Potensi Bahan Galian di kabupaten Blora

 

Berdasarkan Hasil pengamatan dan pemetaan dilapangan, pada Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah terdapat beberapa potensi bahan galian yang bisa dimanfaatkan, antara lain :

1. Batugamping

2. Batulempung

3. Batupasirkuarsa

4. Bentonit

5. Phosphat

6. Marmer dan Onix

7. Sirtu

8. Gypsum

 

1.1 Batugamping

Batugamping di Kabupaten Blora ini cukup banyak, merata hampir dis etiap wilayah. Model Geologi dan sebarannya sangat dikontrol oleh lingkungan pengendapan. Ketika batuan-batuan tersebut diendapkan, proses tektonik yang mengontrol pengendapan tersebut sehingga menyebabkan batuan tersebut terlipat dan tersesarkan serta mengalami pelapukan yang intens.

Dari Survey di lapangan, didapatkan beberapa wilayah potensi batugamping diseluruh Kabupaten Blora, Lokasi tersebut diantaranya :

1. Kecamatan Blora, yaitu berada di Desa Sendangharjo dan Desa Ngampel.

2. Kecamatan Tunjungan, Yaitu di Desa Nglangitan, Desa Kedungrejo dan Desa Sitirejo.

3. Kecamatan Jepon, yaitu di Desa Waru, Desa Karangasem dan Desa Soko.

4. Kecamatan Bogorejo, yaitu di Desa Nglengkir, Desa Jurangjero, Desa Gandu dan Desa Tempurejo.

5. Kecamatan Todanan, yaitu di Desa Gunungan, Desa Kajengan, Desa Dringo dan Desa Cokrowati.

6. Kecamatan Kradenan, yaitu di Desa Mendenrejo.

 

1. Kecamatan Blora

Singkapan batugamping yang berada di Kecamatan Blora tersebar di beberapa desa diantaranya Desa Sendangharjo dan Desa Ngampel. Pada lokasi kedua desa ini telah dilakukan penambangan oleh penduduk dan masyarakat sekitar secara tradisional menggunakan peralatan sederhana. Secara petrologi batugamping yang diapangan mempunyai ciri fisik berwarna kuning kecoklatan, kompak, keras, banyak mengandung forminifera, cangkang, orbitoid, perlapisan dan berbentuk flaten, sertabanyak mineral kalsit dan banyak mineral karbonat lainnya dengan ketebalan batugamping ± 8 m. Pada desa Sendangharjo, penambangan dilakukan di belakang makam cina, sedangkan di desa Ngampel berada disekitar ladang penduduk.Luas potensi batugamping yang ada diseluruh kecamatan Blora mencapai 1195,4 ha.

 Gambar Kenampakan potensi dan penambangan batugamping di Desa Sendangharjo dan Ngampel.

< Berikutnya ><Beranda>

Dindik Blora Gelar OSN SMP

Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menyelenggarakan penjaringan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP. Kegiatan berlangsung di Hotel Blora Mustika selama empat hari (22-25 Februari 2017).

Selengkapnya...

Diperinnaker Blora Gelar Pra Job Fair 2017

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Diperinnaker) Kabupaten Blora bekerjasama dengan SMK Muhamadiyah 1 Blora menggelar Pra Blora Job Fair selama dua hari, Selasa 21 Februari dan Rabu 22 Februari 2017. Kegiatan diselenggarakan di halaman SMK Muhamadiyah Blora.

Selengkapnya...

Persit Koramil Kedungtuban Tanam Padi

Persatuan Istri Tentara (Persit) Ranting 9 Koramil Kedungtuban Kodim 0721 Blora menanam bibit padi varietas Ciherang di lahan percontohan bersama Kelompok Tani Makaryo 2, Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban. 

Selengkapnya...

Jelang HUT Satpol PP Diintensifkan Kesamaptaan Jasmani dan PBB  

Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Blora diintensifkan latihan kesamaptaan jasmani dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Alun-Alun Blora, Selasa (21/2). Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Sat Pol PP ke-67 tahun 2017.

Selengkapnya...

BKD Blora Selenggarakan Pemantapan Proses Penilaian Prestasi PNS

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blora menyelenggarakan Pemantapan Poses Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora Tahun 2017.

Selengkapnya...

Sekda Blora Mengunjungi Media Center Dinkominfo

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Drs. H. Bondan Sukarno, MM mengunjungi Media Center di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Jumat (3/2). Sekda meminta agar konten data pemerintahan di website pemkab diperbarui.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kuliner Lontong Tahu Jero Pasar Blora Bikin Kangen

Kuliner lontong tahu di dalam pasar induk Blora diminati warga masyarakat. Makanan khas Blora itu tak pernah sepi pengunjung, terlebih ketika hari libur. Meski harus antri menunggu giliran, namun menjadi sisi pembeda dalam wisata kuliner lokal di Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Tokoh Samin Sikep Minta Salam Seger Waras Digunakan Sebagai Ciri Khas Budaya

Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo mengikuti Rembug Budaya di Kantor Dinporabudpar, Rabu (15/2). Mereka menyampaikan salam Seger Waras digunakan dan diucapkan oleh semua warga Blora pada setiap pertemuan sebagai salam persaudaraan ciri khas budaya Blora. Tujuannya untuk membumikan budaya Samin di Blora.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M