Potensi Bahan Galian di kabupaten Blora

 

Berdasarkan Hasil pengamatan dan pemetaan dilapangan, pada Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah terdapat beberapa potensi bahan galian yang bisa dimanfaatkan, antara lain :

1. Batugamping

2. Batulempung

3. Batupasirkuarsa

4. Bentonit

5. Phosphat

6. Marmer dan Onix

7. Sirtu

8. Gypsum

 

1.1 Batugamping

Batugamping di Kabupaten Blora ini cukup banyak, merata hampir dis etiap wilayah. Model Geologi dan sebarannya sangat dikontrol oleh lingkungan pengendapan. Ketika batuan-batuan tersebut diendapkan, proses tektonik yang mengontrol pengendapan tersebut sehingga menyebabkan batuan tersebut terlipat dan tersesarkan serta mengalami pelapukan yang intens.

Dari Survey di lapangan, didapatkan beberapa wilayah potensi batugamping diseluruh Kabupaten Blora, Lokasi tersebut diantaranya :

1. Kecamatan Blora, yaitu berada di Desa Sendangharjo dan Desa Ngampel.

2. Kecamatan Tunjungan, Yaitu di Desa Nglangitan, Desa Kedungrejo dan Desa Sitirejo.

3. Kecamatan Jepon, yaitu di Desa Waru, Desa Karangasem dan Desa Soko.

4. Kecamatan Bogorejo, yaitu di Desa Nglengkir, Desa Jurangjero, Desa Gandu dan Desa Tempurejo.

5. Kecamatan Todanan, yaitu di Desa Gunungan, Desa Kajengan, Desa Dringo dan Desa Cokrowati.

6. Kecamatan Kradenan, yaitu di Desa Mendenrejo.

 

1. Kecamatan Blora

Singkapan batugamping yang berada di Kecamatan Blora tersebar di beberapa desa diantaranya Desa Sendangharjo dan Desa Ngampel. Pada lokasi kedua desa ini telah dilakukan penambangan oleh penduduk dan masyarakat sekitar secara tradisional menggunakan peralatan sederhana. Secara petrologi batugamping yang diapangan mempunyai ciri fisik berwarna kuning kecoklatan, kompak, keras, banyak mengandung forminifera, cangkang, orbitoid, perlapisan dan berbentuk flaten, sertabanyak mineral kalsit dan banyak mineral karbonat lainnya dengan ketebalan batugamping ± 8 m. Pada desa Sendangharjo, penambangan dilakukan di belakang makam cina, sedangkan di desa Ngampel berada disekitar ladang penduduk.Luas potensi batugamping yang ada diseluruh kecamatan Blora mencapai 1195,4 ha.

 Gambar Kenampakan potensi dan penambangan batugamping di Desa Sendangharjo dan Ngampel.

< Berikutnya ><Beranda>

TES KESEMAPTAAN JASMANI POLRES BLORA

Ratusan personil polisi dari kesatuan Polres Blora antusias saat mengikuti Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) di lapangan Stadion Kridosono, Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Pelatihan Bela Negara Sukses Diselenggarakan

Pelatihan dan Pendidikan Bela Negara yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerja sama dengan KODIM 0721 Blora, sukses dilaksanakan. Kegiatan yang diikuti 150 siswa perwakilan SMK se Blora itu ditutup oleh pukul 16.00 WIB, Kamis (23/3) di lapangan Bhayangkara.

Selengkapnya...

Sebanyak 79.432 Ekor Sapi di Kabupaten Blora Jadi Sasaran Upsus Siwab

Kabupaten Blora mendapatkan kuota sebanyak 79.432 ekor sapi wajib bunting pada Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Program tersebut merupakan program nasional yang telah dicanangkan Presiden Jokowi belum lama ini.

Selengkapnya...

Kerangka Manusia Prasejarah Goa Kidang Akan Dibuat Replika

Ketua Tim Pola Okupasi Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta Dra. Indah Asikin Nurani. M.Hum mengatakan kerangka manusia prasejarah di Goa Kidang, Desa Tinapan, Kecamatan Todanan akan dibuat replika setelah berhasil diangkat dan dipreparasi.

Selengkapnya...

Tim Dalprog Kodam IV Diponegoro Berkunjung ke Kodim Blora

Tim Pengawasan dan Pengendalian Program (Dalprog) Kodam IV/Diponegoro yang dipimpin Asrendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Tyas Koesharjadi dan rombongan melakukan kunjungan kerja di wilayah Kodim 0721/Blora.

Selengkapnya...

Dinkominfo Blora Mengikuti Raker Operasional Materiil Sandi

Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Republik Indonesia menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Operasional Materiil Sandi di Hotel Royal Kuningan Jakarta. Raker diikuti 150 peserta yang terdiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten/Kota perwakilan Provinsi se Indonesia.

Selengkapnya...

Harga Hewan Kambing di Pasar Pon Blora Menurun

Harga hewan kambing di Pasar Pon Blora mengalami penurunan sejak tiga bulan lalu. Hal itu menyebabkan transaksi jual beli hewan kambing sepi dan para penjual hewan (blantik) tidak lagi memikirkan keuntungan yang tinggi.

Selengkapnya...

Desa Tanggel Berpotensi Dikembangkan Menjadi Pusat Buah Jeruk 

Direktur Buah dan Florikultura Ditjen Holtikultura Kementerian Pertanian Dr. Ir. Sarwo Edhy MM dan Kepala Subdit Tanaman Jeruk, Perdu dan Pohon Ir. Widodo Heru M.Sc bersama tim meninjau potensi buah jeruk siam di Desa Tanggel Kecamatan Randublatung.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rakor Pengelolaan Cagar Budaya

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Cagar Budaya.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M