Festival Sedulur Sikep Samin di Sambongrejo

Festival Sedulur Sikep digelar Komunitas Samin di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Sejumlah kegiatan diadakan dalam festival yang baru kali pertama diselenggarakan tersebut.

Kegiatan itu diantaranya adalah membatik massal di selembar kain yang panjangnya mencapai 20 meter. Dalam kegiatan membatik tersebut, puluhan ibu-ibu dan remaja putri warga Sedulur Sikep Samin membatik dengan menggunakan alat canting tradisional.

Mereka berjejer saling berhadapan untuk membatik di selembar kain yang sudah dim lukis dengan motif hasil pertanian seperti tomat, blimbing, cabai, padi dan lain sebagainya. Mengenakan pakaian khas Samin, para perempuan itu dengan cekatan menorehkan setetes demi setetes tinta di lembaran kain putih yang terbentang di lorong desa.

Selama ini mereka telah belajar bagaimana cara membantik di kelompok batik di desanya, sehingga mereka pun tidak kesulitan lagi membatik saat digelarnya festival. Alunan musik lesung yang dimainkan sekelompok warga lainnya menjadi penyemangat bagi perempuan Samin untuk menyelesaikan karya batiknya.

”Keterampilan membantik kami kembangkan di desa ini. Tujuannya antara lain untuk mengurangi pengangguran dan menambah penghasilan rumah tangga,” ujar Tokoh Samin Desa Sambongrejo Blora, Pramugi Prawiro Wijoyo, di Sambong, Kamis (15/12).

Festival ini pun mendapat sambutan antusias warga. Tak hanya warga Desa Sambongrejo, warga dari desa lainnya di sekitar Kecamatan Sambong berduyunduyung datang ke lokasi festival di desa yang terletak di pinggiran hutan jati tersebut. Bahkan Bupati Djoko Nugroho secara khusus datang untuk menyaksikan festival tersebut.

”Festival ini sangat menarik. Tahun depan harus diadakan lagi dengan kemasan yang lebih menarik. Pemkab akan memfasilitasinya sehingga menjadi event tahunan yang bisa menarik kedatangan wisatawan,” ucap Bupati Djoko Nugroho.

Selain membatik, festival dimeriahkan pula dengan penampilan sejumlah kesenian. Sejumlah hasil bumi dan produk makanan ringan dari bahan baku hasil pertanian ditampilkan pula di festival yang berlangsung sehari tersebut. (DPPKKI Kab. Blora | ist.)

Persit Koramil Kedungtuban Tanam Padi

Persatuan Istri Tentara (Persit) Ranting 9 Koramil Kedungtuban Kodim 0721 Blora menanam bibit padi varietas Ciherang di lahan percontohan bersama Kelompok Tani Makaryo 2, Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban. 

Selengkapnya...

Jelang HUT Satpol PP Diintensifkan Kesamaptaan Jasmani dan PBB  

Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Blora diintensifkan latihan kesamaptaan jasmani dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Alun-Alun Blora, Selasa (21/2). Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Sat Pol PP ke-67 tahun 2017.

Selengkapnya...

BKD Blora Selenggarakan Pemantapan Proses Penilaian Prestasi PNS

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blora menyelenggarakan Pemantapan Poses Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora Tahun 2017.

Selengkapnya...

Infrastruktur Publik Kecamatan Cepu Diperbaiki

Camat Cepu Joko Sulistiyono mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora memberi perhatian khusus di wilayah kerjanya. Pemkab mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20,25 miliar untuk menata dan mempercantik Cepu tahun 2017.

Selengkapnya...

Pengurus KONI Blora Bagi Pendampingan Cabor

Ketua Komite Olahraga Nasioal Indonesia (KONI) Kabupaten Blora Hery Sutiyono menyatakan telah membagi pengurus untuk melakukan pendampingan di seluruh cabang olahraga. Satu orang pengurus KONI bertugas melakukan pendampingan di dua cabang olahraga (cabor). Tugas pendampingan ini merupakan program baru yang dilaksanakan KONI Blora.

Selengkapnya...

Sekda Blora Mengunjungi Media Center Dinkominfo

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Drs. H. Bondan Sukarno, MM mengunjungi Media Center di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Jumat (3/2). Sekda meminta agar konten data pemerintahan di website pemkab diperbarui.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kuliner Lontong Tahu Jero Pasar Blora Bikin Kangen

Kuliner lontong tahu di dalam pasar induk Blora diminati warga masyarakat. Makanan khas Blora itu tak pernah sepi pengunjung, terlebih ketika hari libur. Meski harus antri menunggu giliran, namun menjadi sisi pembeda dalam wisata kuliner lokal di Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Tokoh Samin Sikep Minta Salam Seger Waras Digunakan Sebagai Ciri Khas Budaya

Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo mengikuti Rembug Budaya di Kantor Dinporabudpar, Rabu (15/2). Mereka menyampaikan salam Seger Waras digunakan dan diucapkan oleh semua warga Blora pada setiap pertemuan sebagai salam persaudaraan ciri khas budaya Blora. Tujuannya untuk membumikan budaya Samin di Blora.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M