Blora Juara 3 Festival Jamu Jawa Tengah

Kabupaten Blora meraih juara 3 dalam festival jamu yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Sukoharjo. Blora menampilkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)  jamu herbal “Sekar Mustika” Kelurahan Wulung, Kecamatan Randublatung.

Kepala DPPKKI Kabupaten Blora Slamet Pamuji melalui Kapala Bidang Sarkom dan Desinfo, Ahmad Sukarjo, mengatakan, Festival Jamu kali ke lima pada tahun 2016 digelar di halaman parkir The Park Mall. Diikuti 35 kabupaten/kota, perusahaan jamu, Koperasi Jamu Indonesia (Kojai) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan pelaku usaha lainnya yang menempati 60 stan.

“Blora juara 3 untuk penilaian stan terbaik. Juara 1 Kabupaten Kendal, Juara 2 Kota Magelang,” ujar Sukarjo didamping Kasi Desinfo Samedi Djoko Waspodo, di Blora, Senin (14/11).

Selain KIM jamu tradisional, juga dipromosikan jajanan dan kuliner tradisional kabupaten Blora diantaranya kerupuk keremes dan kembang goyang.

KIM Sekar Mustika bergerak dalam usaha jamu herbal tradisional  memamerkan berbagai macam produknya. Jamu godog atau rebus produksinya memiliki banyak khasiat, sebagai obat penyakit ginjal, darah tinggi, liver, asam urat, pegal linu, sariawan dan penyakit lainnya.

“Berbagai jenis tanaman obat yang menjadi primadona adalah temu lawak, jahe, kunyit, kunci pepet, serta serutan kayu secang,” ujar Sri Sulastri, peracik jamu herbal.

Festival yang memasuki tahun kelima tersebut digelar selama tiga hari, mulai 11-13 November 2016. Acara tersebut dibuka oleh Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural, Hari Untoro Drajat bersama Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, Raseno Arya serta pejabat setempat pada Jumat (11/10/2016) pukul 20.00 WIB.

“Jamu ialah kearifan lokal, ramuan-ramuan yang dimiliki khusus di wilayah Jawa ini. Jamu bisa jadi branding khas Indonesia dalam hal pariwisata, seperti ginseng di Korea, yang bisa dipakai pengobatan maupun kuliner yang khas,” ujar Hari dalam sambutannya, Jumat (11/11/2016).

Ia berharap, ke depan resep jamu dapat menjadi warisan budaya dunia yang masuk ke dalam intangible culture (warisan budaya tak berwujud) ataupun warisan budaya kuliner.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jateng, Trenggono mengharap dengan Festival Jamu  semakin mengenalkan jamu kepada generasi muda. (DPPKKI Kab.Blora).

 

 

Mentan RI Panen Raya Padi dan Bantu Alsintan di Desa Pulo

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Blora Achmad Nur Hidayat menyatakan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Blora, Selasa (24/1). Kedatangannya ke Blora untuk mengikuti kegiatan panen raya bersama petani padi di Desa Pulo Kecamatan Kedungtuban.

Selengkapnya...

Pemkab Blora Sambut Kunjungan Menteri Pertanian di Desa Pulo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora menyambut dan menerima kunjungan kerja Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Selasa (24/01).

Selengkapnya...

Populasi Sapi di Kabupaten Blora Meningkat Lima Persen

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora menyatakan dalam setahun (2015-2016) populasi sapi  di wilayah setempat meningkat hingga lima persen. Demikian hal itu disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Blora Wahyu Agustini melalui Kepala Bidang Peternakan, Budiman, didampingi Kasi Produksi Peternakan, Tulus Setyono, di Blora, Senin (23/01/2017).

Selengkapnya...

PPDI Blora Perjuangkan Masa Kerja Hingga Usia 60 Tahun

Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Blora memperjuangkan masa kerja hingga usia 60 tahun, bukan selama 20 tahun. Didampingi pengurus PPDI Provinsi Jawa Tengah, PPDI Kab Blora menemui Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Senin (23/1).

Selengkapnya...

 UNBK Siap Dilaksanakan di Kabupaten Blora

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora menyatakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siap dilaksanakan pihak sekolah di wilayah setempat. Demikian hal itu disampaikan Kepala Disdik Achmad Wardoyo didampingi Sekdin Disdik Sugiyanto pada sosialisasi UNBK yang berlangsung di ruang pertemuan kantor setempat, Kamis (19/01).

Selengkapnya...

Dinkominfo Blora Maksimalkan Dokumentasi Kunjungan Mentan RI di Desa Pulo

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora mengoptimalkan peralatan dokumentasi guna menyebarluaskan informasi visual kunjungan Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP bersama Pangdam IV Diponegoro Mayor Jendral TNI Jaswandi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di desa Pulo Kecamatan Kedungtuban, Selasa (24/1).

Selengkapnya...

Ketua Persit Blora Ajak Tanam Cabai

Ketua Persatuan Istri (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora Yulia Susilo beserta anggota melaksanakan penanaman bibit cabai pada media polybag di halaman kantor Makodim, Rabu (18/01).

Selengkapnya...

Blora Potensi Kembangkan Budidaya White Melon

Ketua Koperasi Cahaya Wiratagama Mandiri Kecamatan Ngawen Pujianto mengungkapkan telah berhasil membudidayakan White Melon di enam wilayah Kecamatan di Kabupaten Blora. Buah berwarna putih  dan berukuran besar itu beken disebut Timun Jepang.

Selengkapnya...

PENELUSURAN CAGAR BUDAYA PECINAN BLORA DAN SEKITARNYA

SEKILAS TENTANG PECINAN DI INDONESIA

Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki Kawasan Pecinan yang memiliki fungsi sebagai kawasan sentra perdagangan dan permukiman bagi etnis Cina. Tipikal kota-kota Jawa pada masa kolonial ditinjau dari tata ruang dan bangunannya terdiri atas alun-alun, masjid, kantor pemerintahan, penjara, dan kampung Cina.

Selengkapnya...

Festival Sedulur Sikep Samin di Sambongrejo

Festival Sedulur Sikep digelar Komunitas Samin di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Sejumlah kegiatan diadakan dalam festival yang baru kali pertama diselenggarakan tersebut.

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M