Perlu Perpustakaan Desa Untuk Menekan Rendahnya Minat Baca Masyarakat

Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, MSi mengemukakan minat baca masyarakat  di wilayah desa dan kelurahan di kabutapen Blora masih relatif rendah sehingga perlu didukung adanya perpustakaan di sekitar lingkungan setempat. Demikian hal itu disampaikan pada acara sosialisasi Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2017 tentang Perpustakaan bagi kepala desa yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora, Selasa (3/5).

“Minat baca dan kebiasaan membaca di Blora masih relatif rendah. Hal itu karena kurangnya sarana perpustakaan yang terjangkau bagi warga desa. Oleh karena itu perlu didukung adanya perpustakaan dengan buku-buku, pengelolaan yang baik sehingga menarik perhatian warga masyarakat. Untuk penambahan buku bisa dicarikan terbosan dari CSR,” kata Wakil Bupati Blora  H. Arief Rohman dalam sambutan mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho.

Pentingnya perpustakan desa, menurut Wakil Bupati, karena Tujuan Negara Indonesia dalam pembukaan UUD 1945 yaitu Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Kemudian didukung UU Perpustakaan No 43 Tahun 2007, UU Desa No 6 Tahun 2014 tentang Perpustakaan Desa Kewenangan Lokal Desa, Inpres No 15/1974 tentang Perencanaan, Pengaturan, Pengendalian dan Pengembangan Minat Baca.

“Visi dan misi Kabupaten Blora, yakni mewujudkan masyarakat Blora lebih sejahtera dan bermartabat. Salah satunya dengan adanya perpustakaan di tingkat desa,” jelasnya.

Masih menurut Wabup, program dan stimulasi pemerintah untuk meningkatlkan minat dan budaya baca belum meningkatkan kualitas budaya masayarakat dalam kegemaran, membaca, menulis dan memanfaatkan perpustakaan.

Guna mewujudkan visi misi Pemkab Blora dan mendukung pelaksanaan pembangunan desa, kepada kepala desa diimbau untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan UU Desa No 6 Tahun 2014 pasal 19 ayat b, tentang pelaksanaan kewenangan lokal berskala desa (kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan desa, diantaranya perpustakaan desa).

Besama-sama mendukung pelaksanaan UU Perpustakaan No. 43 tahun 2007 Pasal 15 dan 16, tentang Pembentukan dan Penyelenggaraan Perpustakaan Desa.

Kemudian, bersama-sama mewujudkan Perpustakaan Desa sebagaimana Kepmendagri No 3/2001 (pasal 1 ayat 2) sebagai wadah penyediaan bahan bacaan sebagai salah satu sumber belajar bagi warga masyarakat dalam rangka mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat serta menunjang pelaksanaan pendidikan nasional.

“Dari data yang kami himpun jumlah Perpustakaan desa di Blora sebanyak 39 unit. Sedangkan di tingkat kelurahan sebanyak 9 unit. Yang lain perlu segera menyesuaikan,” tandas Wabup Arief Rohman.

Lebih lanjut, Wabup Arif Rohman mengimbau kepada kepala desa untuk mewujudkan keberadaan perpustakaa desa di lingkungan kantor desa, memberikan perhatian yang baik dan cukup terhadap perpustakaan desa. Sebab, keberhasilan pembangunan diantaranya berdasarkan kualitas masyarakat.

“Membaca dapat merespon otak untuk menyerap informasi, memahami lalu bahkan memecahkan suatu masalah. Semakin banyak informasi yang diserap, semakin baik untuk membantu kefasihan dalam bertutur kata. Membaca bisa dikatakan sebagai kebutuhan dasar bagi manusia. Ke depan perlu diadakan lomba perpustakaan antar desa dan kelurahan,” ucap Wabup Arief Rohman.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Blora, Drh. Gundala Wejasena menyampaikan, sosialisasi difasilitasi oleh DPK Blora dengan dibagi dua kelompok. Wilayah Blora Bagian Barat yang terdiri dari kecamatan Blora, Ngawen, Japah, Todanan, Kunduran, Banjarejo dan Tunjungan.

“Hari ini, Rabu (3/5/2017) sosialisasi diikuti oleh 146 Kepala Desa dari wilayah Blora Bagian Barat. Bertempat di kompleks Taman Sarbini Blora,” terangnya.

Sedangkan untuk Hari Kamis (4/5), kata Gundala, sosialisasi dilaksanakan untuk kelompok Blora bagian Timur, yakni kecamatan Jepon, Bogorejo, Sambong, Cepu, Kedungtuban, Kradenan, Randublatung dan Jati.

“Bertempat di Kecamatan Cepu,” katanya.

Sosialisasi, menurut Gundala, untuk mewujudkan program literasi di tingkat desa yang didukung melalui anggaran desa.

“Bukan perpusakan perangkat desa, tetapi lebih kepada perpustakaan warga masyarakat desa,” tandasnya. (Dinkominfo Kab. Blora).   

           

Kodim Blora Gelar Sosialisasi TMMD Sengkuyung II Tahun 2017 

Kodim 0721 Blora menggelar sosialisasi kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2017 di Balai Desa Bedingin, Kecamatan Todanan, Rabu (21/6). Sosialisasi ini dilakukan  sebagai awal kegiatan pelaksanaaan yang direncanakan dibuka tanggal 4 Juli  2017.

Selengkapnya...

Jalan Penghubung Antar Kecamatan Akan Di Cor Beton

Bupati Blora Djoko Nugroho dalam kunjungannya ke Kecamatan Kradenan baru-baru ini mengatakan bahwa Pemkab tahun ini akan mulai melakukan perbaikan dengan sistem cor beton di ruas jalan penghubung Desa Pilang Kecamatan Randublatung menuju Mendenrejo Kecamatan Kradenan.

Selengkapnya...

Pemkab Fasilitasi Mudik Gratis Jakarta - Blora

Pemerintah Kabupaten Blora menyelenggrakan program Mudik Gratis kepada warga masyarakat dari Jakarta menuju kampung halaman di Blora. Sebanyak 108 pemudik dari Jakarta dan sekitarnya difasilitasi dua bus besar oleh Pemkab Blora secara gratis untuk pulang ke kampung halaman.

Selengkapnya...

Kodim Blora dan DPKP Gelar Rapat Koordinasi LTT Pajale

Dalam rangka pencapaian swasembada pangan di wilayah Kabupaten Blora, Kodim 0721/Blora bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi membahas luas tambah tanam (LTT) Padi, Jagung, dan Kedelai (Pajale). 

Selengkapnya...

Polsek Cepu Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Polsek Cepu memanfaatkan momentum bulan Ramadhan 1438 H untuk meningkatkan silaturahmi dan berbagi kepada anak yatim piatu. Acara dihardiri Danramil 05/Cepu Kodim 0721/Blora Kapten Inf Ribut Agiyoko, SH. 

Selengkapnya...

PEMKAB BLORA FASILITASI LAYANAN INTERNET TAK BERBAYAR

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) mengembangkan layanan dan fasilitas internet gratis atau tidak berbayar kepada warga masyarakat. Demikian hal itu disampaikan oleh Kepala Dinkominfo Kab. Blora, Drs. Sugiyono, M,Si.

Selengkapnya...

Pelaku UMKM Blora Ikuti Score Plus Training

Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Blora selama sebulan lebih menerima bimbingan “Score Plus Training” dari Sampoerna dan BEDO Score Bali. Mereka dilatih tentang desain, pemasaran, pameran, pengembangan produk, ekspor dan pengembangan perusahaan. 

Selengkapnya...

Pemeriksaan Mamin di Swalayan   

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) bersama Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan Polisi melakukan razia makanan dan minuman di swalayan yang ada di wilayah Kota Blora. Hal itu dilakukan untuk mencegah beredarnya makanan dan minuman kadaluarsa dan menyalahi standart kesehatan. 

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan