PERKUAT KERJASAMA DENGAN KUDUS

Pemerintah Kab. Blora melakukan Penandatangan Kesepakatan Bersama (MOU) dengan Pemerintah Kab. Kudus terkait kerjasama pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Penandatanganan MOU dilakukan oleh Bupati Kudus Mustofa dan Bupati Blora Djoko Nugroho. Acara yang digelar di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Kamis (24/11), juga dirangkaikan dengan pengukuhan Forum UMKM Kab. Blora oleh Bupati Kudus yang juga sebagai Ketua Pembina Forum UMKM Provinsi Jawa Tengah.

Djoko Nugroho dalam sambutannya, mengatakan, UMKM merupakan pilar ekonomi perlu memperluas jaringan dengan daerah lainnya. Adanya MOU dengan Pemkab. Kudus, diharapkan meningkatkan daya saing daerah.

“UMKM Blora bisa saling komunikasi dan kerjasama sehingga mendapatkan sesuatu yang baik,” ujarnya.

Ia meminta kepada pengurus Forum UMKM yang dilantik untuk memperkuat kelembagaan dan menggiatkan promosi ke daerah-daerah.

Mustofa mengatakan, UMKM harus menjalin relasi dengan berbagai stakeholders sehingga jaringan pemasarannya bertambah luas. Forum UMKM ini merupakan wadah pelaku usaha kecil untuk bertukar pengalaman dan informasi, termasuk kebijakan-kebijakan dari pemerintah.

“Forum ini bukan forum liar, secara legalitas sudah tercatat di Kementerian Hukum dan HAM,” jelasnya.

Para pelaku UMKM diminta untuk memanfaatkan kredit yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat maupun Provinsi. Program yang bertujuan mengembangkan usaha kecil ini diharapkan benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pelaku usaha.

“Anggaran yang digelontorkan melalui Perbankan, manfaatkan sebaik-baiknya untuk pengembangan usaha,” harapnya.

Sebagai Bupati, Ia juga terbuka dan siap membantu para pelaku usaha di Kab. Blora yang ingin menjalin kerjasama dengan pelaku usaha di Kab. Kudus. Silahkan datang ke Kudus, kami siap membantu dan terbuka, katanya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kab. Blora, Maskur, menuturkan, jumlah UMKM di Kab. Blora tercatat 7.500,baik disektor industri, perdagangan, pertanian dan usaha yang dikelola para difabel.

Di Kab. Blora, Pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Simitra25 sudah cukup besar. Nasabah yang memanfaatkan KUR di Blora ada 50.996 nasabah.

“Artinya UMKM yang ada di Blora sudah memanfaatkan kredit KUR, baik disektor ritel maupun usaha yang lain,” jelasnya.

Plafon KUR di Jawa Tengah realisasinya baru mencapai 84 persen, jadi masih ada peluang UMKM untuk memanfaatkan KUR. Sedangkan untuk Simitra25 sudah terserap 5,5 milyar dari plafon 10 milyar untuk Kab. Blora, dengan jumlah nasabah sebanyak 327 orang. (DPPKKI)

Dindik Blora Gelar OSN SMP

Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menyelenggarakan penjaringan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP. Kegiatan berlangsung di Hotel Blora Mustika selama empat hari (22-25 Februari 2017).

Selengkapnya...

Diperinnaker Blora Gelar Pra Job Fair 2017

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Diperinnaker) Kabupaten Blora bekerjasama dengan SMK Muhamadiyah 1 Blora menggelar Pra Blora Job Fair selama dua hari, Selasa 21 Februari dan Rabu 22 Februari 2017. Kegiatan diselenggarakan di halaman SMK Muhamadiyah Blora.

Selengkapnya...

Persit Koramil Kedungtuban Tanam Padi

Persatuan Istri Tentara (Persit) Ranting 9 Koramil Kedungtuban Kodim 0721 Blora menanam bibit padi varietas Ciherang di lahan percontohan bersama Kelompok Tani Makaryo 2, Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban. 

Selengkapnya...

Jelang HUT Satpol PP Diintensifkan Kesamaptaan Jasmani dan PBB  

Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Blora diintensifkan latihan kesamaptaan jasmani dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Alun-Alun Blora, Selasa (21/2). Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Sat Pol PP ke-67 tahun 2017.

Selengkapnya...

BKD Blora Selenggarakan Pemantapan Proses Penilaian Prestasi PNS

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blora menyelenggarakan Pemantapan Poses Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora Tahun 2017.

Selengkapnya...

Sekda Blora Mengunjungi Media Center Dinkominfo

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Drs. H. Bondan Sukarno, MM mengunjungi Media Center di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Jumat (3/2). Sekda meminta agar konten data pemerintahan di website pemkab diperbarui.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kuliner Lontong Tahu Jero Pasar Blora Bikin Kangen

Kuliner lontong tahu di dalam pasar induk Blora diminati warga masyarakat. Makanan khas Blora itu tak pernah sepi pengunjung, terlebih ketika hari libur. Meski harus antri menunggu giliran, namun menjadi sisi pembeda dalam wisata kuliner lokal di Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Tokoh Samin Sikep Minta Salam Seger Waras Digunakan Sebagai Ciri Khas Budaya

Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo mengikuti Rembug Budaya di Kantor Dinporabudpar, Rabu (15/2). Mereka menyampaikan salam Seger Waras digunakan dan diucapkan oleh semua warga Blora pada setiap pertemuan sebagai salam persaudaraan ciri khas budaya Blora. Tujuannya untuk membumikan budaya Samin di Blora.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M