Kirab Pusaka Kabupaten Blora Berlangsung Khidmat

Bupati Blora Djoko Nugroho dan Wakil Bupati Blora Arif Rohman mengikuti Kirab Pusaka Kabupaten pukul 24.00 WIB, Kamis (8/12/2016). Kirab Pusaka itu dilaksanakan rutin setiap tahun dalam menyambut peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora, 11 Desember.

Selama perjalanan, Bupati dan Wakil Bupati beserta paraga dan pangombyong kirab terlihat khidmat melakukan prosesi ritual itu.

Tidak ada pembicaraan selama perjalanan menempuh rute yang telah disepakati.  

Peserta memanjatkan doa Kepada Tuhan agar Kabupaten Blora diberikan keselamatan dan dijauhkan dari bencana untuk mewujudkan Blora yang sejahtera dan bermartabat.

Sebelum di kirab, pusaka Kabupaten, Keris Kyai Bismo, payung songsong agung kadipaten, tombak, serta keris lainnya telah dijamas terlebih dulu.

Kirab Pusaka diawali doa bersama di pendopo rumah dinas Bupati Blora. Kemudian penyerahan pusaka oleh Bupati kepada petugas pembawa.

Mewarnai Kirab Pusaka juga digelar pertunjukan wayang kulit dengan penampilan kolaborasi beberapa dalang anggota Pepadi Blora, di antaranya Dalang Mulyono, Sutarno dan Hartanto. Selain itu ada 15 pesinden yang menyemarakkan.

“Karena ada kirab pusaka, pertunjukan wayang dihentikan sementara, nanti setelah kirab pusaka selesai, dilanjutkan lagi. Memang, dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Blora ke 267, saya ingin menampilkan seni budaya dan karifan lokal Blora,” kata Bupati Djoko Nugroho di sela-sela acara limbukan.  

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora Slamet Pamuji menjelaskan urutan peserta kirab pusaka yakni Paraga Kirab terdiri mobil Forariders Satlantas Polres Blora, Pembawa Obor (Camat Blora Kunto Aji), Cucuk lampah (Asisten I Setda Blora, Riyanto,S.Sos), Pusaka Kyai Bisma (Edi Harsono dari Paguyuban Tisan Aji Toya Padasan), Pusaka/piandel Blora lainnya (Paraga), Obor Tengah dan Obor Belakang (oleh petugas).

Kemudian Pangombyong Kirab Pusaka terdiri Anggota Permadani, Anggota Pepadi, Kadang Himpunan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa (HPK) Blora, Warga Masyarakat Sedulur Sikep dan para pejabat/pimpinan SKPD khusus laki-laki.

Rute Kirab Pusaka, Start dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, ke kanan Jalan RA. Kartini -Jalan Dr. Sutomo - Jalan Gunung Sumbing - Jalan Pemuda – Jalan Arumdalu – Jalan Kolonel Sunandar – Jalan Nusantara – Jalan KH. Ahmad Dahlan – Jalan Abu Umar – Pendopo Kabupaten Blora melewati pintu depan.

Usai di kirab, pusaka kabupaten itu diserahkan kembali oleh petugas kepada Bupati, selanjutnya di simpan. (DPPKKI Kab. Blora). 

Persit Koramil Kedungtuban Tanam Padi

Persatuan Istri Tentara (Persit) Ranting 9 Koramil Kedungtuban Kodim 0721 Blora menanam bibit padi varietas Ciherang di lahan percontohan bersama Kelompok Tani Makaryo 2, Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban. 

Selengkapnya...

Jelang HUT Satpol PP Diintensifkan Kesamaptaan Jasmani dan PBB  

Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Blora diintensifkan latihan kesamaptaan jasmani dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Alun-Alun Blora, Selasa (21/2). Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Sat Pol PP ke-67 tahun 2017.

Selengkapnya...

BKD Blora Selenggarakan Pemantapan Proses Penilaian Prestasi PNS

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blora menyelenggarakan Pemantapan Poses Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora Tahun 2017.

Selengkapnya...

Infrastruktur Publik Kecamatan Cepu Diperbaiki

Camat Cepu Joko Sulistiyono mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora memberi perhatian khusus di wilayah kerjanya. Pemkab mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20,25 miliar untuk menata dan mempercantik Cepu tahun 2017.

Selengkapnya...

Pengurus KONI Blora Bagi Pendampingan Cabor

Ketua Komite Olahraga Nasioal Indonesia (KONI) Kabupaten Blora Hery Sutiyono menyatakan telah membagi pengurus untuk melakukan pendampingan di seluruh cabang olahraga. Satu orang pengurus KONI bertugas melakukan pendampingan di dua cabang olahraga (cabor). Tugas pendampingan ini merupakan program baru yang dilaksanakan KONI Blora.

Selengkapnya...

Sekda Blora Mengunjungi Media Center Dinkominfo

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Drs. H. Bondan Sukarno, MM mengunjungi Media Center di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Jumat (3/2). Sekda meminta agar konten data pemerintahan di website pemkab diperbarui.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kuliner Lontong Tahu Jero Pasar Blora Bikin Kangen

Kuliner lontong tahu di dalam pasar induk Blora diminati warga masyarakat. Makanan khas Blora itu tak pernah sepi pengunjung, terlebih ketika hari libur. Meski harus antri menunggu giliran, namun menjadi sisi pembeda dalam wisata kuliner lokal di Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Tokoh Samin Sikep Minta Salam Seger Waras Digunakan Sebagai Ciri Khas Budaya

Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo mengikuti Rembug Budaya di Kantor Dinporabudpar, Rabu (15/2). Mereka menyampaikan salam Seger Waras digunakan dan diucapkan oleh semua warga Blora pada setiap pertemuan sebagai salam persaudaraan ciri khas budaya Blora. Tujuannya untuk membumikan budaya Samin di Blora.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M