Bupati Djoko Nugroho Dorong Pembentukan BUMDes

Bupati Blora Djoko Nugroho mengingatkan kepada kepala desa (Kades) agar fungsi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus dijalankan secara maksimal.

Sebab hingga saat ini dari puluhan BUMDes yang berdiri baru ada beberapa saja yang berjalan aktif. 

“Fungsi BUMDes ini sangat penting, akan banyak yang merasakan kemanfaatnnya bila BUMDes ini berjalan,” katanya saat membuka acara Pelatihan Peningkatan Pengembangan BUMDes di Bali, Rabu (30/11).

Dia mencontohkan, seperti hasil pertanian di desa, perluh adanya Desa untuk membangun management. Hal itu perluh dilakukan, agar harga jual saat panen raya tidak anjlok. Sebab sampai saat ini para petani sering kali di permainkan harga oleh tengkulak.

“Itu salah satu sektor di pertanian, kedepan kita kerjasama dengan Bulog,agar beras raskin harus di isi oleh beras lokal,” katanya.

Ia juga mencontohkan kembali, permasalahan ekonomi di Desa, warga desa lebih cendrung meminjam uang kepada renternir atau koperasi dengan suku bunga yang tinggi. Oleh sebab itu, dengan adanya BUMDes ini  diharapkan kedepan ada lembaga keuangan di tingkat desa yang mampu membantu masalah perekonomian warganya. 

Kepala Badan Pemberdayaan Masyrakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB), Winarno, mengatakan pihaknya menargetkan setidaknya di tahun 2017 mendatang minimal 50% BUMDes harus sudah bergerak.

“Paling tidak 50% setiap kecamatan harus sudah berjalan di tahun depan,” katanya.

Acara tersebut juga di isi oleh Prof. Dr. Erani Yustikadi Dirjen PPMD Kemendes PDT, Drs Aferi Syamsidar, M.Si Direktur PAD Kemendagri, Ir. Ismiantri, M.Si. Untuk di ketahui dari puluhan desa di Kabupaten Blora telah menerbitkan peraturan desa untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Hanya 6 desa yang benar-benar merealisasikan usahanya melalui badan usaha ini. Ketua Apdesi Kabupaten Blora (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia), Agung Heri mengakui tentang hal ini.

"Telah ada puluhan desa yang menerbitkan Perdesnya untuk mendirikan BUMDes, namun hanya 6 yang riil, untuk itu saya berharap selepas acara ini masing – masing kepala desa terbuka pemikirannya dan termotifasi untuk menggerakan BUMDes" katanya. (DPPKKI Kab Blora | Feb)

 

LPPL Radio Gagak Rimang Blora Siaran Langsung Pagelaran Seni Karawitan Siswa SD   

Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagak Rimang Blora memberi kesempatan dan menyiarkan langsung pagelaran seni karawitan siswa Sekolah Dasar (SD). Upaya itu dilakukan untuk menumbuhkan jiwa karakter ana-anak dalam pengembangan bakat dan pelestarian seni tradisional di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Dalduk-KB Blora Gelar Seminar Kesehatan Reproduksi 

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk-KB) Kabupaten Blora menyelenggarakan seminar Kesehatan Reproduksi Wanita. Seminar diikuti organisasi wanita dan remaja, berlangsung di Hotel ARRA, Jln Raya Cepu - Randublatung Km 2 Desa Mulyorejo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Kamis (16/02/2017).

Selengkapnya...

Kodim Blora Gelar Penyuluhan Hukum

Guna mewujudkan dan meningkatkan disiplin, profesional serta bermoral bagi personel TNI maupun PNS, Kodim 0721/Blora menggelar penyuluhan hukum di aula Makodim 0721/Blora, Kamis (16/2/2017).

Selengkapnya...

Dinkominfo Blora Siap Promo Potensi Seni Budaya

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora siap mempromosikan, mempublikasikan dan mensosialisasikan program dan iven kegiatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora terkait potensi seni budaya di wilayah setempat melalui jejaring sosial media dan langsung ke publik.

Selengkapnya... Selengkapnya...

Sekda Blora Mengunjungi Media Center Dinkominfo

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Drs. H. Bondan Sukarno, MM mengunjungi Media Center di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Jumat (3/2). Sekda meminta agar konten data pemerintahan di website pemkab diperbarui.

Selengkapnya...

Asmindo Diharapkan Menjadi Pelopor Kemajuan Mebel Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan Kabupaten Blora memiliki potensi kayu jati yang sangat besar akan tetapi penjualannya kalah dari Kabupaten Jepara. Maka dari itu, dengan adanya Asmindo diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan mebel di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Kuliner Lontong Tahu Jero Pasar Blora Bikin Kangen

Kuliner lontong tahu di dalam pasar induk Blora diminati warga masyarakat. Makanan khas Blora itu tak pernah sepi pengunjung, terlebih ketika hari libur. Meski harus antri menunggu giliran, namun menjadi sisi pembeda dalam wisata kuliner lokal di Blora.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Tokoh Samin Sikep Minta Salam Seger Waras Digunakan Sebagai Ciri Khas Budaya

Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo mengikuti Rembug Budaya di Kantor Dinporabudpar, Rabu (15/2). Mereka menyampaikan salam Seger Waras digunakan dan diucapkan oleh semua warga Blora pada setiap pertemuan sebagai salam persaudaraan ciri khas budaya Blora. Tujuannya untuk membumikan budaya Samin di Blora.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M