LOMBA MEWARNAI MENGAWALI FESTIVAL BARONGAN 3

Lomba mewarnai Barongan tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di pendopo rumah dinas Bupati hari ini, Selasa (22/11), mengawali rangkaian Festival Barongan 3.

Kegiatan lomba mewarnai ini merupakan leading sector dari Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora Bidang Kebudayaan yang bekerjasama dengan Paguyuban Perupa Blora dan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Kab. Blora.

Ketua Paguyuban Perupa Blora, Prayitno, menuturkan, Peserta lomba adalah anak usia dini yang terdiri dari kelompok bermain, TK A dan TK B. “Adapun lomba bersifat tertutup, artinya jumlah peserta dibatasi berdasarkan tipologi seni lukis anak yang terdiri dari, peserta kelompok bermain 75 anak, kelompok TK A 250 peserta, kelompok TK B 250 peserta,” jelasnya.

Lomba dibagi dalam beberapa kelompok, terdiri dari Kelompok Bermain murni mewarnai dengan tingkat kesulitan rendah dengan media standar mewarnai seperti crayon, pensil berwarna, dll. Kelompok TK A murni mewarnai dengan tingkat kesulitan lebih detail, dan kelompok TK B mewarnai dengan tingkat kesulitan pengembangan obyek lukis. Waktu dalam mengerjakan tugas lomba atau berkarya maksimal 120 menit atau 2 jam.

Juara kejuaraan merupakan juara berdasar tipologi peserta lomba yang masing-masing diambil 3 karya terbaik terdiri dari juara 1, 2 dan 3 tipologi visual setiap kelompok dan juara 1, 2, dan 3 tipologi non visual setiap kelompok. “Masing-masing juara yang berjumlah 18 penghargaan memperoleh Piagam, Piala dan Uang Pembinaan,” jelasnya.

Wakil Bunda PAUD Kab. Blora, Ainu Sholihah dalam sambutannya berharap lomba ini bisa meningkatkan kreatifitas anak-anak PAUD. Pemenang lomba nantinya akan diikutkan dalam ajang-ajang lomba seni rupa dilevel yang lebih tinggi.

“Kalau menjadi juara akan mewakili Kab. Blora ditingkat karesidenan Pati,” ujarnya.

Ajang lomba mewarnai, lanjutnya agar terus dikembangkan untuk mengasah kemampuan sekaligus mencari anak-anak yang berbakat dibidang seni rupa.

Bertema All About Blora’s Culture, Festival Barongan 3 digelar selama 6 hari berturut-turut, 22-27 November. Diawali lomba mewarnai tingkat PAUD di pendopo rumah dinas Bupati pukul 09.00 WIB (22/11).

Hari berikutnya, Rabu (23/11), digelar Seminar Budaya di gedung Sasana Bhakti yang menurut rencana digelar pukul 09.00 WIB. Kemudian Pagelaran Wayang Krucil yang juga digelar di gedung Sasana Bhakti pukul 19.00 WIB, Kamis (24/11).

Festival Tayub “Nom-Noman”  di Blok T pukul 19.00 WIB, Jumat (25/11) bintang tamu Tim Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Pagelaran Barongan, Sabtu (26/11) dimulai pukul 19.00 WIB di Blok T, dengan bintang tamu Didik Nini Thowok, Barongan Kab. Kendal, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan Risang Guntur Seto (RGS).

Parade Barongan start alun-alun dengan finish Jl. A. Yani depan SMK Katolik bintang digelar, Sabtu (26/11), pukul 09.00 WIB, dengan bintang tamu Barongan Kab. Jepara, Kab. Boyolali, Barongan Braiii, Ampyak-ampyak Barongan se Kab. Blora.

Parade Seni Budaya di gedung Sasana Bhakti Kab. Blora digelar hari Kamis hingga Sabtu (24-26/11) pukul 09.00 WIB. Pameran kerajinan dan UMKM WIB Blok T, hari Jumat sampai Minggu (25-27/11). Lomba fashion show kebaya di Blok T, Minggu (27/11) pukul 09.00 WIB. (DPPKKI Kab. Blora)

Kodim Blora Gelar Sosialisasi TMMD Sengkuyung II Tahun 2017 

Kodim 0721 Blora menggelar sosialisasi kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2017 di Balai Desa Bedingin, Kecamatan Todanan, Rabu (21/6). Sosialisasi ini dilakukan  sebagai awal kegiatan pelaksanaaan yang direncanakan dibuka tanggal 4 Juli  2017.

Selengkapnya...

Jalan Penghubung Antar Kecamatan Akan Di Cor Beton

Bupati Blora Djoko Nugroho dalam kunjungannya ke Kecamatan Kradenan baru-baru ini mengatakan bahwa Pemkab tahun ini akan mulai melakukan perbaikan dengan sistem cor beton di ruas jalan penghubung Desa Pilang Kecamatan Randublatung menuju Mendenrejo Kecamatan Kradenan.

Selengkapnya...

Pemkab Fasilitasi Mudik Gratis Jakarta - Blora

Pemerintah Kabupaten Blora menyelenggrakan program Mudik Gratis kepada warga masyarakat dari Jakarta menuju kampung halaman di Blora. Sebanyak 108 pemudik dari Jakarta dan sekitarnya difasilitasi dua bus besar oleh Pemkab Blora secara gratis untuk pulang ke kampung halaman.

Selengkapnya...

Kodim Blora dan DPKP Gelar Rapat Koordinasi LTT Pajale

Dalam rangka pencapaian swasembada pangan di wilayah Kabupaten Blora, Kodim 0721/Blora bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi membahas luas tambah tanam (LTT) Padi, Jagung, dan Kedelai (Pajale). 

Selengkapnya...

Polsek Cepu Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Polsek Cepu memanfaatkan momentum bulan Ramadhan 1438 H untuk meningkatkan silaturahmi dan berbagi kepada anak yatim piatu. Acara dihardiri Danramil 05/Cepu Kodim 0721/Blora Kapten Inf Ribut Agiyoko, SH. 

Selengkapnya...

PEMKAB BLORA FASILITASI LAYANAN INTERNET TAK BERBAYAR

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) mengembangkan layanan dan fasilitas internet gratis atau tidak berbayar kepada warga masyarakat. Demikian hal itu disampaikan oleh Kepala Dinkominfo Kab. Blora, Drs. Sugiyono, M,Si.

Selengkapnya...

Pelaku UMKM Blora Ikuti Score Plus Training

Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Blora selama sebulan lebih menerima bimbingan “Score Plus Training” dari Sampoerna dan BEDO Score Bali. Mereka dilatih tentang desain, pemasaran, pameran, pengembangan produk, ekspor dan pengembangan perusahaan. 

Selengkapnya...

Pemeriksaan Mamin di Swalayan   

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) bersama Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan Polisi melakukan razia makanan dan minuman di swalayan yang ada di wilayah Kota Blora. Hal itu dilakukan untuk mencegah beredarnya makanan dan minuman kadaluarsa dan menyalahi standart kesehatan. 

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan