GILING PERDANA PG. GMM BULOG BLORA TAHUN 2017 DIMULAI 

Bertepatan dengan Hari Buruh Internasional (1/5), Pabrik Gula Gendhis Multi Manis (GMM) Bulog yang berada di Desa Tinapan Kecamatan Todanan mulai melaksanakan giling tebu perdana tahun 2017. 

Bertempat di kawasan pabrik yang ada di Desa Tinapan Kecamatan Todanan, upacara giling perdana diwarnai dengan parade budaya dan kirab giling tebu oleh para petani dan karyawan pabrik. 

Hadir dalam acara tersebut Dirut Bulog RI Djarot Kusumayakti, Dirut PG.GMM-Bulog Rahmad Pambudi, Direktur Operasional Saldi Aldryn, Ketua DPD Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Jateng Sukadi Wibisono, Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si, Wakapolres Kompol Indriyanto Dian Purnomo, jajaran Komisaris, Forkopimda dan Forkopimcam. 

Dirut PG.GMM-Bulog Rahmad Pambudi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya untuk mengelola pabrik yang dahulu hampir bangkrut dan diakuisisi Bulog. 

“Sudah enam bulan saya disini dan alhamdulillah sekarang kita mulai giling lagi. Semoga bisa menyerap tebu-tebu terbaik dari para petani karena kita tidak mendapatkan raw sugar,” ucapnya. 

Ia berharap dukungan semua pihak agar proses giling tebu ini bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar. Menurutnya musim giling 2017 ini akan berlangsung selama 155 hari atau 5 bulan dengan target 600.000 ton tebu terserap. 

Ketua DPD APTRI Jateng, Sukadi Wibisono mengapresiasi upaya pabrik GMM-Bulog yang dengan berani melakukan gebrakan kepada petani untuk tebang bersih angkut. Dimana saat menyetorkan tebu sudah dalam keadaan bersih sehingga bisa langsung giling. 

“Saya berharap dan yakin Pabrik GMM-Bulog ini bisa memproduksi gula terbaik dan menjadi barometer pabrik gula di Indonesia. Saya sebagai wakil teman-teman petani tebu ingin semua tebu bisa terserap dengan harga yang bagus, tentunya tebunya juga harus yang bagus. Kalau bisa rendemennya sepuluh,” ujar Sukadi disambut tepuk tangan hadirin. 

Sementara itu, Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si berharap keberadaaan pabrik gula di Todanan itu bisa kembali bangkit dan turut menyukseskan program swasembada gula nasional yang dicanangkan Presiden Jokowi. 

Agar diperoleh tebu yang memiliki kualitas baik, maka menurut Arief Rohman harus disediakan bibit yang baik pula. Pihaknya mengapresiasi upaya PG GMM-Bulog yang akan menyediakan pusat pembibitan tebu untuk petani seluas 400 hektar. 

“Saya dapat informasi, PG GMM-Bulog akan menyediakan pusat pembibitan tebu terbaik untuk petani. Ini sangat bagus dan harus didukung. Dengan bibit yang baik nantinya kualitas butir gula yang dihasilkan pasti akan baik juga,” kata Arief Rohman. 

Di hadapan Dirut Bulog dan jajarannya, Wabup yang juga mantan anggota DPRD Jateng ini meminta agar kredit modal untuk petani tebu bisa dikucurkan kembali. Selain itu mengenai pupuk juga harus diatur lebih baik lagi agar petani tidak kesulitan dalam memperoleh pupuk. 

Terpisah, Direktur Operasional Saldi Aldryn mengatakan bahwa selama 155 hari tersebut, setiap harinya ditarget menggiling tebu sebanyak 4000 ton sehingga total mencapai 600.000 ton selama 5 bulan. 

“600.000 ton tebu itu nanti akan diolah menjadi gula dengan kualitas MBS (Manis Bersih Segar) sebanyak 45.000 ton. Mohon doanya semoga bisa berjalan lancar,” terangnya. 

Acara diakhiri dengan pemencetan tombol sirine secara bersama-sama sebagai tanda dimulainya giling tebu perdana. Tampak dua buah truk besar siap memasukkan tebu yang diangkutnya ke dalam mesin penggilingan. Sementara itu puluhan truk tebu lainnya menunggu giliran di kawasan parkir pabrik. (Dinkominfo Kab Blora | Tim)

 

Blora Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Kabupaten Blora meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA). Penghargaan diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana S Yembise, di sela-sela peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 yang dipusatkan di Pekanbaru, Riau, Sabtu-Minggu (22-23/7).

Selengkapnya...

Antisipasi dan Cegah Dini Radikalisme

Sebanyak 150 orang terdiri para UPTD, Kepala TK, Himpaudi Se Kecamatan Kota Blora, mengikuti penyuluhan dan sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), nara sumber Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos diwakili Pasiter Kapten Inf Surana, tempat di ruang pertemuan Sekda Kabupaten Blora, Senin (24/07/2017).

Selengkapnya...

Dinkes Blora Gelar Rakor Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kesehatan menggelar rapat koordinasi (rakor) pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Blora. Rakor dipimpin Sekretaris Dinkes Blora Slamet Sucahyo,SH mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dr. Henny Indriyanti M.Kes, di aula kantor setempat, Kamis (20/7).

Selengkapnya...

DATA CALON KEPALA DESA DALAM PILKADES SERENTAK DI KABUPATEN BLORA TAHUN 2017

1.  Desa Buluroto, Kecamatan Banjarejo :

      Jumlah Calon    :  2.

      Nomor Urut  1  :   SRI MULYANI HANDAYANI.                   (Tanda Gambar : Foto)

      Nomor Urut  2   :   MARGONO.                                       (Tanda Gambar : Foto).

Selengkapnya...

Dinkes dan Kodim Blora Selenggarakan Khitanan Massal Gratis

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora bekerjasama dengan KODIM Blora dan  Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora menyelenggarakan kegiatan khitanan massal gratis yang dilaksanakan di aula aula Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora, Sabtu (15/7).

Selengkapnya...

Peresmian Kantor Samsat Randublatung

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H bersama Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. Bondan Sukarno, MM meresmikan Kantor Pelayanan Samsat di Kantor Samsat baru Kecamatan Randublatung, Rabu (19/7). Peresmian dinilai sangat penting agar perpanjangan pajak kendaraan tidak harus ke Kabupaten Blora atau ke Kecamatan Cepu.

Selengkapnya...

Manfaatkan Limbah Kayu Jati Untuk Kerajinan

Limbah kayu jati dimanfaatkan membuat kerajinan miniatur kapal oleh Heri (41), salah seorang perajin asal Kelurahan Kauman RT 05 / RW 02 Kecamatan Blora. Dari usaha kerajinan yang digelutinya memunculkan produk miniatur kapal pinisi Heri Craft.

Selengkapnya...

Pameran Produk UMKM Ajang Promo Pariwisata Pakundjembara  

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji mengemukakan produk UMKM  yang dipamerkan dalam event bersama Kabupaten Blora, Kudus, Demak, Jepara, Pati dan rembang (Pakudjembara) diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat. Baik wisata alam, kuliner, oleh-oleh dan souvenirnya.

Selengkapnya...

LOMBA BARONGAN ANAK SEMARAKKAN EVENT PAKUDJEMBARA

Antusiasme warga tampak dalam pagelaran lomba Festival Barong Anak Kabupaten Blora 2017 di komplek Alun-Alun Blora yang dimulai pagi tadi, Sabtu (15/7). Sebanyak 10 peserta memeriahkan festival tersebut, yaitu SDN 2 Tamanrejo, SDN 4 Menden, SDN 2 Tempel, SDN 2 Jiken, SDN Kedung Jenar, SDN 2 Ngawen, SDN 1 Tutup, SDN 1 Banjarejo, SDN Tempelan dan SDN 1 Sambong.

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan