Bupati Djoko Nugroho Dorong Pembentukan BUMDes

Bupati Blora Djoko Nugroho mengingatkan kepada kepala desa (Kades) agar fungsi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus dijalankan secara maksimal.

Sebab hingga saat ini dari puluhan BUMDes yang berdiri baru ada beberapa saja yang berjalan aktif. 

“Fungsi BUMDes ini sangat penting, akan banyak yang merasakan kemanfaatnnya bila BUMDes ini berjalan,” katanya saat membuka acara Pelatihan Peningkatan Pengembangan BUMDes di Bali, Rabu (30/11).

Dia mencontohkan, seperti hasil pertanian di desa, perluh adanya Desa untuk membangun management. Hal itu perluh dilakukan, agar harga jual saat panen raya tidak anjlok. Sebab sampai saat ini para petani sering kali di permainkan harga oleh tengkulak.

“Itu salah satu sektor di pertanian, kedepan kita kerjasama dengan Bulog,agar beras raskin harus di isi oleh beras lokal,” katanya.

Ia juga mencontohkan kembali, permasalahan ekonomi di Desa, warga desa lebih cendrung meminjam uang kepada renternir atau koperasi dengan suku bunga yang tinggi. Oleh sebab itu, dengan adanya BUMDes ini  diharapkan kedepan ada lembaga keuangan di tingkat desa yang mampu membantu masalah perekonomian warganya. 

Kepala Badan Pemberdayaan Masyrakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB), Winarno, mengatakan pihaknya menargetkan setidaknya di tahun 2017 mendatang minimal 50% BUMDes harus sudah bergerak.

“Paling tidak 50% setiap kecamatan harus sudah berjalan di tahun depan,” katanya.

Acara tersebut juga di isi oleh Prof. Dr. Erani Yustikadi Dirjen PPMD Kemendes PDT, Drs Aferi Syamsidar, M.Si Direktur PAD Kemendagri, Ir. Ismiantri, M.Si. Untuk di ketahui dari puluhan desa di Kabupaten Blora telah menerbitkan peraturan desa untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Hanya 6 desa yang benar-benar merealisasikan usahanya melalui badan usaha ini. Ketua Apdesi Kabupaten Blora (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia), Agung Heri mengakui tentang hal ini.

"Telah ada puluhan desa yang menerbitkan Perdesnya untuk mendirikan BUMDes, namun hanya 6 yang riil, untuk itu saya berharap selepas acara ini masing – masing kepala desa terbuka pemikirannya dan termotifasi untuk menggerakan BUMDes" katanya. (DPPKKI Kab Blora | Feb)

 

Lepas Sambut Kasdim 0721 Blora 

Bertempat di Rumah Dinas Komandan Kodim 0721/Blora, Jln A. Yani Blora dilaksanakan kegiatan  lepas sambut serah terima Kasdim 0721/Blora dari Mayor Kav Burahanuddin, ST kepada Mayor Kav Hyasintus Waleng, P. ST, Senin (27/02/2017).

Selengkapnya...

Sertijab Kasdim dan Perwira Kodim 0721 Blora 

Kodim 0721 Blora menggelar acara Korps Raport Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Staf Kodim (Kasdim) dan Sejumlah Perwira di Aula Makodim, Senin (27/02). 

Selengkapnya...

Sosialisasi Gemar Makan Ikan Pada Anak

Dinas Perternakan dan Perikanan (Dinnakikan) Kabupaten Blora mensosialisasikan dan mengimbau kepada orang tua agar membiasakan gemar makan ikan kepada anak. Sosialisasi memasyarakatkan gemar makan ikan dalam waktu dekat akan dilaksanakan melalui pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah.

Selengkapnya...

Dana Bantuan PKH 2016 Rampung Dibagikan 

Wakil Bupati (Wabup) Blora H Arief Rohman, M.Si meminta kepada warga masyarakat penerima dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) memanfaatkan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak, kebutuhan ibu hamil dan lansia.

Selengkapnya...

Dinkominfo Blora Sosialisasi Pembangunan Melalui Media Film Layar Lebar

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora merencanakan sosialisasi pembangunan dan layanan publik melalui media film layar lebar di wilayah desa dan kecamatan.

Selengkapnya...

Produksi Minyak Sumur Caluk Kedinding Ditargetkan 100 Barrel

Field Manager Pertamina EP Asset 4 Cepu, Agus Amperianto mengemukakan, progres pengoperasian Sumur Caluk 01 saat ini memasuki pemboran semen di kedalaman 80 hingga 100 meter.

Selengkapnya...

Dinperinnaker Gelar Sosialisasi Kebijakan, Prosedur dan Dokumen Ekspor

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora menggelar sosialisasi kebijakan, prosedur dan dokumen ekspor bagi para pengusaha produk berbahan kayu atau akar jati di wilayah Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Pembuat Tusuk Satai Blora 

Salah seorang warga Rt 03 / RW 07 Dusun Punggur, Desa Gempolrejo, Kecamatan Tunjungan, Sunanik (48),  menekuni usaha sambilan membuat tusuk satai. Dengan bahan bambu, setiap hari mampu membuat 200 tusuk satai.

Selengkapnya...

Taman Tirtonadi Blora Dilengkapi Aneka Satwa Burung

Aneka jenis satwa burung ditempatkan dan dipelihara di Taman Tirtonadi Kabupaten Blora. Selain satwa burung dan kolam renang, juga difasilitasi kuliner dan tempat yang representative.

Selengkapnya...

Dinporabudpar Blora Gelar Rembug Budaya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kuto Aji menyampaikan, Blora perlu revitalisasi dan reorganisasi kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD).

Selengkapnya...

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   

S I M