LAPORAN KEUANGAN KABUPATEN BLORA TERBAIK KEDUA SE JATENG

Untuk ketiga kalinya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI kembali memberikan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas penyelenggaraan laporan keuangan tahun 2016 kepada Pemkab Blora.

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan Rabu (10/5/2017) bertempat di Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Tengah kepada Bupati Djoko Nugroho didampingi Kepala DPRD Blora Bambang Susilo.

Bupati Djoko Nugroho menyatakan rasa syukur sebab selama 3 tahun belakangan ini Blora berturut-turut menerima penghargaan WTP. Dan kabar baiknya, Blora mampu menduduki peringkat kedua terbaik setelah Kota Solo dalam hal laporan keuangan daerah tahun 2016.

“Alhamdulillah Blora dapat WTP lagi. Ini sudah tiga kali berturut-turut. Terima kasih kepada seluruh pegawai Pemkab Blora, para bendahara, dan pejabat organisasi perangkat daerah (OPD). Luar biasa lagi, selain WTP, tahun ini Blora peringkat kedua setelah Solo dalam laporan keuangan daerah,’’ tegas Djoko Nugroho, Jumat (12/5/2017)

Dalam penyerahan penghargaan yang dilakukan bersamaan dengan penyerahan laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2016 bagi kabupaten dan kota lainnya di Jateng itu, BPK berpesan agar prestasi ini kedepan bisa terus dipertahankan.

Bupati juga mengatakan bahwa BPK RI sangat mengapresiasi kinerja Pemkab Blora, khususnya dalam hal pengelolaan keuangan daerah.

“BPK berharap agar apa yang telah dicapai Pemkab Blora bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga penyelenggaraan laporan keuangan daerah semakin transparan dan akuntabel. Perlu diketahui, penghargaan WTP ini adalah penghargaan luar biasa yang tertinggi atas pemeriksaan keuangan yang dilakukan BPK,” jelas Djoko Nugroho.

Perlu diingat, tiga tahun sebelumnya Blora selalu meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Salah satu titik lemah ketika itu adalah pada pengelolaan aset. Namun Pemkab Blora terus melakukan pembenahan dalam penyusunan laporan pengelolaan keuangan daerah.

Di awal tahun anggaran 2016, para kepala OPD menandatangani pakta integritas. Pakta integritas yang berisi 10 poin pernyataan itu diparaf saat penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD 2016 di pendapa rumah dinas bupati.

Adapun penyataan dalam pakta integritas itu di antaranya, berperan secara proaktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan KKN serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela. Selanjutnya, melaksanakan APBD dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan mewujudkan pencapaian PAD sesuai dengan target.

Sedangkan satu poin terakhir dalam pakta integritas adalah menyusun laporan keuangan berbasis akrual dan berupaya mempertahankan opin wajar tanpa pengecualian (WTP).

Terpisah, Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si saat ditemui Sabtu (13/5/2017) mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak baik eksekutif maupun legislatif yang telah bersedia bekerja dengan baik, menjalankan fungsinya sesuai ketentuan yang ada sehingga meraih sukses.

“Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya juga saya ucapkan kepada DPRD Blora yang telah menjalankan fungsi pengawasan dengan baik dan benar. Sebab, tanpa dukungan sepenuhnya dari pihak legislatif, opini WTP ini mustahil bisa kita raih kembali,” lanjut Arief Rohman.

Wabup mengharapkan, kerja sama yang telah terbina dengan baik selama ini bisa terus ditingkatkan untuk kemaslahatan masyarakat Blora secara keseluruhan.

“Dengan begitu, Insya Allah tahun depan dan juga tahun-tahun selanjutnya, kita tetap bisa kembali mempertahankan prestasi membanggakan ini. Apa yang kita cita-citakan dan idam-idamkan bersama ke depan, juga Insya Allah bisa kita wujudkan secara bersama-sama,” pungkasnya. (Dinkominfo Kab. Blora | Tim).

Kabupaten Blora Targetkan Dapat Nilai 'B' Pelaksanaan  SAKIP dan LAKIP

Pemkab Blora melaksanakan kunjungan belajar atau studi tiru tentang pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Selengkapnya...

Area Free Hotspot Super Mario

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora memfasilitasi area hotspot di seputar kawasan Super Mario Kelurahan Kunden Kecamatan Blora.

Selengkapnya...

Pembinaan Persit Kodim Blora 

Pasi Pers Kodim 0721/Blora Kapten Inf Subeno memberikan arahan kepada seluruh anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora dalam acara pertemuan rutin di Aula Makodim setempat, Jl. Pemuda No.44 Blora, Selasa (16/5). 

Selengkapnya...

Pemkab Blora Susun Kerjasama Pengembangan Wisata Kawasan Hutan

Pemkab Blora melalui Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) dengan menggelar rapat pembahasan bersama pimpinan KPH Perhutani yang ada di wilayah Kabupaten Blora. Rapat membahas kerjasama pengelolaan dan pengembangan daya tarik wisata kawasan hutan.

Selengkapnya...

BLORA BELAJAR AKUNTABILITAS PEMERINTAHAN KE BANYUWANGI 

Pemkab Blora melalui Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setda Blora melakukan studi tiru tentang akuntabilitas pemerintahan di Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur. 

Selengkapnya...

Ruang Data Center Selesai Direhab, OPD Diimbau Simpan Data Server Agar Aman

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, MSi mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kabupaten setempat agar menyimpan data server di  pusat data center yang berada di ruang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).    

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gelar Festival Seni Barongan Gaprak

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bersama Komunitas Seni Budaya Blora (KSB) menyelenggarakan gelar seni pertunjukan rakyat (Gesper) Festival Barongan Gaprak di panggung hiburan Blok T Blora, Sabtu (20/5). Kegiatan itu dihelat bertepatan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan