Pemkab Blora Canangkan Gerakan Tanam Buah

Pemerintah Kabupaten Blora mencanangkan dan melaksanakan Gerakan Tanam Buah serentak yang dipusatkan di Desa Tempuran Kecamatan Blora. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Djoko Nugroho, didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Reni Miharti M.Agr Bus, Camat Blora Kota Sarmidi dan Forkopimcam, Senin (20/3/2017) 

Gerakan itu dilaksanakan di tengah hamparan kebun buah jambu kristal yang sudah ditanam sejak tahun 2016. Pada eksmepatan itu, Bupati mempersilahkan perwakilan kelompok tani untuk menanam bibit jambu kristal secara bersama-sama untuk perluasan. 

Diantaranya hadir perwakilan 5 kelompok tani yakni Poktan Karya Tani Makmur dari Desa Gadu Kecamatan Sambong, Poktan Srimulyo dari Desa Srigading Kecamatan Ngawen, Poktan Ngudi Rahayu 2 dari Desa Tempuran Kecamatan Blora Kota, Poktan Tunjungsari dari Desa Tunjungan Kecamatan Tunjungan dan Poktan Wana Barokah Desa Gempol Kecamatan Jati. 

Tidak hanya melakukan penanaman jambu di lokasi, masing-masing kelompok tani juga diberikan bantuan bibit tanaman sejumlah 1900 batang yang terdiri dari berbagai jenis tanaman buah. Poktan Karya Tani Makmur dari Desa Gadu menerima bantuan 150 batang bibit kelengkeng dan 300 batang bibit pisang, Poktan Srimulyo dari Desa Srigading menerima bantuan 100 batang bibit durian dan 100 batang bibit alpukat. 

Sementara itu Poktan Ngudi Rahayu 2 dari Desa Tempuran menerima bantuan 600 bibit pisang dan 300 batang bibit jambu kristal. Lantas Poktan Tunjungsari dari Desa Tunjungan menerima bantuan 100 batang bibit pohon matoa, dan Poktan Wana Barokah Desa Gempol menerima bantuan 150 batang bibit alpukat dan 100 batang bibit jeruk trigas. 

“Tolong semua bibit tanaman yang kita bagikan untuk ditanam dan dirawat sebaik mungkin. Menanam tanaman buah itu harus dirawat seperti halnya kita merawat anak. Tanaman juga perlu perawatan dan perhatian agar bisa berbuah dengan baik. Jika ada kendala, segera konsultasikan dengan petugas penyuluh pertanian terdekat. Saya ingin Blora yang dahulunya terkesan gersang karena didominasi jati, kini harus bisa menjadi pusat komoditas hortikultura,” ujar Bupati. 

Khusus untuk Poktan Ngudi Rahayu 2 dari Desa Tempuran, Bupati berpesan agar semua bibit tanaman bisa ditanam dan harus sukses berbuah. “Daerah Tempuran ini kaya air dengan waduk yang begitu besar. Jenengan semua harus bisa memanfaatkan air tersebut untuk pertanian. Jangan kalah dengan petani di Desa Tanggel Kecamatan Randublatung yang sudah lama terkenal sukses berbudidaya jeruk siam. Padahal wilayahnya ada di tengah hutan dan sulit air saat kemarau tiba,” lanjut Bupati. 

Sedangkan untuk wilayah yang kering, ia mempersilahkan kelompok tani untuk mengajukan bantuan pembangunan sumur air tanah kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. “Ini tugasnya Kepala UPTD Pertanian untuk melakukan pendampingan kelompom tani agar bisa menyusun proposal pengajuan bantuan sumur air tanah,” tegasnya. 

Adapun Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Reni Miharti M.Agr Bus menjelaskan kepada petani, agar tidak kelamaan menunggu masa panen buah-buahan dipersilahkan melaksanakan sistem tumpangsari. Ia mencontohkan kebun jeruk di Tanggel yang berbuah setelah 3 tahun ditanam. Sambil menunggu jeruk berbuah dan panen, petani disana melakukan tumpang sari dengan menanam cabai merah, terong dan sayuran lainnya diantara pohon jeruk. Sehingga walaupun belum mendapatkan hasil dari jeruknya. Sudah bisa merasakan panen cabai, terong dan lainnya.

Usai penyerahan bantuan bibit tanaman buah, seluruh perwakilan kelompok tani bersama Bupati dan seluruh tamu undangan dipersilahkan mengikuti panen perdana buah jambu kristal di lahan milik Pak Taki yang dijadikan lokasi kegiatan. 

Untuk diketahui, beberapa tahun terakhir memang Blora terus menggalakkan pengembangan tanaman hortikultura. Berbagai buah terus ditanam, dan diantaranya yang berhasil adalah kelengkeng, durian, jambru kristal, jeruk siam dan buah naga. Sehingga kedepannya petani tidak hanya mengandalkan tanaman pangan padi dan jagung dalam menjalankan pertaniannya. (Dinkominfo Kab Blora | Tim) 

Peringati Hari Kartini, SLB Jepon Gelar Upacara dan Lomba Fashion  

Sekolah Luar Biasa (SLB) Kecamatan Jepon melaksanakan upacara peringatan Hari Kartini ke 138 di halaman sekolah setempat. Pada upacara itu para siswa berkebutuhan khusus diminta mengenakan kebaya dan berpakaian adat daerah berdasarkan katagori ketunaan peserta didik.

Selengkapnya...

Empat Polwan Polres Blora Ikuti Batik Blora Fashion Show

Empat Polisi Wanita (Polres) Blora turut andil memeriahkan lomba  Blora Batik Fashion Show dalam rangka memperingati hari Kartini ke 138 yang di selenggarakan di pendopo Kecamatan Cepu, Sabtu (22/4).

Selengkapnya...

Pagelaran Seni Budaya Meriahkan Peringatan Hari Kartini ke 138

Yayasan Kartini Blora menggelar pentas seni dan budaya di GOR Mustika Blora, Sabu (22/4). Agenda itu dihelat dalam rangka memperingati Hari Kartini ke 138 dan ulang tahun yayasan tersebut.

Selengkapnya...

Peringati Hari Bumi Ditanam Ribuan Bibit Pohon  

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Pegiat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Blora Crisis Center (BCC), Komunitas Blora Hijau Blora (KBH), unsur Forkopimcam Jepon dan warga masyarakat melaksanakan gerakan peduli lingkungan dengan menanam 1000 bibit pohon di kawasan bukit Suroyudan desa Soko. Kegiatan  tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan hari Bumi 22 April 2017.   

Selengkapnya...

Polwan Polres Blora Intensif Dilatih Beladiri

Personel Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Resor Blora dituntut untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuan, salah satunya kemampuan beladiri. Mereka digembleng latihan untuk mengasah keterampilannya. Kemampuan tersebut untuk menunjang pelaksanaan tugas mereka sehari-hari, baik untuk masyarakat maupun diri pribadi.

Selengkapnya...

Tim TI Kabupaten Blora Mengikuti Bimtek SID Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten Blora melalui sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah selama tiga hari di Semarang, (19-21/4/2017).

Selengkapnya...

Kampung Konservasi Kelor Menarik Perhatian Publik

Kabupaten Blora berhasil menarik perhatian publik dunia, salah satunya memiliki Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi di wilayah Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran.

Selengkapnya...

Kerajinan Miniatur Kelurahan Ngelo Prospektif Dikembangkan

Wakil Bupati Blora Arief Rohman tertarik kerajinan miniatur mobil dari bahan bambu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Sebab, hasil pembuatan miniatur dari bambu memiliki pembeda. Dalam pembuatannya, kerajinan ini sangat detail hingga berbentuk seperti nyata.

Selengkapnya...

Hari Lahir Sastrawan Pramoedya Ananta Toer Perlu Dibuat Event  

Aktor dan presenter televisi Helmy Yahya mengunjungi Kabupaten Blora. Salah satu agenda kunjungannya yakni ke rumah masa kecil sastrawan terkenal asal Blora, Pramoedya Ananta Toer di Jalan Sumbawa No. 40, Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora. Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si mendampingi kunjungan Helmy.

Selengkapnya...

Menjadi Koster Gereja Sebuah Pilihan Untuk Pelayanan

Melaksanakan aktivitas yang diamanahkan selalu dilakukan dengan ikhlas dan senang hati. Seperti menyapu halaman, membersihkan ruang tempat ibadah, membuang sampah dan menata taman di seputar gereja menjadikannya lebih berbakti pada pelayanan. Itulah Arif Hastanto Tejo Baskoro (48), seorang koster Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) Blora.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M