Pemkab Blora Fokus Pengembangan Potensi Wisata

Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman M.Si menyatakan Pemerintah Kabupaten Blora fokus pada pengembangan potensi wisata. Seluruh potensi wisata akan dipetakan dan dijadikan kalender iven agar bisa diketahui oleh khalayak umum.

Demikian hal itu disampaikan Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman pada kegiatan kegiatan temu anggota DPD Asosiasi Wisata Agro Indonesia (AWAI) wilayah Jawa Tengah tahun 2017 di aula Hotel Mustika Blora, Rabu (8/2/2017).

“Seluruh potensi wisata akan dipetakan dan dijadikan kalender iven agar bisa diketahui oleh khalayak umum,” kata Wabup Arief Rohman.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Drs. Kunto Aji memaparkan untuk promosi potensi daerah potensi wisata yang ada di Blora, tidak hanya potensi wisata agro saja melaikan wisata alam, kuliner, budaya, religi.

“Mumpung semuanya berkumpul di Blora, kami titip agar bisa ikut mempromosikan potensi wisata Blora. Tahun ini kita akan menyusun paket wisata mulai dari Todanan ada Bukit Cengklik, Goa Terawang, ke timur di Japah ada pemandangan alam sungai purba, hingga Tunjungan ada agro wisata Kebun Buah Klapanan, Kebun Durian dan Waduk Greneng,” ujar Kunto Aji.

Di bidang seni budaya, menurut Kunto Aji, Barongan Blora selalu menjadi daya tarik utama yang menyedot warga masyarakat menyaksikan pertunjukan. 

“Barongan Blora yang rancak tidak diragukan lagi, terlebih sudah 3 tahun Blora rutin menggelar Festival Barong Nusantara sejak 2014. Selalu berhasil menyedot ribuan penonton dari berbagai daerah. Oktober mendatang kami dipercaya Pemprov Jateng untuk menampilkan kesenian Barongan di depan para duta besar negara sahabat di Jakarta,” ujar Kunto Aji. 

Selain itu ada potensi wisata Loko Tour Cepu, Kedungpupur dan Gubug Payung yang ada di Kecamatan Sambong. 

“Jika semuanya bisa dikemas dengan baik, saya yakin tingkat kunjungan wisata ke Blora akan meningkat. Kami akan gandeng Perhutani untuk kerjasama mengingat Loko Tour, Kedungpupur dan Gubug Payung merupakan aset wisata di wilayah Perhutani KPH Cepu,” kata Kunto Aji. 

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Trenggono mendukung dan menyatakan setuju untuk bersama-sama mempromosikan potensi Kabupaten Blora. Demikian pula Ketua DPD AWAI Jawa Tengah Sarwo Utomo.

Trenggono menjelaskan, PR besar pariwisata Jateng adalah mengembangkan 6 kawasan paket wisata, yakni Borobudur, Solo-Sangiran, Semarang-Karimunjawa, Pekalongan-Tegal, Dieng-Baturaden dan Blora-Rembang.

Saat ini, kata Trenggono, ke enam paket wisata di Jateng ini posisinya belum seimbang sehingga perlu dorongan bersama agar semuanya mempunyai daya tarik yang sama.

“Blora-Rembang ini potensinya besar, terlebih Blora sudah terkenal satenya. Kini batik Blora juga mulai dikenal luas, begitu juga barongannya. Ini bukan hanya PR dinas saja tapi PR kita semua,” jelas Trenggono. (Dinkominfo Kab. Blora | ft : ib). 

Peringati Hari Kartini, SLB Jepon Gelar Upacara dan Lomba Fashion  

Sekolah Luar Biasa (SLB) Kecamatan Jepon melaksanakan upacara peringatan Hari Kartini ke 138 di halaman sekolah setempat. Pada upacara itu para siswa berkebutuhan khusus diminta mengenakan kebaya dan berpakaian adat daerah berdasarkan katagori ketunaan peserta didik.

Selengkapnya...

Empat Polwan Polres Blora Ikuti Batik Blora Fashion Show

Empat Polisi Wanita (Polres) Blora turut andil memeriahkan lomba  Blora Batik Fashion Show dalam rangka memperingati hari Kartini ke 138 yang di selenggarakan di pendopo Kecamatan Cepu, Sabtu (22/4).

Selengkapnya...

Pagelaran Seni Budaya Meriahkan Peringatan Hari Kartini ke 138

Yayasan Kartini Blora menggelar pentas seni dan budaya di GOR Mustika Blora, Sabu (22/4). Agenda itu dihelat dalam rangka memperingati Hari Kartini ke 138 dan ulang tahun yayasan tersebut.

Selengkapnya...

Peringati Hari Bumi Ditanam Ribuan Bibit Pohon  

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Pegiat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Blora Crisis Center (BCC), Komunitas Blora Hijau Blora (KBH), unsur Forkopimcam Jepon dan warga masyarakat melaksanakan gerakan peduli lingkungan dengan menanam 1000 bibit pohon di kawasan bukit Suroyudan desa Soko. Kegiatan  tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan hari Bumi 22 April 2017.   

Selengkapnya...

Polwan Polres Blora Intensif Dilatih Beladiri

Personel Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Resor Blora dituntut untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuan, salah satunya kemampuan beladiri. Mereka digembleng latihan untuk mengasah keterampilannya. Kemampuan tersebut untuk menunjang pelaksanaan tugas mereka sehari-hari, baik untuk masyarakat maupun diri pribadi.

Selengkapnya...

Tim TI Kabupaten Blora Mengikuti Bimtek SID Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten Blora melalui sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah selama tiga hari di Semarang, (19-21/4/2017).

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Hari Lahir Sastrawan Pramoedya Ananta Toer Perlu Dibuat Event  

Aktor dan presenter televisi Helmy Yahya mengunjungi Kabupaten Blora. Salah satu agenda kunjungannya yakni ke rumah masa kecil sastrawan terkenal asal Blora, Pramoedya Ananta Toer di Jalan Sumbawa No. 40, Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora. Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si mendampingi kunjungan Helmy.

Selengkapnya...

Menjadi Koster Gereja Sebuah Pilihan Untuk Pelayanan

Melaksanakan aktivitas yang diamanahkan selalu dilakukan dengan ikhlas dan senang hati. Seperti menyapu halaman, membersihkan ruang tempat ibadah, membuang sampah dan menata taman di seputar gereja menjadikannya lebih berbakti pada pelayanan. Itulah Arif Hastanto Tejo Baskoro (48), seorang koster Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) Blora.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M