PEMKAB BLORA JALIN KERJA SAMA DENGAN UGM YOGYAKARTA

Pemerintah Kabupaten Blora menjalin kerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kerja sama itu bertujuan untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Blora. 

Penandatanganan MoU dilakukan antara Bupati Djoko Nugroho dengan Rektor UGM Yogyakarta yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni Dr. Paripurna, S.H., M.Hum, LL.M. 

Disaksikan jajaran OPD Kabupaten Blora serta pimpinan rektorat, dekan terkait dari UGM di Kampus Utama UGM, Jumat (17/3). 

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya menyambut baik adanya penandatanganan kesepakatan bersama tentang tri dharma perguruan tinggi ini. Ia ingin kerjasama ini dapat difokuskan di bidang pertanian dan peternakan, mengingat Blora merupakan salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Jawa Tengah dan penghasil sapi peranakan ongole terbesar di Indonesia. 

“Alhamdulillah kami bisa menjalin kerjasama dengan UGM. Ini langkah yang bagus untuk memajukan pembangunan di Kabupaten khususnya di bidang peternakan dan pertanian, serta berkembang di bidang lainnya. Sengaja kami bawa seluruh kepala dinas terkait agar mereka bisa menindaklanjuti kerjasama ini,” tegas Bupati. 

Bupati yang akrab dipanggil Pak Kokok ini juga meminta kerjasama tentang penyelenggaraan KKN. Ia ingin mahasiswa UGM juga bisa melaksanakan KKN di wilayah Blora guna membantu percepatan pembangunan di desa-desa hutan. 

“Wilayah kami hampir 50 persen berupa hutan milik perhutani, dimana di dalam kawasan hutan tersebut terdapat 82 desa dengan jumlah penduduk sebanyak 200 ribu jiwa lebih. Saya ingin mahasiswa UGM nanti bisa KKN disana agar bisa mengabdikan diri membangun desa hutan. Coba nanti Bappeda bisa merumuskannya,” lanjut Bupati. 

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M dalam sambutannya mengatakan bahwa UGM terbuka untuk bekerja sama dengan daerah mana saja, termasuk Blora. Paripurna menyebutkan sektor peternakan serta pertanian cukup terbuka untuk dikembangkan oleh Blora bersama UGM. 

“UGM terbuka dan setiap saat siap bekerja sama dengan Blora, terutama pengembangan sektor peternakan dan pertanian. Apalagi beberapa kali UGM pernah mengunjungi Blora untuk melakukan penelitian dan pengembangan pertanian di kawasan hutan,” papar Paripurna. 

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA, DEA, yang kebetulan asli Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora, menambahkan bahwa pengembangan integrated farming sangat cocok dilakukan di Blora. Ia optimis sinergi kedua belah dengan melibatkan para dosen dan peneliti UGM akan semakin mengoptimalkan pengembangan sektor peternakan dan pertanian di Blora. 

“Kita juga ada program Bengkel Ternak untuk perbaikan dan pengembangan potensi peternakan. Saya yakin sinergi yang bagus bisa terjalin,” imbuh Ali. 

Di akhir acara, Dr. Paripurna, S.H, M.Hum., LL.M memastikan bahwa UGM akan memberikan perhatian besar terhadap Blora. 

“Pak Bupati tak perlu khawatir, kita akan berikan perhatian yang besar untuk Blora. Di dalam ruangan Bu Rektor saja terpampang besar foto Presiden, Gubernur dan Rektor saat panen jagung di area hutan Blora beberapa tahun lalu. Ini secara tidak langsung menjadi bukti bahwa Blora tak dilupakan,” ujarnya. 

Turut hadir dalam acara tersebut untuk mendampingi Bupati, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setyo Edi SH, M.Hum, Asisten 2 Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Slamet Pamudji SH, M.Hum, Asisten 3 Bidang Administrasi Drs. Chris Hapsoro AW, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ir. Wahyu Agustini SE, M.Si, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Reni Miharti M.Agr Bus, Kepala Dinas Pendidikan Drs. Achmad Wardoyo M.Pd, Kepala Dinas Kesehatan dr. Henny Indriyanti M.Kes, Kepala Dinkominfo Drs. Sugiyono M.Si dan beberapa Kabag. (Dinkominfo Kab. Blora | Tim).  

Peringati Hari Kartini, SLB Jepon Gelar Upacara dan Lomba Fashion  

Sekolah Luar Biasa (SLB) Kecamatan Jepon melaksanakan upacara peringatan Hari Kartini ke 138 di halaman sekolah setempat. Pada upacara itu para siswa berkebutuhan khusus diminta mengenakan kebaya dan berpakaian adat daerah berdasarkan katagori ketunaan peserta didik.

Selengkapnya...

Empat Polwan Polres Blora Ikuti Batik Blora Fashion Show

Empat Polisi Wanita (Polres) Blora turut andil memeriahkan lomba  Blora Batik Fashion Show dalam rangka memperingati hari Kartini ke 138 yang di selenggarakan di pendopo Kecamatan Cepu, Sabtu (22/4).

Selengkapnya...

Pagelaran Seni Budaya Meriahkan Peringatan Hari Kartini ke 138

Yayasan Kartini Blora menggelar pentas seni dan budaya di GOR Mustika Blora, Sabu (22/4). Agenda itu dihelat dalam rangka memperingati Hari Kartini ke 138 dan ulang tahun yayasan tersebut.

Selengkapnya...

Peringati Hari Bumi Ditanam Ribuan Bibit Pohon  

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Pegiat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Blora Crisis Center (BCC), Komunitas Blora Hijau Blora (KBH), unsur Forkopimcam Jepon dan warga masyarakat melaksanakan gerakan peduli lingkungan dengan menanam 1000 bibit pohon di kawasan bukit Suroyudan desa Soko. Kegiatan  tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan hari Bumi 22 April 2017.   

Selengkapnya...

Polwan Polres Blora Intensif Dilatih Beladiri

Personel Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Resor Blora dituntut untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuan, salah satunya kemampuan beladiri. Mereka digembleng latihan untuk mengasah keterampilannya. Kemampuan tersebut untuk menunjang pelaksanaan tugas mereka sehari-hari, baik untuk masyarakat maupun diri pribadi.

Selengkapnya...

Tim TI Kabupaten Blora Mengikuti Bimtek SID Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten Blora melalui sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah selama tiga hari di Semarang, (19-21/4/2017).

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Hari Lahir Sastrawan Pramoedya Ananta Toer Perlu Dibuat Event  

Aktor dan presenter televisi Helmy Yahya mengunjungi Kabupaten Blora. Salah satu agenda kunjungannya yakni ke rumah masa kecil sastrawan terkenal asal Blora, Pramoedya Ananta Toer di Jalan Sumbawa No. 40, Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora. Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si mendampingi kunjungan Helmy.

Selengkapnya...

Menjadi Koster Gereja Sebuah Pilihan Untuk Pelayanan

Melaksanakan aktivitas yang diamanahkan selalu dilakukan dengan ikhlas dan senang hati. Seperti menyapu halaman, membersihkan ruang tempat ibadah, membuang sampah dan menata taman di seputar gereja menjadikannya lebih berbakti pada pelayanan. Itulah Arif Hastanto Tejo Baskoro (48), seorang koster Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) Blora.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M