SEMARAKKAN HARI JADI DAN FESTIVAL BARONGAN 3,

PEMKAB. GELAR BLORA UMKM EXPO

Menyemarakkan Hari Jadi Kab. Blora ke-267 dan Festival Barongan 3, Pemerintah Kab. Blora menggelar berbagai macam acara, salah satunya Blora UMKM Expo.

Acara yang dibuka Bupati Blora Djoko Nugroho ini berlangsung selama 3 hari, Jumat-Minggu (25/27/11) di Pusat Oleh-oleh Khas Blora.

Peserta pameran adalah para pelaku usaha dari Kab. Blora ditambah pelaku usaha dari Kab. Demak, Kudus dan Rembang.

Dalam sambutannya, Bupati Blora Djoko Nugroho, mengatakan, tingkat kemiskinan d Kab. Blora rangking 20 dari 35 Kabupaten dan Kota se Provinsi Jawa Tengah. Dahulu penyumbang terbesar PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) di Kab. Blora adalah sektor pertanian.

Namun sekarang penyumbang PDRB terbesar justru disektor jasa dan perdagangan. “Meskipun penyumbang PDRB terbesar dari sektor jasa dan perdagangan bukan berarti sektor pertanian mengalami penurunan, sektor pertanian semuanya tetap surplus,” jelasnya.

Menurutnya, kendala UMKM ada beberapa yaitu utamanya masalah permodalan. Untuk memecahkan persoalan tersebut pemerintah telah memberikan kredit usaha dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Simitra25 dengan tanpa jaminan, syaratnya hanya punya usaha produktif.

Kemudian yang perlu diperhatikan adalah kualitas mutu dan pemasaran. Untuk itu para pelaku usaha perlu memperluas jaringan. Diperlukan pertemanan dan relasi, salah satunya lewat pameran seperti ini, tandasnya.

“Punya kenalan banyak dan punya akses saling mengisi, ayo para pedagang maju semuanya, kita bisa,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Usaha Mikro Kecil Menengah Kab. Blora, Maskur, menuturkan, Blora UMKM Expo juga melibatkan banyak pihak, yaitu Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora, Dekranasda Kab. Blora, serta melibatkan UMKM dari Kab. Kudus, Demak dan Pati.

Adapun tujuan Blora UMKM Expo adalah untuk mempromosikan produk UMKM yang ada di Blora, sehingga dikenal luas oleh masyarakat Blora khususnya dan masyarakat luar Blora pada umumnya.

Produk-produk yang dipamerkan, meliputi industri kayu olahan limbah jati, batik, makanan olahan, pertanian dan perkebunan, serta pengrajin lainnya.

“Stand sebanyak 65 unit untuk UMKM sebanyak 59 unit, Dekranasda 1 unit dengan 2 stand, stand Kabupaten Demak, Rembang, Kudus. Ditambah Stand Solo yang menyediakan peralatan untuk UMKM, seperti mesin pembuatan emping melinjo dan jagung,” tuturnya.

Selama pameran berlangsung, digelar Festival Tayub, Jumat (25/11) malam, Festival Barongan, Sabtu (26/11) dan dihari terakhir, Minggu (27/11) dimeriahkan Parade Band dan Fashion Show. (DPPKKI Kab. Blora)

Pagelaran Seni Budaya Meriahkan Peringatan Hari Kartini ke 138

Yayasan Kartini Blora menggelar pentas seni dan budaya di GOR Mustika Blora, Sabu (22/4). Agenda itu dihelat dalam rangka memperingati Hari Kartini ke 138 dan ulang tahun yayasan tersebut.

Selengkapnya...

Polwan Polres Blora Intensif Dilatih Beladiri

Personel Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Resor Blora dituntut untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuan, salah satunya kemampuan beladiri. Mereka digembleng latihan untuk mengasah keterampilannya. Kemampuan tersebut untuk menunjang pelaksanaan tugas mereka sehari-hari, baik untuk masyarakat maupun diri pribadi.

Selengkapnya...

Camat Tunjungan Apresiasi Pemutaran Film Layar Lebar Dinkominfo Blora

Camat Tunjungan Dwi Bambang Priyono, SE mengapresiasi sosialisasi program pembangunan pemerintah Kabupaten Blora dan film hiburan melalui media layar lebar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) yang diselenggarakan di halaman Kantor Desa Adirejo, Rabu (19/4/2017).

Selengkapnya...

Prajurit TNI Kodim Blora Berlatih Beladiri Militer Yongmoodo

Sebanyak 180 prajurit Kodim 0721/Blora melakukan latihan dan unjuk kebolehan bela diri Yongmoodo di lapangan golf Blora. Sebelum di lapangan golf, terlebih dulu melakukan pemanasan di halaman depan Makodim Blora, Kamis (20/4).

Selengkapnya...

Anggota Sat Pol PP Kecamatan Cepu Ikuti Pelatihan PBB

Sebanyak 39 orang anggota Satpol PP Kecamatan Cepu Blora mengikuti pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) dengan instruktur Serka Intan dan Serda Karno Babinsa Koramil 05/Cepu Kodim 0721/Blora. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Pendopo Kecamatan Cepu, Rabu (19/04/2017). 

Selengkapnya...

Tim TI Kabupaten Blora Mengikuti Bimtek SID Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten Blora melalui sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah selama tiga hari di Semarang, (19-21/4/2017).

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Hari Lahir Sastrawan Pramoedya Ananta Toer Perlu Dibuat Event  

Aktor dan presenter televisi Helmy Yahya mengunjungi Kabupaten Blora. Salah satu agenda kunjungannya yakni ke rumah masa kecil sastrawan terkenal asal Blora, Pramoedya Ananta Toer di Jalan Sumbawa No. 40, Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora. Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si mendampingi kunjungan Helmy.

Selengkapnya...

Menjadi Koster Gereja Sebuah Pilihan Untuk Pelayanan

Melaksanakan aktivitas yang diamanahkan selalu dilakukan dengan ikhlas dan senang hati. Seperti menyapu halaman, membersihkan ruang tempat ibadah, membuang sampah dan menata taman di seputar gereja menjadikannya lebih berbakti pada pelayanan. Itulah Arif Hastanto Tejo Baskoro (48), seorang koster Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) Blora.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M