Kirab Budaya Hari Jadi Blora Ke-267 Sukses Dilaksanakan

Kirab Budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Blora ke-267 berlangsung meriah dan sukses dilaksanakan. Ribuan warga masyarakat antusias menyaksikan agenda yang di helat tahunan itu. Kirab menggambarkan perjalanan pemerintahan Kabupaten Blora dari masa ke masa dengan menonjolkan budaya lokal setempat.

Start kirab dari pendopo rumah dinas Bupati Blora, sedangkan finish di Blok T Blora. Dimulai pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai. Kirab diiringi instrumen gamelan kreatif beruansa religi dari kelompok anak, asuhan Sanggar Cahyo Sumirat.

Selain itu, ada dua gunungan yang dipikul petugas berisi jajanan dan hasil bumi (palawija) Blora.    

Bupati Blora bersama istri berada paling depan dengan mengenakan pakaian adat kerajaan dengan diapit ajudan/pembawa payung dan enam orang prajurit Bhayangkara.

Selama perjalanan, warga masyarakat khususnya remaja, saling berebut jabat tangan dengan Bupati.

Paraga kirab terdiri subo manggolo, tindih prajurit, pembawa bendera merah putih dan lambang daerah.

Kemudian urutan kirab oleh Ketua DPRD, Wakil Bupati, Dandim 0721 Blora, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Danyon 410, Dan Sub Denpom, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Rutan. Masing-masing didampingi istri dan ajudan.

Mengiringi langkah paraga budaya, yakni manggolo retno, domas, manggolo yudho, prajurit patangpuluhan, prajurit tetabuhan, prajurit pembawa gunungan lanang dan wadon, kemudian Komunitas Pemangku Adat (Sedulur Sikep) dan Permadani.

Berikutnya tata urutan pangombyong kirab yaitu sepasang duta wisata Blora  tahun 2016, kelompok DPRD dan Setwan. Selanjutnya Kelompok Penegak Hukum (pejabat di jajaran Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Rutan Blora, Kodim 0721 dan Pengadilan Agama Blora).

Kelompok Setda dan Kelompok Camat se Blora, kelompok siswa berprestasi/pemenang lomba, Kelompok Dinas Daerah. Kelompok Lembaga Teknis Daerah, Kelompk instansi vertikal, Kelompk PT / Persero, kelompok BUMN/BUMD, dan Kelompok Perbankan. Selain itu ada kelompok seni budaya (barongan dan tayuban) .

Masing-masing kelompok ditentunkan berdasarkan daerah persiapan dengan didampingi penanggung jawab.  

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora Slamet Pamuji mengatakan, Kirab Budaya yang berlangsung Hari Minggu, 11 Desember 2016 itu mendapat respon dari warga masyarakat.

Itu terbukti, antusiasnya warga menyaksikan.

“Kami mengapresiasi atas atusias warga menyaksikan dan ikut menyemarakkan Kirab Budaya. Kebetulan saja pas hari libur, jadi warga lebih antusis menyaksikan. Kirab berlangsung aman dan tertib,” ujarnya.

Dijelaskannya, pada malam menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora, digelar tirakatan di eks stasiun Kereta Api.

“Disuguhkan kesenian cokekan yang dihadiri Bupati Blora,” jelasnya.     

Pihaknya menyampaikan, masih ada rangkaian kegiatan lainya hingga menjelang pergantian tahun baru 2017. (DPPKKI Kab.Blora).

 

 

Lepas Sambut Kasdim 0721 Blora 

Bertempat di Rumah Dinas Komandan Kodim 0721/Blora, Jln A. Yani Blora dilaksanakan kegiatan  lepas sambut serah terima Kasdim 0721/Blora dari Mayor Kav Burahanuddin, ST kepada Mayor Kav Hyasintus Waleng, P. ST, Senin (27/02/2017).

Selengkapnya...

Sertijab Kasdim dan Perwira Kodim 0721 Blora 

Kodim 0721 Blora menggelar acara Korps Raport Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Staf Kodim (Kasdim) dan Sejumlah Perwira di Aula Makodim, Senin (27/02). 

Selengkapnya...

Sosialisasi Gemar Makan Ikan Pada Anak

Dinas Perternakan dan Perikanan (Dinnakikan) Kabupaten Blora mensosialisasikan dan mengimbau kepada orang tua agar membiasakan gemar makan ikan kepada anak. Sosialisasi memasyarakatkan gemar makan ikan dalam waktu dekat akan dilaksanakan melalui pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah.

Selengkapnya...

Dana Bantuan PKH 2016 Rampung Dibagikan 

Wakil Bupati (Wabup) Blora H Arief Rohman, M.Si meminta kepada warga masyarakat penerima dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) memanfaatkan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak, kebutuhan ibu hamil dan lansia.

Selengkapnya...

Dinkominfo Blora Sosialisasi Pembangunan Melalui Media Film Layar Lebar

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora merencanakan sosialisasi pembangunan dan layanan publik melalui media film layar lebar di wilayah desa dan kecamatan.

Selengkapnya...

Produksi Minyak Sumur Caluk Kedinding Ditargetkan 100 Barrel

Field Manager Pertamina EP Asset 4 Cepu, Agus Amperianto mengemukakan, progres pengoperasian Sumur Caluk 01 saat ini memasuki pemboran semen di kedalaman 80 hingga 100 meter.

Selengkapnya...

Dinperinnaker Gelar Sosialisasi Kebijakan, Prosedur dan Dokumen Ekspor

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora menggelar sosialisasi kebijakan, prosedur dan dokumen ekspor bagi para pengusaha produk berbahan kayu atau akar jati di wilayah Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Pembuat Tusuk Satai Blora 

Salah seorang warga Rt 03 / RW 07 Dusun Punggur, Desa Gempolrejo, Kecamatan Tunjungan, Sunanik (48),  menekuni usaha sambilan membuat tusuk satai. Dengan bahan bambu, setiap hari mampu membuat 200 tusuk satai.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M