PEMERINTAH KECAMATAN JAPAH LAUNCHING WEBSITE DESA 

Pemerintah Kecamatan Japah terus mendorong seluruh desa di wilayahnya untuk bisa mewujudkan keterbukaan informasi publik melalui pemberitaan online dan medis sosial. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan para pendamping desa serta mahasiswa KKN STAIN Kudus dalam pembuatan website desa. 

Setelah beberapa waktu lalu dilaksanakan pelatihan pembuatan pembuatan website dengan melibatkan Kepala Desa dan perangkatnya, akhirnya terbentuklah kepengurusan Forum Komunikasi dan Informasi Desa (FKID) yang beranggotakan para admin atau operator website desa. 

Seluruh anggota FKID berkumpul bersama, berkreasi, dan saling membantu dalam menyusun dan mengisi tampilan website desa. Mulai dari informasi pengelolaan APBDes, Dana Desa, Potensi Desa dan seluruh kegitan pemerintah desa dimasukkan dalam website sehingga masyarakat luas bisa mengetahui informasi pedesaan di desanya dengan menggunakan internet. 

Ada 18 desa se Kecamatan Japah yang telah membuat portal online atau website. Semuanya terhubung dengan website Kecamatan Japah www.kecamatanjapah.com

“Dengan membuka website Kecamatan Japah, maka disitu sudah tersaji link website 18 desa. Silahkan di klik, ada banyak informasi dari masing-masing desa disajikan. Kami terus dorong agar seluruh desa di Kecamatan Japah bisa transparan dan terbuka lewat website,” kata Camat Japah Kiswoyo melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Imam Tri Santosa, Kamis (30/3/2017). 

Sebagai langkah awal agar diketahui masyarakat umum, penggunaan website desa tersebut dilaunching oleh Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Sekretaris Bappeda Irfan Agustian Iswandaru dalam sebuah acara pengajian umum di Pendopo Kecamatan Japah, Kamis (30/3/2017). Acara launching juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blora, Sugiyono beserta jajaran Forkopimcam Japah. 

“Ini langkah awal yang bagus untuk desa-desa di Kecamatan Japah. Bupati mengapresiasi langkah yang dilaksanakan Kecamatan Japah, Pendamping Desa dan para Kepala Desa. Gunakan website desa untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas. Maksimalkan untuk memuat potensi desa dan promosi produk unggulan desa, termasuk BUMDes,” ucap Irfan Agustian Iswandaru. 

Adapun Yusuf, salah satu anggota FKID sekaligus pendamping desa di Kecamatan Japah mengatakan bahwa dengan adanya pembuatan website bisa digunakan untuk menginformasikan rencana pembangunan desa dan hasil-hasil pembangunan desa yang didanai dari Dana Desa (DD) dalam APBDes. 

“APBDes yang memuat Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) kami wajibkan agar dipasang di website desa sesuai dengan arahan Menteri Desa PDTT belum lama ini. Dengan demikian masyarakat umum bisa mengetahui penggunaan dana desa di wilayahnya, guna ikut melakukan pengawasan,” terang Yusuf. 

Agar desa-desa lebih semangat membuat dan menjalankan websitenya, digelar juga lomba website antar desa se Kecamatan Japah. Hasilnya Desa Dologan dipilih sebagai juara pertama karena dinilai paling lengkap dalam menyajikan data profil desa dan segala potensinya di dalam website www.desadologan.com. Disusul juara kedua Desa Tengger www.desatengger.com dan juara ketiga Desa Harjowinangun dengan website www.desaharjowinangun.com. (Dinkominfo Kab. Blora| Tim). 

Kabupaten Blora Targetkan Dapat Nilai 'B' Pelaksanaan  SAKIP dan LAKIP

Pemkab Blora melaksanakan kunjungan belajar atau studi tiru tentang pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Selengkapnya...

Area Free Hotspot Super Mario

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora memfasilitasi area hotspot di seputar kawasan Super Mario Kelurahan Kunden Kecamatan Blora.

Selengkapnya...

Pembinaan Persit Kodim Blora 

Pasi Pers Kodim 0721/Blora Kapten Inf Subeno memberikan arahan kepada seluruh anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora dalam acara pertemuan rutin di Aula Makodim setempat, Jl. Pemuda No.44 Blora, Selasa (16/5). 

Selengkapnya...

Pemkab Blora Susun Kerjasama Pengembangan Wisata Kawasan Hutan

Pemkab Blora melalui Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) dengan menggelar rapat pembahasan bersama pimpinan KPH Perhutani yang ada di wilayah Kabupaten Blora. Rapat membahas kerjasama pengelolaan dan pengembangan daya tarik wisata kawasan hutan.

Selengkapnya...

BLORA BELAJAR AKUNTABILITAS PEMERINTAHAN KE BANYUWANGI 

Pemkab Blora melalui Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setda Blora melakukan studi tiru tentang akuntabilitas pemerintahan di Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur. 

Selengkapnya...

Ruang Data Center Selesai Direhab, OPD Diimbau Simpan Data Server Agar Aman

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, MSi mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kabupaten setempat agar menyimpan data server di  pusat data center yang berada di ruang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).    

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Kemendes PDTT Tertarik Kembangkan Wisata Kedungpupur 

Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat. 

Selengkapnya...

Gelar Festival Seni Barongan Gaprak

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bersama Komunitas Seni Budaya Blora (KSB) menyelenggarakan gelar seni pertunjukan rakyat (Gesper) Festival Barongan Gaprak di panggung hiburan Blok T Blora, Sabtu (20/5). Kegiatan itu dihelat bertepatan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan