2. Kecamatan Tunjungan

Singkapan batugamping yang berada di Kecamatan Tunjungan tersebar di beberapa desa diantaranya Desa Nglangitan,Desa Kedungrejo, dan Desa Sitirejo. Pada Desa Kedungrejo dan Desa Sitirejo telah dilakukan penambangan oleh penduduk dan masyarakat sekitar secara tradisional menggunakan peralatan sederhana.

Secara petrologi batugamping yang dijumpai dilapangan mempunyai ciri fisik berwarna putih kekuningan, kompak, keras, banyak mengandung forminifera, banyak mineral kalsit dan banyak mineral karbonat lainnya. Ketebalan batugamping dikedua lokasi berkisar ± 15 m dengan luas potensi 581,3 ha. Lokasi ini berada di lereng gunung Lamping yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Rembang.

Gambar Kenampakan potensi dan penambangan batugamping di Desa Nglangitan dan Kedungrejo.

3. Kecamatan Jepon

             Singkapan batugamping yang berada di kecamatan Jepon tersebar di beberapa desa, antara lain Desa Waru, Desa Karangasem dan Desa Soko. Sebagian besar, potensi batugamping yang berada di kecamatan Jepon ini belum dilakukan penambangan, yang dilakukan penambangan baru di Desa Soko saja. Untuk wilayah Desa Waru dan Desa Karangasem, belum dilakukan penambangan.

Secara petrologi batugamping yang dijumpai dilapangan mempunyai ciri fisik berwarna kuning kecoklatan, kompak, keras, banyak mengandung forminifera, pecahan cangkang, mineral kalsit dan mineral karbonat lainnya. Ketebalan potensi batugamping di kecamatan ini berkisar ± 10 - 15 m dengan luas potensi 378,5 ha.

 

 Gambar Kenampakan potensi dan penambangan batugamping di Kecamatan Jepon.

4. Kecamatan Bogorejo

Singkapan batugamping yang berada di Kecamatan Bogorejo tersebar di beberapa desa diantaranya Desa Nglengkir, Desa Jurangjero, Desa Tempurejo dan Desa Gandu. Pada Kecamatan Bogorejo ini yang sudah dilakukan penambangan di Desa Jurangjerooleh penduduk dan masyarakat sekitar secara tradisional menggunakan peralatan sederhana.

Secara petrologi batugamping yang dijumpai dilapangan mempunyai ciri fisik berwarna putih kekuningan, kompak, keras, banyak mengandung forminifera, cangkang, algae dan fosil lainnya, banyak mineral kalsit dan mineral karbonat lainnya. Ketebalan batugamping dari singkapan yang dijumpai berkisar ±10-15 m, sedangkan untuk potensi batugamping pada kecamatan ini luasnya mencapai 973,3 ha.Hasil penambangan dari kecamatan ini digunakan hampir diseluruh masyarakat Blora sebagai bahan pondasi rumah dan sebagai pembangunan pengeras jalan di desa-desa. 

Gambar Kenampakan potensi batugamping di Kecamatan Bogorejo.

<Berikutnya>< Sebelumnya >

Seorang Guru TK Menekuni Aktifitas Tambahan Menjadi Juru Parkir

Waktu senggang setelah mengajar di kelas dimaanfaatkan menjadi juru parkir. Itu dilakukan oleh Munajat, salah seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK) Desa Bacem Kecamatan Jepon.

Selengkapnya...

Kerusakan Jalan di Desa Sumber Segera Diperbaiki

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Samgautama Karnajaya mengemukakan perbaikan jalan Desa Sumber Kecamatan Kradenan menuju Desa Temulus Kecamatan Randublatung (melalui Dukuh Mulyorejo) segera dilaksanakan setelah didiskusikan dengan pihak Pertamina. Sebab, ketika rusak, perbaikan poros jalan kecamatan itu sebagian menjadi tanggung jawab Pertamina.

Selengkapnya...

GIAT PRAJURIT TNI

Babinsa Koramil Tunjungan Latih PBB Siswa SMAN 1 Tunjungan  - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Tunjungan Kodim 0721/Blora Pelda  Riyanto bersama dua rekannya melaksanakan kegiatan pelatihan PBB terhadap Siswa siswi SMA Negeri 1 Tunjungan Blora, yang diikuti sebanyak 45 Siswa kelas VIII  dalam rangka Extra Kurikuler, Sabtu (14/01/2017). 

Selengkapnya...

Pembinanan Warga Seputar Tower Telekomunikasi Dioptimalkan

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Blora akan mengoptimalkan pembinaan dan penyuluhan rutin kepada masyarakat yang berada di seputar tower telekomunikasi. Demikian hal itu di sampaikan oleh Kepala Diskominfo Blora Sugiyono melalui Kepala Seksi (Kasi) Telekomunikasi Nyipto Dewi Sriwijayanti.

Selengkapnya...

Yhoga Aditya Ruswanto Jabat Kepala Rumah Tahanan Blora

Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II B Blora Fajar Nurcahyono resmi diganti Yhoga Aditya Ruswanto. Hal ini ditandai dengan diadakannya serah terima jabatan (sertijab) atau pisah sambut Kepala rutan lama ke pejabat yang baru di aula Rutan Kelas II B Blora, Kamis (12/1).

Selengkapnya...

Polres Blora Sosialisasi PP No 60 Tahun 2016

Polisi Resor (Polres) Blora mensosialisasikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sosialisasi dilaksanakan melalui dialog interaktif di LPPL Radio Gagak Rimang Blora, Senin (16/1).

Selengkapnya...

Blora Potensi Kembangkan Budidaya White Melon

Ketua Koperasi Cahaya Wiratagama Mandiri Kecamatan Ngawen Pujianto mengungkapkan telah berhasil membudidayakan White Melon di enam wilayah Kecamatan di Kabupaten Blora. Buah berwarna putih  dan berukuran besar itu beken disebut Timun Jepang.

Selengkapnya...

Bibit Cabai Siap Tanam Laris Terjual

Meroketnya harga cabai akhir-akhir ini mendorong warga masyarakat berburu bibit cabai siap tanam. Hal itu dikatakan oleh salah seorang penjual bibit di Pasar Pon Blora.

Selengkapnya...

PENELUSURAN CAGAR BUDAYA PECINAN BLORA DAN SEKITARNYA

SEKILAS TENTANG PECINAN DI INDONESIA

Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki Kawasan Pecinan yang memiliki fungsi sebagai kawasan sentra perdagangan dan permukiman bagi etnis Cina. Tipikal kota-kota Jawa pada masa kolonial ditinjau dari tata ruang dan bangunannya terdiri atas alun-alun, masjid, kantor pemerintahan, penjara, dan kampung Cina.

Selengkapnya...

Festival Sedulur Sikep Samin di Sambongrejo

Festival Sedulur Sikep digelar Komunitas Samin di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Sejumlah kegiatan diadakan dalam festival yang baru kali pertama diselenggarakan tersebut.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M