SEMARAKKAN HARI JADI DAN FESTIVAL BARONGAN 3,

PEMKAB. GELAR BLORA UMKM EXPO

Menyemarakkan Hari Jadi Kab. Blora ke-267 dan Festival Barongan 3, Pemerintah Kab. Blora menggelar berbagai macam acara, salah satunya Blora UMKM Expo.

Acara yang dibuka Bupati Blora Djoko Nugroho ini berlangsung selama 3 hari, Jumat-Minggu (25/27/11) di Pusat Oleh-oleh Khas Blora.

Peserta pameran adalah para pelaku usaha dari Kab. Blora ditambah pelaku usaha dari Kab. Demak, Kudus dan Rembang.

Dalam sambutannya, Bupati Blora Djoko Nugroho, mengatakan, tingkat kemiskinan d Kab. Blora rangking 20 dari 35 Kabupaten dan Kota se Provinsi Jawa Tengah. Dahulu penyumbang terbesar PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) di Kab. Blora adalah sektor pertanian.

Namun sekarang penyumbang PDRB terbesar justru disektor jasa dan perdagangan. “Meskipun penyumbang PDRB terbesar dari sektor jasa dan perdagangan bukan berarti sektor pertanian mengalami penurunan, sektor pertanian semuanya tetap surplus,” jelasnya.

Menurutnya, kendala UMKM ada beberapa yaitu utamanya masalah permodalan. Untuk memecahkan persoalan tersebut pemerintah telah memberikan kredit usaha dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Simitra25 dengan tanpa jaminan, syaratnya hanya punya usaha produktif.

Kemudian yang perlu diperhatikan adalah kualitas mutu dan pemasaran. Untuk itu para pelaku usaha perlu memperluas jaringan. Diperlukan pertemanan dan relasi, salah satunya lewat pameran seperti ini, tandasnya.

“Punya kenalan banyak dan punya akses saling mengisi, ayo para pedagang maju semuanya, kita bisa,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Usaha Mikro Kecil Menengah Kab. Blora, Maskur, menuturkan, Blora UMKM Expo juga melibatkan banyak pihak, yaitu Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora, Dekranasda Kab. Blora, serta melibatkan UMKM dari Kab. Kudus, Demak dan Pati.

Adapun tujuan Blora UMKM Expo adalah untuk mempromosikan produk UMKM yang ada di Blora, sehingga dikenal luas oleh masyarakat Blora khususnya dan masyarakat luar Blora pada umumnya.

Produk-produk yang dipamerkan, meliputi industri kayu olahan limbah jati, batik, makanan olahan, pertanian dan perkebunan, serta pengrajin lainnya.

“Stand sebanyak 65 unit untuk UMKM sebanyak 59 unit, Dekranasda 1 unit dengan 2 stand, stand Kabupaten Demak, Rembang, Kudus. Ditambah Stand Solo yang menyediakan peralatan untuk UMKM, seperti mesin pembuatan emping melinjo dan jagung,” tuturnya.

Selama pameran berlangsung, digelar Festival Tayub, Jumat (25/11) malam, Festival Barongan, Sabtu (26/11) dan dihari terakhir, Minggu (27/11) dimeriahkan Parade Band dan Fashion Show. (DPPKKI Kab. Blora)

JADWAL KEGIATAN

PERINGATAN HUT KE-72 KEMERDEKAAN RI

TINGKAT KABUPATEN BLORA TAHUN 2017

1.  Gerak Jalan Ketepatan Waktu SD/SMP, Jumat, 4 Agustus 2017, Pukul 07.00 WIB di Blok T.

2. Gerak Jalan Ketepatan Waktu SMA/SMK dan OPD, Jumat, 4 Agustus 2017, Pukul 13.00 WIB di Blok T.

Selengkapnya...

Unit Dalmas Polres Blora Optimalkan Latihan Jelang Pilkades

Unit Dalmas Polres Blora meningkatkan pelatihan pengendalian massa jelang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada puluhan desa di Kabupaten Blora tanggal 29 Juli 2017. Pasukan pengendali massa ini nantinya akan menjadi poros terdepan ketika terjadi aksi unjuk rasa atau terjadinya bentrokan dengan melibatkan massa yang cukup banyak.

Selengkapnya...

Blora Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Kabupaten Blora meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA). Penghargaan diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana S Yembise, di sela-sela peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 yang dipusatkan di Pekanbaru, Riau, Sabtu-Minggu (22-23/7).

Selengkapnya...

Antisipasi dan Cegah Dini Radikalisme

Sebanyak 150 orang terdiri para UPTD, Kepala TK, Himpaudi Se Kecamatan Kota Blora, mengikuti penyuluhan dan sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), nara sumber Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos diwakili Pasiter Kapten Inf Surana, tempat di ruang pertemuan Sekda Kabupaten Blora, Senin (24/07/2017).

Selengkapnya...

Dinkes Blora Gelar Rakor Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kesehatan menggelar rapat koordinasi (rakor) pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Blora. Rakor dipimpin Sekretaris Dinkes Blora Slamet Sucahyo,SH mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dr. Henny Indriyanti M.Kes, di aula kantor setempat, Kamis (20/7).

Selengkapnya...

Peresmian Kantor Samsat Randublatung

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H bersama Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. Bondan Sukarno, MM meresmikan Kantor Pelayanan Samsat di Kantor Samsat baru Kecamatan Randublatung, Rabu (19/7). Peresmian dinilai sangat penting agar perpanjangan pajak kendaraan tidak harus ke Kabupaten Blora atau ke Kecamatan Cepu.

Selengkapnya...

Manfaatkan Limbah Kayu Jati Untuk Kerajinan

Limbah kayu jati dimanfaatkan membuat kerajinan miniatur kapal oleh Heri (41), salah seorang perajin asal Kelurahan Kauman RT 05 / RW 02 Kecamatan Blora. Dari usaha kerajinan yang digelutinya memunculkan produk miniatur kapal pinisi Heri Craft.

Selengkapnya...

Pameran Produk UMKM Ajang Promo Pariwisata Pakundjembara  

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji mengemukakan produk UMKM  yang dipamerkan dalam event bersama Kabupaten Blora, Kudus, Demak, Jepara, Pati dan rembang (Pakudjembara) diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat. Baik wisata alam, kuliner, oleh-oleh dan souvenirnya.

Selengkapnya...

LOMBA BARONGAN ANAK SEMARAKKAN EVENT PAKUDJEMBARA

Antusiasme warga tampak dalam pagelaran lomba Festival Barong Anak Kabupaten Blora 2017 di komplek Alun-Alun Blora yang dimulai pagi tadi, Sabtu (15/7). Sebanyak 10 peserta memeriahkan festival tersebut, yaitu SDN 2 Tamanrejo, SDN 4 Menden, SDN 2 Tempel, SDN 2 Jiken, SDN Kedung Jenar, SDN 2 Ngawen, SDN 1 Tutup, SDN 1 Banjarejo, SDN Tempelan dan SDN 1 Sambong.

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan