inf Jumanto bersama Camat Randublatung Hendi Purnomo serta KUPTD Pertanian Randublatung Suranto, melaksanakan kegiatan pengendalian hama wereng dengan penyemprotan insektisida di lahan milik Suhodo Ketua P3A Darma Tirta Desa Kutukan. Gerakan pengendalian itu juga diikuti Kades Kutukan Juwadi,Babinsa dan Poktan P3A Darma Tirta Desa Kutukan. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos diwakili Pasiter Kapten Inf Surana.

Ia mengatakan, jajaran TNI akan berupaya semaksimal mungkin membantu dan mendukung petani dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional. 

“Jika petani menemui berbagai kendala di lapangan terkait tanaman padinya, dapat segera melaporkan kepada Babinsa atau PPL setempat untuk segera ditindaklanjuti langkah pengendalian untuk mengatasi kendala tersebut,” ujarnya di Randublatung, Rabu (11/1). 

Camat Randublatung Hendi Purnomo menyatakan  penyemprotan sawah yang dilakukan saat ini merupakan bagian dari usaha  Koramil 09/Randublatung bersama instansi terkait untuk mensukseskan program ketahanan pangan, karena dengan penyemprotan akan membasmi hama-hama  tanaman padi khususnya wereng yang saat ini meresahkan petani.

“Diharapkan produksi pertanian akan meningkat dan tujuan swasembada pangan di wilayah Kecamatan Randublatung dapat tercapai,” kata Hendi Purnomo, Camat Randublatung. 

Ketua Kelompok Tani Kutukan Suhodo, mengapresiasi peran TNI yang ikut mengawal dan turun ke sawah membantu pengendalian hama wereng. Pihaknya berharap penyemprotan massal bersama PPL dan TNI mampu mencegah serangan berat hama wereng.

“Kami berharap hasil panen nanti akan maksimal, sehingga program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah dapat terwujud,” kata Suhodo.  

Kerjasama yang baik antara petani, PPL dan Babinsa, lanjut Suhodo, diharapkan mampu mamacu semangat petani membudidayakan tanaman padi secara baik. 

“Tentu saja petani berterima kasih atas kepedulian dan semangat prajutit TNI yang ikut membantu memproteksi pertanaman padi dari segala macam serangan hama dan penyakit. Terimakasih juga kepada Bapak Dandim Letkol Inf Susilo atas bantuan alat pertanian, bantuan ini sangat bermanfaat dan berguna bagi para petani,” ujarnya. (Diskominfo Kab. Blora). 

TES KESEMAPTAAN JASMANI POLRES BLORA

Ratusan personil polisi dari kesatuan Polres Blora antusias saat mengikuti Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) di lapangan Stadion Kridosono, Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Pelatihan Bela Negara Sukses Diselenggarakan

Pelatihan dan Pendidikan Bela Negara yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerja sama dengan KODIM 0721 Blora, sukses dilaksanakan. Kegiatan yang diikuti 150 siswa perwakilan SMK se Blora itu ditutup oleh pukul 16.00 WIB, Kamis (23/3) di lapangan Bhayangkara.

Selengkapnya...

Sebanyak 79.432 Ekor Sapi di Kabupaten Blora Jadi Sasaran Upsus Siwab

Kabupaten Blora mendapatkan kuota sebanyak 79.432 ekor sapi wajib bunting pada Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Program tersebut merupakan program nasional yang telah dicanangkan Presiden Jokowi belum lama ini.

Selengkapnya...

Kerangka Manusia Prasejarah Goa Kidang Akan Dibuat Replika

Ketua Tim Pola Okupasi Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta Dra. Indah Asikin Nurani. M.Hum mengatakan kerangka manusia prasejarah di Goa Kidang, Desa Tinapan, Kecamatan Todanan akan dibuat replika setelah berhasil diangkat dan dipreparasi.

Selengkapnya...

Tim Dalprog Kodam IV Diponegoro Berkunjung ke Kodim Blora

Tim Pengawasan dan Pengendalian Program (Dalprog) Kodam IV/Diponegoro yang dipimpin Asrendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Tyas Koesharjadi dan rombongan melakukan kunjungan kerja di wilayah Kodim 0721/Blora.

Selengkapnya...

Dinkominfo Blora Mengikuti Raker Operasional Materiil Sandi

Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Republik Indonesia menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Operasional Materiil Sandi di Hotel Royal Kuningan Jakarta. Raker diikuti 150 peserta yang terdiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten/Kota perwakilan Provinsi se Indonesia.

Selengkapnya...

Harga Hewan Kambing di Pasar Pon Blora Menurun

Harga hewan kambing di Pasar Pon Blora mengalami penurunan sejak tiga bulan lalu. Hal itu menyebabkan transaksi jual beli hewan kambing sepi dan para penjual hewan (blantik) tidak lagi memikirkan keuntungan yang tinggi.

Selengkapnya...

Desa Tanggel Berpotensi Dikembangkan Menjadi Pusat Buah Jeruk 

Direktur Buah dan Florikultura Ditjen Holtikultura Kementerian Pertanian Dr. Ir. Sarwo Edhy MM dan Kepala Subdit Tanaman Jeruk, Perdu dan Pohon Ir. Widodo Heru M.Sc bersama tim meninjau potensi buah jeruk siam di Desa Tanggel Kecamatan Randublatung.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rakor Pengelolaan Cagar Budaya

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Cagar Budaya.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M