HUT Kabupaten Blora 267 : Ziarah Makam dan Tabur Bunga

Pemerintah Kabupaten Blora melaksakankan ziarah ke makam-makam bupati terdahulu. Agenda itu menjadi rutunitas setiap tahun menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora. Momentum Hari Jadi Ke-267 tahun ini, ziarah dilaksanakan Kamis (08/12/2016). 

Saat berziarah, Bupati Blora, Wakil Bupati, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Blora, Plt. Sekda Blora, Staf Ahli Bupati dan para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se Kab. Blora semuanya mengenakan pakaian adat khas Jawa Solo.

Kedatangannya disambut tokoh agama dan tokoh masyarakat dan warga sekitar yang juga ingin ikut doa bersama.

Ziarah dimulai di komplek makam Bupati di Ngadipurwo, kemudian dilanjutkan ke makam Sunan Pojok dan makam Ir. Basuki Widodo di makam umum Giri Mulyo Kecamatan Cepu dan makam Janjang di kecamatan Jiken.

Acara diawali dengan membaca tahlil dan diakhiri doa yang dipimpin tokoh agama sekitar dan dilanjutkan dengan tabur bunga.

Bupati Blora Djoko Nugroho mengatakan ziarah ini untuk mendoakan para pemimpin Blora yang sudah meninggal.

Makna dari ziarah untuk mengingatkan dan perenungan manusia. Oleh karena itu setiap pulang ziarah seharusnya lebih baik sikap dan tindakannya.

Agenda Pemkab. Blora setiap tahun ini juga sebagai rasa terima kasih dan bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pemimpin Blora sejak awal berdirinya Kabupaten Blora ini hingga hingga saat ini.

"Mudah-mudahan ketika kita berdoa kita menjadi orang-orang yang diterima doanya," ucapnya saat ziarah.

Kabag Humas dan Protokol Setda Blora Irfan Iswandaru menuturkan Makam Bupati di makam Butoh dan makam Janjang juga dilakukan acara yang sama, hanya saja pelaksanaan acaranya dilakukan oleh petugas yang ditunjuk sesuai dengan agenda kegiatan.

“Untuk ziarah di makam Janjang dipimpin oleh Asisten I Setda, sedangkan ziarah di makam Butoh dipimpin Sekda,” kata Irfan. 

Irfan menambahkan setiap peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora, ziarah juga dilakukan kepada mantan Bupati Blora yang di makamkan di luar Kabupaten Blora. 

Bupati yang disemayamkan di komplek pemakaman Bupati Blora di Ngadipurwo, yaitu Raden Tumenggung Jayeng Tirtonoto, Raden Tumenggung Cokro Negoro I, Raden Tumenggung Prawiroyudo, Raden Tumenggung Adipati Tirtonegoro, Raden Tumenggung Panji Notowijoyo, Raden Tumenggung Cokronegoro II, Raden Tumenggung Cokronegoro III, Raden Muhammad Said Abdul Kodir Jailani, serta penasehat bupati pertama Sayyid Idrus Al jufri. (DPPKKI Kab. Blora). 

Area Free Hotspot Super Mario

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora memfasilitasi area hotspot di seputar kawasan Super Mario Kelurahan Kunden Kecamatan Blora.

Selengkapnya...

Pembinaan Persit Kodim Blora 

Pasi Pers Kodim 0721/Blora Kapten Inf Subeno memberikan arahan kepada seluruh anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora dalam acara pertemuan rutin di Aula Makodim setempat, Jl. Pemuda No.44 Blora, Selasa (16/5). 

Selengkapnya...

Pemkab Blora Susun Kerjasama Pengembangan Wisata Kawasan Hutan

Pemkab Blora melalui Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) dengan menggelar rapat pembahasan bersama pimpinan KPH Perhutani yang ada di wilayah Kabupaten Blora. Rapat membahas kerjasama pengelolaan dan pengembangan daya tarik wisata kawasan hutan.

Selengkapnya...

BLORA BELAJAR AKUNTABILITAS PEMERINTAHAN KE BANYUWANGI 

Pemkab Blora melalui Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setda Blora melakukan studi tiru tentang akuntabilitas pemerintahan di Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur. 

Selengkapnya...

Lensa Grasstrack Super Mario

BUAT DOKUMENTASI OLAH RAGA OTOMOTIF

Seorang pegawai Dinkominfo Blora membuat dokumentasi menggunakan kamera video pada lomba olah raga otomotif  Blora Grasstrack Open Championship 2017 Piala Bupati Blora di arena sirkuit Super Mario Kelurahan Kunden Kecamatan Blora, Minggu (14/5).

Selengkapnya...

Ruang Data Center Selesai Direhab, OPD Diimbau Simpan Data Server Agar Aman

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, MSi mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kabupaten setempat agar menyimpan data server di  pusat data center yang berada di ruang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).    

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Gelar Festival Seni Barongan Gaprak

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bersama Komunitas Seni Budaya Blora (KSB) menyelenggarakan gelar seni pertunjukan rakyat (Gesper) Festival Barongan Gaprak di panggung hiburan Blok T Blora, Sabtu (20/5). Kegiatan itu dihelat bertepatan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017.

Selengkapnya...

Dalang Cilik Blora Juara Satu Festival Dalang Nasional 2017

Wishme Salman Abdillah dalang cilik dari Sanggar Seni Cahyo Sumirat Blora meraih penghargaan sebagai dalang cilik terbaik dalam Festival Dalang Cilik Nasional 2017 yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Ia adalah siswa kelas VI SD Islam Baitunnur Blora. 

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan