Festival Sedulur Sikep Samin di Sambongrejo

Festival Sedulur Sikep digelar Komunitas Samin di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Sejumlah kegiatan diadakan dalam festival yang baru kali pertama diselenggarakan tersebut.

Kegiatan itu diantaranya adalah membatik massal di selembar kain yang panjangnya mencapai 20 meter. Dalam kegiatan membatik tersebut, puluhan ibu-ibu dan remaja putri warga Sedulur Sikep Samin membatik dengan menggunakan alat canting tradisional.

Mereka berjejer saling berhadapan untuk membatik di selembar kain yang sudah dim lukis dengan motif hasil pertanian seperti tomat, blimbing, cabai, padi dan lain sebagainya. Mengenakan pakaian khas Samin, para perempuan itu dengan cekatan menorehkan setetes demi setetes tinta di lembaran kain putih yang terbentang di lorong desa.

Selama ini mereka telah belajar bagaimana cara membantik di kelompok batik di desanya, sehingga mereka pun tidak kesulitan lagi membatik saat digelarnya festival. Alunan musik lesung yang dimainkan sekelompok warga lainnya menjadi penyemangat bagi perempuan Samin untuk menyelesaikan karya batiknya.

”Keterampilan membantik kami kembangkan di desa ini. Tujuannya antara lain untuk mengurangi pengangguran dan menambah penghasilan rumah tangga,” ujar Tokoh Samin Desa Sambongrejo Blora, Pramugi Prawiro Wijoyo, di Sambong, Kamis (15/12).

Festival ini pun mendapat sambutan antusias warga. Tak hanya warga Desa Sambongrejo, warga dari desa lainnya di sekitar Kecamatan Sambong berduyunduyung datang ke lokasi festival di desa yang terletak di pinggiran hutan jati tersebut. Bahkan Bupati Djoko Nugroho secara khusus datang untuk menyaksikan festival tersebut.

”Festival ini sangat menarik. Tahun depan harus diadakan lagi dengan kemasan yang lebih menarik. Pemkab akan memfasilitasinya sehingga menjadi event tahunan yang bisa menarik kedatangan wisatawan,” ucap Bupati Djoko Nugroho.

Selain membatik, festival dimeriahkan pula dengan penampilan sejumlah kesenian. Sejumlah hasil bumi dan produk makanan ringan dari bahan baku hasil pertanian ditampilkan pula di festival yang berlangsung sehari tersebut. (DPPKKI Kab. Blora | ist.)

Polres Blora dan Satpol PP Gelar Operasi Cipta Kondisi Jelang Ramadhan

Polres Blora dan Satpol PP Blora menggelar operasi gabungan menjelang  Ramadhan tahun 2017. Operasi Cipta Kondisi dilaksanakan antara lain di sejumlah lokasi seperti kost-kostan, perhotelan dan tempat hiburan malam.

Selengkapnya...

Warga Dimbau Hemat Penggunaan Air Bersih

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora mulai bersiaga guna meminimalisir dampak kekeringan akibat datangnya musim kemarau tahun ini. Kepala Pelaksana BPBD Blora Sri Rahayu mengimbau agar warga masyarakat Kabupaten Blora mulai menghemat penggunaan air bersih dan mewaspadai potensi kebakaran di lahan kering. 

Selengkapnya...

Koramil Kradenan dan Warga Desa Mojorembun Kerja Bhakti Urug Jalan 

Anggota Babinsa Koramil 10/Kradenan bersama Babinkamtibmas, perangkat Desa dan masyarakat Dukuh Sendangtliko RT 03/ RW 01, Desa Mojorembun meaksanakan  gotong royong urug jalan. Pengurugan dilakukan karena kondisi jalan rawan bagi pengendara akibat berlubang sepanjang 300 meter. 

Selengkapnya...

Sebanyak 177 Bidan Desa Kabupaten Blora Terima SK CPNS

Sebanyak 177 bidan desa (bides) yang sebelumnya berstatus Pegawai Tidak Tetap (PTT) menerima Surat Keputusan (SK) Bupati Blora Nomor 813.2/357/2017 hingga Nomor 813.2/533/2017 tentang pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

Selengkapnya...

Blora Tuan Rumah Promosi Pariwisata Dan Budaya Pakudjembara

Kabupaten Blora menjadi tuan rumah event promosi pariwisata dan budaya PAKUDJEMBARA yang diikuti 6 kabupaten kawasan eks Karesidenan Pati dan sekitarnya. Yakni Pati Kudus, Demak, Jepara, Rembang dan Blora. Demikian hal itu disampaikan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, Drs. Kunto Aji dalam rapat koordinasi persiapan event PAKUDJEMBARA di Aula Kantor Dinporabudpar, Rabu (24/5). 

Selengkapnya...

Ruang Data Center Selesai Direhab, OPD Diimbau Simpan Data Server Agar Aman

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, MSi mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kabupaten setempat agar menyimpan data server di  pusat data center yang berada di ruang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).    

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gelar Festival Seni Barongan Gaprak

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bersama Komunitas Seni Budaya Blora (KSB) menyelenggarakan gelar seni pertunjukan rakyat (Gesper) Festival Barongan Gaprak di panggung hiburan Blok T Blora, Sabtu (20/5). Kegiatan itu dihelat bertepatan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan