Pelaku UMKM Blora Ikuti Score Plus Training

Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Blora selama sebulan lebih menerima bimbingan “Score Plus Training” dari Sampoerna dan BEDO Score Bali. Mereka dilatih tentang desain, pemasaran, pameran, pengembangan produk, ekspor dan pengembangan perusahaan. 

Program pelatihan yang diselenggarakan atas kerjasama Dekranasda Blora dengan PKK ini dilaksanakan secara gratis di ruang pertemuan Bappeda Jl.GOR Mustika no.10 Blora sejak April lalu. Dimana awalnya ada 102 pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini. Namun seiring dengan adanya pelaksanaan workshop bertahap sebanyak tiga kali, kini hanya tinggal 50 pelaku UMKM. 

Kelimapuluh pelaku UMKM tersebut, Rabu (7/6) kemarin mendapatkan pengarahan dari Wakil Bupati H.Arief Rohman di sela pelaksanaan training BEDO Score di Bappeda. Dengan didampingi Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Ir. Maskur MM, Kepala Cabang Bank Jateng Blora Agus Sri Subiyakto, dan Kabag Perekonomian Setda Blora Rudatiningsih, Wabup memberikan arahan tentang peningkatan kualitas produk UMKM. 

“Pelaku UMKM merupakan salah satu tulang punggung utama perekonomian di Kabupaten Blora. Produk yang dihasilkan sebisa mungkin harus mampu bersaing dengan manajemen dan pengemasan yang lebih baik. Terimakasih BEDO dan Sampoerna yang telah bersedia memberikan pelatihan kepada UMKM Blora,” ucap Arief Rohman. 

Kedepan, ia ingin mendorong produk-produk UMKM Blora bisa pasarkan di swalayan dan supermarket sehingga bisa mendapatkan nilai jual yang baik. 

“Di Kabupaten Pati, jajanan produk UMKM bisa masuk Indomaret dan Alfamart. Ada satu tempat khusus yang disediakan untuk memajang produk UMKM khas Pati. Nah ini kedepan harus bisa ditiru Blora. Namun catatannya, para pelaku UMKM harus siap melakukan pengemasan yang lebih menarik, higienis dan terdaftar izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) nya,” lanjut Arief Rohman. 

Sementara untuk bantuan modal, ia mengajak Bank Jateng Cabang Blora untuk memberikan kredit bunga ringan terendah se Indonesia yakni program Mitra 25 yang beberapa waktu lalu dilaunching Gubernur Ganjar Pranowo. Pelaku UMKM bisa meminjam modal hingga 25 juta dengan bunga hanya 7 persen. Pinjaman ini tanpa agunan dan bisa diurus dengan mudah ke Bank Jateng terdekat. 

Terpisah, Rudatiningsih yang juga pengurus Dekranasda menjelaskan bahwa dari 50 orang pelaku UMKM ini nantinya akan diseleksi lagi menjadi 20 orang. “Dua puluh orang itulah nanti yang akan memperoleh bimbingan dan pendampingan dari Sampoerna dan BEDO untuk pengembangan usahanya,” ujarnya. 

Ada berbagai pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini, seperti perajin batik, perajin keramik, makanan ringan, kerajinan dari kayu jati, bingkai foto, sablon dan lainnya. (Dinkominfo Kab.Blora).

DATA CALON KEPALA DESA DALAM PILKADES SERENTAK DI KABUPATEN BLORA TAHUN 2017

1.  Desa Buluroto, Kecamatan Banjarejo :

      Jumlah Calon    :  2.

      Nomor Urut  1  :   SRI MULYANI HANDAYANI.                   (Tanda Gambar : Foto)

      Nomor Urut  2   :   MARGONO.                                       (Tanda Gambar : Foto).

Selengkapnya...

Dinkes dan Kodim Blora Selenggarakan Khitanan Massal Gratis

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora bekerjasama dengan KODIM Blora dan  Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora menyelenggarakan kegiatan khitanan massal gratis yang dilaksanakan di aula aula Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora, Sabtu (15/7).

Selengkapnya...

Dinkominfo Sosialisasi Ketentuan Bidang Cukai Tembakau Melalui Media Wayang Kulit

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora menyelenggarakan sosialisasi ketentuan bidang cukai tembakau (DBHCT) melalui pagelaran wayang kulit di desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan, Jumat (14/7). Dalam sosialisasi tersebut menampilkan dua orang dalang dari wilayah setempat, yakni Ki Sutarno,S.Pd dan Ki Sukandar (Kades Mendenrejo). Lakon yang ditampilkan Kresno Gugah.

Selengkapnya...

Kapolres dan Dandim Blora Jalin Silaturahmi Untuk Sinergitas

Setelah dilantik secara resmi menjadi Kapolres Blora menggantikan pejabat lama AKBP Surisman, S.I.K, M.H. Kapolres AKBP Saptono, S.I.K, M.H mengagendakan sejumlah kunjungan, baik di internal Polres maupun dengan instansi lain di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

EVENT BERSAMA PROMO PARIWISATA PAKUDJEMBARA 2017

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pemuda Olah Raga Pariwisata dan Kebudayaan (Dinporabudpar) menyelenggarakan event bersama dengan Kabupaten Pati, Kudus, Demak, Jepara dan Rembang (Pakudjembara).

Selengkapnya...

Peresmian Kantor Samsat Randublatung

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H bersama Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. Bondan Sukarno, MM meresmikan Kantor Pelayanan Samsat di Kantor Samsat baru Kecamatan Randublatung, Rabu (19/7). Peresmian dinilai sangat penting agar perpanjangan pajak kendaraan tidak harus ke Kabupaten Blora atau ke Kecamatan Cepu.

Selengkapnya...

Pameran Produk UMKM Ajang Promo Pariwisata Pakundjembara  

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji mengemukakan produk UMKM  yang dipamerkan dalam event bersama Kabupaten Blora, Kudus, Demak, Jepara, Pati dan rembang (Pakudjembara) diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat. Baik wisata alam, kuliner, oleh-oleh dan souvenirnya.

Selengkapnya...

Pelaku UMKM Blora Ikuti Score Plus Training

Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Blora selama sebulan lebih menerima bimbingan “Score Plus Training” dari Sampoerna dan BEDO Score Bali. Mereka dilatih tentang desain, pemasaran, pameran, pengembangan produk, ekspor dan pengembangan perusahaan. 

Selengkapnya...

LOMBA BARONGAN ANAK SEMARAKKAN EVENT PAKUDJEMBARA

Antusiasme warga tampak dalam pagelaran lomba Festival Barong Anak Kabupaten Blora 2017 di komplek Alun-Alun Blora yang dimulai pagi tadi, Sabtu (15/7). Sebanyak 10 peserta memeriahkan festival tersebut, yaitu SDN 2 Tamanrejo, SDN 4 Menden, SDN 2 Tempel, SDN 2 Jiken, SDN Kedung Jenar, SDN 2 Ngawen, SDN 1 Tutup, SDN 1 Banjarejo, SDN Tempelan dan SDN 1 Sambong.

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan